Dibutuhkan 12 orang untuk memindahkan Ikan Arapaima - WisataHits
Yogyakarta

Dibutuhkan 12 orang untuk memindahkan Ikan Arapaima

Harianjogja.com, SLEMAN – Jogja Exotarium, salah satu ikon wisata Kabupaten Sleman, merenovasi kolam ikan Arapaima. Hal ini sebagai upaya mengedukasi wisatawan. Apalagi dalam fase pemulihan pascapandemi Covid 19, Jogja Exotarium juga dituntut untuk tampil baik.

Ikan arapaima merupakan jenis ikan purba yang termasuk ikan terbesar. Yang besar umumnya mencapai dua meter. Meskipun bobot tubuhnya relatif besar, arapaima adalah perenang yang andal. Bantuan sirip dan ekor yang kuat memberikan kemampuan berenang yang baik.

Ikan arapaima yang menghuni kolam utara Jogja EXOtarium ini memiliki tinggi dua meter dan berat 70 kg. Hewan tersebut dapat memberikan 2,5 kg ikan lele setiap hari. Di kolam aslinya, ikan ini tidak berenang sendirian. Ia ditemani 10 ikan lainnya yang merupakan ikan predator.

Beberapa waktu lalu, ikan arapaima ini untuk sementara dialihkan ke kolam karantina. Pasalnya, kolam sebelumnya sedang dalam tahap perbaikan. Hal ini agar kelangsungan hidup ikan lebih baik.

BACA JUGA: Tol Jogja Bawen Disarankan Ada Naik Sepeda

Pada awal Agustus, ikan arapaima dikembalikan ke habitat aslinya. Diharapkan dapat memudahkan pengunjung untuk mengamati aktivitas ikan dan memfasilitasi edukasi pengunjung. Proses pemindahan ikan membutuhkan 12 orang untuk mengangkat tubuh ikan. Jumlah orang yang berurusan dengan ikan arapaima cukup agresif, terutama ketika mereka berada di luar habitat perairan. Jadi ada kerentanan terhadap kerusakan arapaima.

Selain pemindahan ikan arapaima, Jogja Exotariup juga membuka kembali wahana terapi ikan yang terletak di sebelah selatan kolam ikan arapaima. Pemilik Jogja Exotarium Akbar Taruna mengatakan pembukaan kembali kapal penangkap ikan tersebut mencerminkan animo yang besar dari pengunjung.

“Minat ini terutama ditujukan kepada pengunjung lansia yang lebih memilih wisata terapi ikan sebagai cara untuk bersantai sambil bersantai,” ujarnya.

Wisata transfer ikan arapaima dan terapi ikan dibuka kembali di Jogja Exotarium dalam rangka memperingati HUT RI ke-77. Jogja Exotarium juga mengadakan promosi diskon khusus untuk pengunjung yang lahir di bulan Agustus. Ada juga acara foto selfie di Hamstergasse yang akan memenangkan jutaan dan akan berlangsung hingga akhir Agustus 2022.

BACA JUGA: 7 Peserta Lulus Seleksi Administratif Sebagai Calon Kepala Dispar Sleman. Kamu siapa?

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button