Ada Lima Destinasi Wisata Populer yang Menarik Wisatawan - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Ada Lima Destinasi Wisata Populer yang Menarik Wisatawan – ANTARA News Yogyakarta

PADANG (ANTARA) – Hasil survei yang dilakukan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Sosial (LPEM) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) mengungkapkan, Sumatera Barat (Sumbar) memiliki lima destinasi wisata yang populer bagi wisatawan lokal.

“Berdasarkan survei yang kami lakukan, diketahui ada lima destinasi wisata populer di Sumbar, baik untuk wisatawan Sumatera maupun non-Sumatera,” kata peneliti LPEM UI Hamdan Bintara dalam jumpa pers di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan lima destinasi wisata tersebut adalah Pantai Padang di Padang, Geopark Harau di Kabupaten Limapuluh Kota dan kawasan menara jam Kota Bukittinggi.

Dua destinasi lainnya adalah kawasan sekitar Danau Singkarak yang membentang di dua kabupaten, yakni Solok dan Tanah Datar, serta Istano Basa Pagaruyung di Tanah Datar.

Ia mengatakan, survei tersebut dilakukan selama kurang lebih dua bulan sejak 15 Agustus hingga 15 Oktober 2022 bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Sumbar.

Survei dilakukan terhadap 1.431 wisatawan nusantara, 45 wisatawan mancanegara dan 153 pelaku usaha industri pariwisata yang tersebar di setiap kabupaten atau kota provinsi setempat.

Responden Sumatera berasal dari Riau (28,7 persen), Jambi (10,8 persen), Sumatera Utara (5,5 persen), Bengkulu (3,7 persen) dan Sumatera Selatan (3,6 persen). Yang berasal dari luar Sumatera adalah Jawa Barat (1,9 persen) dan DKI Jakarta (1,8 persen).

Berdasarkan hasil survei tingkat provinsi, diketahui rata-rata pengeluaran wisatawan nusantara Rp 712.208, wisatawan mancanegara Rp 15,7 juta, dan Intra Sumbar Rp 356.818 per wisatawan.

“Dilihat dari asal daerah wisatanya, wisatawan asal Jakarta dan Jawa umumnya mengeluarkan uang paling banyak dibandingkan daerah lain,” jelasnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei UI: Sumatera Barat punya lima destinasi wisata populer

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button