Bukit Moko Bandung, pesona keindahan alam dan pemandangan kota dari ketinggian - WisataHits
wisatahits

Bukit Moko Bandung, pesona keindahan alam dan pemandangan kota dari ketinggian

Bukit Moko Bandung, Sayalokasi yang menghadirkan ketenangan dengan hamparan perbukitan hijau dan melihat gemerlap kota bandung dari ketinggian. Atraksi yang cocok untuk dikunjungi siang dan malam.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 05.00-17.00 WIB, Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut, Bukit Moko merupakan salah satu tempat tertinggi di Kota Bandung. Dengan lokasi seperti itu, wisata ini menawarkan pemandangan kota Bandung dari perspektif baru, yaitu dari atas. Hamparan hijau kota Bandung dengan segala aktivitasnya bisa dilihat dari sini.

Bukit ini memiliki panorama yang indah yang dapat dinikmati oleh pengunjung siang maupun malam hari. Hamparan perbukitan hijau yang sejuk dengan pepohonan yang rindang membuat tempat ini sejuk jika dikunjungi pada siang hari. Pada malam hari, pengunjung dapat menikmati gemerlap kota Bandung dengan lampu-lampu kotanya.

Pengunjung dapat menjelajahi banyak hal di Bukit Moko. Selain melihat panorama kota Bandung, pengunjung bisa menikmati hutan pinus serta sunset dan sunrise. Juga, jika Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk menjelajah, Anda bisa berkemah di tempat perkemahan tersedia di daerah ini.

Tempat Wisata Bukit Moko Bandung

Tempat Wisata Bukit Moko BandungKredit Gambar: Facebook Perjalanan Penuh Warna

1. Hutan Pinus

Di kawasan Perbukitan Moko terdapat hutan pinus yang rindang. Area ini menunjukkan deretan pohon pinus yang tertata rapi. Pengelola telah merencanakan jalur untuk mengelilingi hutan pinus ini agar wisatawan yang ingin beraktivitas tidak perlu repot.

Deretan pohon pinus hijau yang menjulang tinggi di kanan kiri bukit bisa menyegarkan pengunjung. Ditambah dengan segarnya udara pegunungan yang khas, kawasan ini merupakan tempat yang baik untuk menyegarkan kembali semangat yang panas.

2. Matahari terbenam dan matahari terbit yang indah

Matahari adalah salah satu elemen kehidupan yang paling berharga. Dia mampu memberikan apa yang dibutuhkan manusia dan membantu dalam segala aktivitas manusia. Tak heran, jika kedatangan dan kepergiannya tak hanya dijadikan penanda perubahan zaman. Namun, bagi sebagian orang memiliki arti tersendiri.

Menyaksikan matahari terbit dan terbenam selalu membawa kesan tersendiri di hati. Cahaya jingga yang perlahan menerpa wajah begitu nikmat. Ditambah dengan suasana Bukit Moko yang tinggi memungkinkan pengunjung untuk melihat keindahan disertai dengan kesejukan suasana.

Banyak sekali penikmat sunset yang datang untuk menikmati saat-saat matahari memasuki kontes. Maka jangan heran jika pada sore hari tempat ini lebih ramai dibandingkan pada pagi atau sore hari.

Untuk menikmati matahari terbit, ada baiknya menginap dan berkemah di perbukitan Moko pada malam sebelumnya. Sebenarnya, tidak apa-apa jika Anda ingin meninggalkan rumah lebih awal.

3. Pemandangan kota Bandung dari atas

Ada kutipan yang sangat terkenal yang disuarakan oleh seorang fenomenolog, psikolog dan humanis dari Belanda namun menghabiskan sebagian besar hidupnya di Indonesia. MAW Brouwer pernah berkata “Tanah Pasundan lahir ketika Tuhan tersenyum”.

Tempat ini menawarkan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menikmati pesona hamparan tanah yang tercipta saat Tuhan tersenyum. Hamparan hijau kota Bandung dengan deretan pemukiman penduduk menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat. Selain itu, jika cuaca cerah, Anda akan melihat ribuan bintang bertebaran.

Dari atas, pengunjung bisa melihat aktivitas warga di sana. Pada malam hari, pemandangan ini akan dilengkapi dengan kerlap-kerlip lampu. Lampu-lampu kendaraan yang melintas di jalan-jalan kota Bandung juga akan tampak bergerak mengikuti arus jalan.

4. Puncak Bukit Moko

Bukit ini memiliki puncak yang disebut Pic de l’Etoile. Puncak Bintang lebih tinggi dari Bukit Moko. Untuk sampai ke sini, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meter. Karena saat menuju puncak, tentunya jalan yang harus dilalui adalah jalan yang menanjak.

Dari atas Puncak Bintang, pengunjung bisa melihat hamparan perbukitan, termasuk hutan pinus dan tempat perkemahan yang ada di bawah. Disini disediakan tempat untuk foto-foto yaitu dermaga bintang. Tempat yang dibangun untuk mendekatkan pengunjung dengan hamparan gugusan bintang di langit yang berkelap-kelip di malam hari.

5. Bumi Perkemahan

Lokasi dan suasana Bukit Moko sangat cocok untuk berkemah. Pengelola yang mengetahui hal ini membangun fasilitas berupa bumi perkemahan yang bisa digunakan untuk berkemah.

Alamat Bukit Moko, lokasi rute dan harga tiket

Bukit Moko Bukit AlamatKredit gambar: Twitter like_bandung

Lokasi bukit cantik ini berada di kawasan yang mudah dijangkau. Selain dapat dilalui oleh kendaraan pribadi roda dua dan empat, tempat ini juga dapat dilalui oleh kendaraan umum. Terletak 15 km dari kota Bandung, bukit ini terletak di Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bukit Moko terletak di bagian utara kota Bandung. Jika Anda memulai dari kota Bandung, berjalanlah ke Jalan Padasuka yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Tepat sebelum terminal Cicaheum, belok kiri.

Jalur menuju bukit relatif mulus dengan kondisi jalan menanjak dan berbatu. Disarankan untuk berjalan kaki untuk sampai ke puncak dan Anda dapat meninggalkan sepeda motor di tempat parkir di bawah.

Sebelum masuk dan menikmati keindahan alam yang disuguhkan, pengunjung yang datang harus membayar biaya untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk ini dibedakan sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan di tempat ini.

Harga tiket normal adalah Rp 15.000, sedangkan tiket untuk yang ingin berkemah adalah Rp 25.000 per orang. Bukit Moko dimulai dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Moko

Aktivitas di Bukit MokoKredit Gambar: Facebook WisataLengkap.com

1. Pelacakan di hutan pinus

Bukit ini memiliki kawasan hutan pinus yang cukup luas. Lokasi ini sejajar dengan bukit dan berada di bawah Puncak Bintang. Hutan pinus ini memiliki pohon pinus yang berjajar rapi. Pohon-pohon ini menjulang tinggi dengan dedaunan hijau yang rimbun.

Pengelola menyediakan jalur khusus untuk melintasi hutan pinus di atas bukit. Anda hanya perlu mengikuti jalur yang disediakan untuk Anda. Jangan lupa membawa minuman agar tidak haus saat berjalan-jalan.

Suasana di hutan pinus sangat sejuk di siang hari. Jika ingin mengikuti wisata di sore hari, Anda akan ditemani hangatnya sinar matahari yang menembus sela-sela rindangnya daun pinus.

2. Ambil gambar

Perjalanan tidak akan lengkap tanpa dokumentasi. Panorama kota Bandung dari ketinggian dengan kerlap-kerlip lampu kota yang bersinar terang, bulan yang menggantung di langit adalah salah satu dari sekian banyak hal yang bisa digunakan untuk berfoto.

Beberapa spot foto telah disediakan oleh pengelola untuk digunakan oleh pengunjung yang datang. Salah satu spot terbaik adalah di puncak Bintang. Selain puncak bintang, ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk berfoto.

3. Nikmati pemandangan di puncak bintang

Berbagai fasilitas juga disediakan pengelola untuk digunakan pengunjung. Tempat ini biasanya sengaja didesain untuk menunjang minat berfoto pengunjung. Anda bisa berfoto di atas gardu pandang, kursi santai dan tempat khusus di setiap ruang makan.

4. Lihat lampu kota Bandung

Ada suasana romantis yang sangat kental di bukit ini. Beberapa tempat makan menghadirkan konsep Di luar menggunakan cahaya redup yang hangat. Bintang-bintang bertebaran memenuhi langit di atas. Angin sepoi-sepoi akan menemani Anda menghabiskan waktu di bukit yang berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut ini.

Anda bisa menikmati hamparan kota Bandung dari sini. Dari kejauhan, suasana kota dipenuhi dengan aktivitas warganya. Semakin malam, kondisi jalan semakin tenang dan lampu rumah warga satu per satu padam. Hingga kerlap-kerlip lampu kota dan jalanan lainnya terlihat.

5. Perkemahan

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di Bukit Moko adalah berkemah. Menghabiskan waktu bersama daripada sendirian tentu bisa menjadi terapi tersendiri bagi Anda yang penat.

Anda harus datang sebelum gelap agar bisa menikmati panorama sunset sebelum melakukan aktivitas lainnya. Anda bisa memasak bersama teman sambil ditemani bintang-bintang di langit.

Anda mungkin bisa membawa gitar dan bernyanyi bersama. Tapi ingat, jangan sampai terlambat karena mungkin ada tetangga tenda yang ingin istirahat lebih cepat. Anda juga bisa bermain game bersama teman-teman berkemah agar kehidupan malam semakin seru.

6. Duduk dan bersantai di tempat tidur gantung

Di hutan pinus Bukit Moko ada fasilitas tempat tidur gantung warna-warni tersebar di beberapa pohon. Dengan suasana yang sejuk dan tenang, pengunjung akan merasa nyaman. Warna hijau daun pinus juga memberikan kesan segar dan tenang bagi pengunjung.

Pada tempat tidur gantung pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di wisata alam hits ini seperti membaca buku, mendengarkan musik favorit hingga sekedar duduk santai. Atau Anda bisa tidur menghadap ke langit biru di mana cahaya akan menyelinap melalui daun pinus.

7. Foto pernikahan

Pemandangan di Bukit Moko sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto. Keindahan hamparan perbukitan hijau akan terlihat jelas pada siang hari. Sedangkan pada malam hari, Anda bisa melihat pancaran cahaya dari lampu-lampu kota Bandung yang terbentang jauh dan luas.

Banyak sekali spot foto yang bisa dijadikan sebagai background foto pernikahan Anda. Anda tidak akan bingung mencari tempat dan lokasi yang indah di bukit ini.

8. Wisata Alam

Daerah perbukitan memiliki wilayah yang cukup luas. Sangat memadai jika Anda ingin menghabiskan lebih dari satu hari di area ini. Ada begitu banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjelajahi seluruh area bukit.

Saat menjelajah, jangan lupa untuk mengambil beberapa dokumentasi sehingga Anda dapat menghidupkannya kembali nanti. Selain itu, kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman yang cocok untuk aktivitas di luar ruangan.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Moko Bandung

Fasilitas Bukit Moko BandungKredit Gambar: Google Maps Padly Gunawan

Peralatan yang tersedia cukup lengkap. Semua fasilitas tersebut hampir memenuhi kebutuhan pengunjung. Disini terdapat tempat parkir kendaraan, toilet dan mushola. Ada juga warung makan lesehan yang menawarkan berbagai menu dengan harga yang terjangkau bagi pengunjung.

Bukit Moko merupakan kawasan yang bisa dikunjungi siang atau malam hari. Keindahan setiap zaman memiliki ciri khas tersendiri. Daerah perbukitan ini dapat digunakan untuk berbagai jenis kegiatan Di luar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button