Serangkaian Gedung Dibongkar, Perakitan WGM Wonogiri Dimulai Awal Desember 2022 - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Serangkaian Gedung Dibongkar, Perakitan WGM Wonogiri Dimulai Awal Desember 2022 – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Jembatan beton menuju dermaga di Objek Wisata Bendungan Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dibongkar karena akan menjadi kawasan yang terkena Proyek Perencanaan Kawasan Wisata (WGM) Bendungan Gajah Mungkur. Foto diambil pada Kamis (24/11/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Pembangunan objek wisata Waduk Gaduk Mungkur (WGM) Zona I Wonogiri dijadwalkan mulai dikerjakan pada awal Desember 2022. Kontraktor proyek tata letak WGM, PT Jaya Sempurna Sakti, akan berupaya agar pembangunan tersebut tidak mengganggu aktivitas pengunjung objek wisata tersebut.

Hal itu disampaikan Project Manager PT Jaya Perfect Sakti, Taufiq Budi Wibowo, saat menyampaikan sosialisasi rencana pembangunan penataan WGM di gedung Somoulun di objek wisata WGM, Kamis (24/11/2022). . Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Camat Wonogiri, Kepala Desa Sendang, pengusaha WGM dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Wonogiri.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Dalam paparan sosialisasinya, Taufiq mengatakan pembangunan akan dimulai di pintu masuk objek wisata WGM. Setelah menyelesaikan area gerbang, pembangunan akan dilanjutkan ke zona tengah.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Solopos.comzona tengah merupakan plaza atau fasilitas bagi pengunjung untuk mendekati air waduk dan sedang dikembangkan sebagai kawasan pengembangan dan ruang publik.

“Dari depan, di tengah, lalu ke belakang karena masing-masing daerah berkesinambungan. Rencananya jembatan kaca kita bangun paling akhir,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Ini Kisah Amirudin, Guru Relawan di Karanganyar yang Hobinya Berjualan Sayur

“Namun kami tidak menutup kemungkinan di tengah perjalanan ternyata bisa dibangun jembatan kaca, jadi kami akan melakukan pembangunan jembatan kaca terlebih dahulu,” lanjutnya.

Ia pun mengaku akan membangun pagar pembatas berupa seng di setiap area tata ruang. Tujuannya agar para pengunjung objek wisata WGM tidak merasa terganggu dengan adanya proyek penataan tersebut. Pada tahap awal dipasang crash barrier di area pintu masuk gerbang.

“Itu dilengkapi dengan seng. Rencananya awal Desember sudah mulai dibangun,” imbuhnya.

Berdasarkan pengawasan Solopos.comBeberapa bangunan di objek wisata WGM dibongkar pada Kamis. Dimulai dari gerbang masuk di sebelah timur, tempat parkir lama, kantor administrasi dan jembatan di dermaga. Namun, sisa-sisa gedung pemerintahan Pemkab Wonogiri yang ambruk tidak dibersihkan.

Baca Juga: Perasaan Buruk Penumpang di Tanjakan Jalan Bumiharjo Desa Nguntoronadi Wonogiri

Kepala Balai Prasarana Permukiman Daerah (BPPW) Jawa Tengah Satuan Kerja Perangkat Daerah III Nanda Lasro Elisabet Sirait mengatakan penting untuk mensosialisasikan pengembangan penataan WGM untuk tempat wisata. Tujuan utamanya agar warga dan seluruh stakeholder mengetahui proses penyelenggaraan atraksi WGM dari awal hingga akhir.

Ia pun mengharapkan dukungan semua pihak yang terlibat agar proses pembangunan berjalan lancar. “Kami mengharapkan dukungan dari masyarakat agar pembangunan dapat berjalan lancar, tepat mutu dan tepat waktu. Agar kami juga bisa dimintai pertanggungjawaban,” kata Nanda dalam sambutannya kepada peserta sosialisasi, Kamis.

Nanda pun mengungkapkan sejumlah manfaat dari pengembangan penataan objek wisata WGM. Pertama, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Wonogiri bisa meningkat setelah objek wisata WGM dihidupkan kembali. “Selain itu, juga dapat mempromosikan kawasan wisata, memperkuat ekonomi dan meningkatkan peluang penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button