Rekomendasi 5 kuliner khas pacitan yang jarang ditemukan - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi 5 kuliner khas pacitan yang jarang ditemukan

Rekomendasi 5 kuliner khas pacitan yang jarang ditemukan

TEMPO.CO, jakarta – Pacitan merupakan daerah di Jawa Timur yang sudah lama dikenal dengan keindahan alamnya. Pacitan menawarkan berbagai destinasi wisata bernuansa alam, mulai dari pantai hingga goa untuk dikunjungi dan dijelajahi. Selain itu, Pacitan juga menawarkan berbagai kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kota 1001 Gua.

Berikut beberapa kuliner khas Pacita yang bisa Anda cicipi.

1. Segotiwul

Sego Tiwul adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba di Pacitan. Tiwul merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat Pacitan. Tiwul sendiri merupakan makanan olahan yang terbuat dari singkong atau singkong yang dikeringkan. Padahal, Tiwul merupakan makanan khas yang berasal dari Pegunungan Sewu seperti Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan. Namun, Tiwul khas Pacitan berwarna lebih kecokelatan. Umumnya Sego Tiwul disajikan dengan berbagai jenis lauk pauk dan olahan sayuran.

2. Ikan Kelong

Ikan kelong merupakan salah satu kuliner khas Pantai Pacita. Jika Anda berkunjung ke kawasan pesisir Pacitan, Anda akan dengan mudah menjumpai rumah makan yang menyajikan ikan kelong. Umumnya ikan kelong disajikan dengan digoreng tepung dan dinikmati dengan sego tiwul.

3. Sayuran kalakan

Bagi Anda pecinta pedas, sayur kalakan menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pacitan. Sayuran yang terbuat dari ikan asap ini memiliki penyajian yang unik karena mengingatkan pada sate. Sayuran ini biasanya menjadi pasangan saat Anda makan sego tiwul.

4. Poin

Punten adalah masakan khas pacitan yang terbuat dari nasi dan dimasak dengan santan. Punten memiliki rasa yang gurih dan disajikan dalam potongan persegi. Punten adalah salah satu jenis makanan ringan dan cocok sebagai cemilan.

5. Tahu Tuna

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Pacitan dan ingin membawa oleh-oleh untuk kerabat, Anda bisa membawa tahu tuna. Tahu ini mirip dengan bakso tahu, hanya saja isian tahunya berisi tuna giling. Anda akan dengan mudah menemukan oleh-oleh ini saat berkunjung ke Pacitan.

EIBEN HEIZIER

Baca Juga: Gempa Pacitan Magnitudo 5,6 Tak Akan Kurangi Keindahan Destinasi Wisata Bahari Pacitan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button