Sensasi berkendara menanjak dengan Ertiga Hybrid baru - WisataHits
Yogyakarta

Sensasi berkendara menanjak dengan Ertiga Hybrid baru

Sensasi berkendara menanjak dengan Ertiga Hybrid baru

tanpa judul

Krjogja.com – YOGYA- Responsif, stabil dan nyaman dikendarai. Itulah beberapa keunggulan yang ditawarkan Suzuki All New Ertiga Hybrid.

Wartawan media ini merasakannya dua hari berturut-turut saat menguji All New Ertiga Hybrid. Berawal dari diler mobil Suzuki Sumber Baru di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta, uji coba kendaraan dilakukan dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata secara do-it-yourself.

Mulai dari deretan pantai di Gunungkidul, Bukit Obelix, Tebing Breksi hingga berbagai candi di kawasan Prambanan. Selain itu, Anda juga bisa menyusuri jalan-jalan kota di Yogya pada waktu-waktu tertentu, terutama saat lalu lintas padat. Diantaranya Jalan Godean dan Jalan Pelemgurih Jalan Wates pada sore hari saat lalu lintas sangat padat dan mempengaruhi orang-orang yang pulang kerja.

Dibekali dengan tangki penuh sejak awal, mobil ini juga akan diuji efisiensinya selama dua hari. Konsumsi bahan bakarnya cukup irit karena dibantu sistem hybrid bernama Suzuki Smart Hybrid. Sistem ini dilengkapi generator starter terintegrasi (ISG) yang mampu mengubah energi kinetik menjadi listrik, yang kemudian disimpan dalam baterai lithium.

Walaupun sistem ini berbeda dengan sistem hybrid pada umumnya, namun penggunaan baterai tetap berperan penting dalam memberikan tenaga tambahan pada motor.

Pada hari pertama, destinasi yang dikunjungi adalah Pantai Slili dan Pantai Panjang di Gunungkidul. Jalur turunnya melalui jalur selatan menanjak dari kawasan Siluk Imogiri Bantul. Sejumlah tanjakan yang langsung diratakan tanpa kendala.

Di sini kekuatan mobil ini tidak perlu diragukan lagi. Dalam kondisi cuaca buruk akibat hujan, sebenarnya digunakan untuk menguji kekuatan Trabas mobil ini, termasuk deselerasinya. Tidak masalah.

Begitu juga dengan adanya sejumlah aspal yang kurang licin dan berlubang. Guncangan dilewatkan tanpa mempengaruhi kenyamanan semua penumpang di dalam kabin. Suspensi sendiri menjadi faktor penting dalam kenyamanan saat berkendara. Dan di sepanjang rute, pengemudi dan penumpang dapat bersantai dan sangat menikmati rute yang telah mereka lalui.

Itu karena dimanjakan dengan berbagai fitur yang dibutuhkan. Ruang yang luas, jok yang tebal dan empuk, interior yang elegan masih dilengkapi dengan head unit touchscreen 8 inci dengan mirroring dan cup holder berventilasi membuat Suzuki All New Ertiga Hybrid nyaman dikendarai.

Belum puas melintasi tanjakan penghubung antara Imogiri Bantul dan Gunungkidul, mobil ini digunakan pada hari kedua untuk mencoba menapaki tanjakan ekstrim menuju Bukit Obelix dari jalur selatan.

Sejumlah tanjakan dan tikungan terjal tak ada masalah dengan akselerasi gas, yang tidak “lemot” pada mobil ini. Begitu juga saat mencoba melintasi tanjakan yang panjang dan curam menuju tebing breksi. Kenyal dengan rasa dan kenyamanan di dalam kabin tetap terjaga.

Ayu, salah satu peserta uji kendaraan mengatakan, suasana di dalam kabin sangat nyaman. “Khusus untuk keluarga dengan anak kecil seperti saya, kebosanan anak bisa dihilangkan dengan pilihan hiburan yang tersedia. Misalnya, anak diatur ke video favorit mereka di dalam mobil. Tentu saja anak-anak selalu bisa menikmatinya selama perjalanan,” kata Ayu.

Sementara itu, Rizki Indriananta, General Manager Sumber Baru Mobil, main dealer Suzuki di wilayah DIY, Kedu dan Banyumas, mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada tim media untuk berbagi pengalaman berkendara secara langsung dengan All New untuk merasakan Ertiga Hybrid.

Rekan-rekan media bisa langsung menguji ketahanan kendaraan ini, kata Rizki, Senin (10/10) di kantornya. “Kehadiran All New Ertiga Hybrid merupakan komitmen Suzuki untuk memadukan kemajuan teknologi elektrifikasi dengan kebutuhan riil masyarakat Indonesia saat ini,” pungkasnya. (Surya Adi Lesmana)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button