Sembuh Bersama Polwan, Ratusan Difabel di Malang Raya 'Menyerang' Blitar - WisataHits
Jawa Timur

Sembuh Bersama Polwan, Ratusan Difabel di Malang Raya ‘Menyerang’ Blitar

TIMESINDONESIA, BLITAR – Ratusan penyandang disabilitas di Malang atau difabel di wilayah Malang mengunjungi sejumlah destinasi wisata di wilayah Blitar pada Rabu (31/8/2022). Acara yang bertajuk Sembuh Bersama Polwan ini digagas oleh Polres Malang Kota.

Mengusung nama “Penyembuhan Bersama Polwan Polwan Polresta Kota Malang dan Difabel Malang Raya dalam rangka Hari Polwan ke-74”, sekitar 140 penyandang disabilitas asal Malang Raya telah melakukan perjalanan dengan kereta api menuju Blitar sejak pagi ini. Mereka didampingi sekitar 100 orang yang terdiri dari asisten dan polwan dari Polres Malang.

“Senang rasanya bisa naik kereta ber-AC karena ini baru pertama kali. Saya sangat senang dan sangat senang,” kata Ade Setya Candra, salah satu warga difabel Kota Malang yang tergabung dalam rombongan.

Candra tidak sendirian, ini adalah pertama kalinya dia menerima pukulan. Kebanyakan penyandang disabilitas tidak pernah menikmati perjalanan dengan kereta api. “Mereka sangat ingin naik kereta karena belum pernah melakukannya,” kata Kapolres Malang Kombes Budi Hermanto yang dikenal sangat dekat dengan penyandang disabilitas.

disabilitas-5.jpgPerwakilan penyandang disabilitas berbagi kesan dan harapan mengikuti Healing bersama Polwan Polwan Kota Malang. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

Sesampainya di Stasiun Blitar, mereka melakukan ziarah dengan 6 unit armada bus menuju Makam Bung Karno yang terletak di Desa Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Setelah beberapa saat berdoa di makam Proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia, rombongan mengunjungi Wisata Edukasi Kampung Coklat di Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Kota Polwan Polresta Malang tidak hanya mengunjungi destinasi wisata tetapi juga menjadi tuan rumah sejumlah acara di Kampung Cokelat. Sejumlah penyandang disabilitas unjuk kebolehan di atas panggung. Selain itu, berbagai lomba digelar untuk memeriahkan acara tersebut. Tak lupa pembagian doorprize dan hadiah bagi penyandang disabilitas.

Momen HUT polwan ke-74 ini juga dimanfaatkan penyandang disabilitas untuk mengucapkan selamat kepada para polisi wanita yang mengikuti kegiatan dengan merangkai bunga.

Polwan berbagi kebahagiaan

Disability-6.jpgKapolres Malang Kota Kombes Budi Hermanto berinteraksi dengan penyandang disabilitas di Kampung Brown, Rabu (31/8/2022). (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

Yuliati, SSos, M.Si, Komisaris Besar Plt Wakapolresta Malang mengatakan, mereka merayakan hari polwan dengan berbagi kebahagiaan. Kali ini Polwan Polresta Kota Malang berbagi kebahagiaan dengan sekitar 140 penyandang disabilitas di Malang Raya.

“Atas inisiatif Kapolres, kami berbagi suka cita ulang tahun Polwan dengan para penyandang disabilitas,” ujar perempuan yang menjabat sebagai Kabagren Polres Malang Kota ini.

Yuliati mengaku bersyukur bisa berbagi kebahagiaan dengan para penyandang disabilitas. Hal senada disampaikan Kapolres Malang Kota.

Budhi Hermanto mengatakan tidak ada salahnya mengunjungi penyandang disabilitas di Malang Raya di Blitar. Blitar, katanya, adalah tempat lahirnya raja-raja.

“Cacat Malang Raya tidak salah jika tujuannya ke Blitar, ke makam Bung Karno. Kita harus selalu mengingat jasa para pendahulu kita yang berjuang untuk negara,” kata Buher, panggilan akrabnya.

Buher mengatakan agenda penyembuhan yang dilakukan kali ini sesuai dengan harapan dan aspirasi para penyandang disabilitas yang sedang diupayakan oleh Polres Malang Kota dan didukung oleh sejumlah pihak.

Pria yang diberi gelar “Mr. Disabilitas Kota Malang, berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah rasa syukur dan keceriaan setiap orang. “Meski capek, capek tapi senang,” kata Büher.

Büher juga mengharapkan dukungan semua pihak yang terlibat agar dapat memajukan perekonomian kelompok difabel. “Keterbatasan bukanlah halangan, melainkan peluang untuk sukses,” ujarnya.

Di bawah agenda obat Pada acara ini, Polwan Polresta Kota Malang juga memberikan motivasi kepada penyandang disabilitas dengan menghadirkan Edy Cahyono, pendiri Yayasan Rumah Kinasih.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button