Festival Kota Kreatif Indonesia 2022 untuk Indonesia Bersatu - WisataHits
Jawa Barat

Festival Kota Kreatif Indonesia 2022 untuk Indonesia Bersatu

KENDARI, SULAWESI TENGGARA – Festival Kota Kreatif Indonesia atau ICCF 2022 menjadi momentum untuk merayakan kreativitas dan prestasi para pelaku industri kreatif di tingkat kabupaten/kota, sekaligus ajang unjuk kekuatan kepada masyarakat. ICCF 2022 bertema Molulu Nusantara atau Persatuan Nusantara akan diselenggarakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 11-13 Desember 2022.

Kiki Satari, Ketua Indonesia Creative Cities Network (ICCN) yang menaungi anggota ICCF mengatakan, tema Molulu Nusantara mencerminkan modal utama dalam pengembangan industri kreatif, yakni bekerja sama dalam keberagaman dan kebersamaan sebagai satu bangsa Indonesia. Menurutnya, selama ini ICCN berhasil menjaring lebih dari 250 anggota forum komunitas yang tersebar di berbagai daerah.

“ICCN tetap berkomitmen membuka akses dan peluang untuk membangun konektivitas dan kolaborasi antar pemangku kepentingan industri kreatif di setiap daerah,” ujar Kiki Satari. Perlu diketahui bahwa ICCF 2022 kali ini bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Ketua ICCN periode 2019-2022, akan diadakan Kongres ICCN untuk memilih Ketua periode berikutnya.

ketua Sulawesi Tenggara Creative Forum (SCF) Muhammad Isra mengatakan bahwa sektor industri kreatif memiliki kemampuan untuk memberi nilai tambah pada industri berbasis budaya dan kreativitas dengan menghubungkan, berkolaborasi, berdagang/merayakan langkah-langkah yang dimulai di tingkat lokal. Ada beragam kegiatan menarik di Indonesia Creative Cities Festival 2022 (ICCF), antara lain Indonesia Creative Tour atau wisata ke beberapa hub ekonomi kreatif dan pariwisata di Kota Kendari, Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) atau Konferensi Kota Ekonomi Kreatif dengan narasumber ahli di bidangnya masing-masing sejak tahun 2015 hingga Kongres ICCN sebagai jaringan internal organisasi kreatif di seluruh Indonesia.

Dalam Indonesia Creative Tour 2022, peserta ICCF mengunjungi Desa Wisata Sumber Sari, Air Terjun Moramo, menikmati pertunjukan tari daerah khas Konawe Selatan, berkeliling Kebun Raya Kendari dan beribadah di Masjid Al-Alam. Ada juga kegiatan seru dengan melakukan wisata olahraga di Kendari Water Sport dan mengikuti pembukaan Kendari Bay Festival 2022.

Sementara itu, Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) yang digelar di Hotel Claro, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, diisi dengan diskusi panel dengan berbagai topik. Ini termasuk Forum Pemimpin Kreatif, Juara Kota Kreatif, Vokal Titik Jaringan Kota Kreatif UNESCO (UCCN), Dialog Hexa Helix dan pembicara dari berbagai kementerian dan lembaga pemerintah. Mereka adalah Abdullah Azwar Anas, Menteri Penguatan Mesin Negara dan Reformasi Birokrasi, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, Martin Hartono, CEO GDP Venture, Ketua Dewan Direksi ICCN dan Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Direktur Utama SMESCO Indonesia, Leonard Theosabrata, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Itje Chodidjah, serta focal point kota kreatif UNESCO seperti Mannheim City of Music, Bangkok We Design, Kota Kerajinan dan Seni Rakyat Pekalongan, Kota Bandung Desain, Kota Musik Ambon dan Kota Sastra Jakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button