Angkasa Pura I akan explore rute penerbangan Eropa dan Singapura ke Jogja balasan dari travel agent - WisataHits
Yogyakarta

Angkasa Pura I akan explore rute penerbangan Eropa dan Singapura ke Jogja balasan dari travel agent

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -PT. Angkasa Pura I akan membuka rute penerbangan luar negeri dari Singapura ke Yogyakarta International Airport (YIA) dalam waktu dekat.

Mereka berharap ke depan tidak hanya rute Singapura tetapi juga penerbangan pesawat dari Eropa dapat difasilitasi.

“Jadi kami akan membuka penerbangan ke Singapura pada Agustus. Sedangkan hanya dua kali pada hari Jumat dan Minggu untuk Kuala Lumpur, Air Asia. Nanti Agustus insyaallah kita buka juga rute Air Asia ke Singapura, lalu ada Tiger Scoot juga ke Singapura. Pj. General Manager (GM) Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Sejak 2015, 68.847 unit kendaraan roda dua dan empat yang menunggak pajak terdaftar di Yogyakarta

Dia menjelaskan, Angkasa Pura I setiap hari mengajukan permintaan kepada otoritas terkait untuk membantu para turis asing tersebut.

“Karena sekarang banyak turis asing di Jogja yang menggunakan YIA,” jelasnya.

“Kami masih berharap ke depan akan ada penerbangan langsung dari negara tertentu seperti Eropa. Ini sedang diperiksa,” lanjut Pandu.

Ke depan, penerbangan jemaah umrah juga direncanakan oleh YIA.

Upaya yang dilakukan adalah pihaknya sudah berkoordinasi dengan kementerian terkait agar semua kebutuhan bisa disiapkan.

“Karena kapasitas kami memang cukup untuk lebih dari 300 penerbangan per hari. Sementara yang digunakan saat ini baru 60 penerbangan, paling banyak 68 penerbangan per hari,” ujarnya.

Dari sisi lalu lintas udara dan kapasitas bandara, masih banyak yang belum habis.

“Termasuk angkutan karena angkutan kita hanya mengkonsumsi 26 ton per hari. Padahal kapasitasnya lebih dari 500 ton. Oleh karena itu, kami juga mengajak masyarakat untuk menggunakan kapasitas yang cukup besar di Bandara YIA,” jelasnya.

Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) DIY Hery Setyawan menyambut positif perluasan rute penerbangan internasional yang disiapkan PT Angkasa Pura I.

Baca Juga: TNI AL Tanam 2.000 Kayu Mangrove di Pantai Samas, Bantul

“Tentunya semakin membaik yang menjadi salah satu syarat utama kemajuan suatu destinasi wisata, karena Jogja sebagai destinasi wisata adalah aksesibilitas. Access artinya buka lagi, kan. Sehingga akan lebih mudah bagi orang untuk datang ke Jogja. Itu yang terpenting,” jelas Hery.

Namun menurutnya, hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh penyedia jasa penerbangan adalah rencana rute penerbangan.

“Yang terpenting jika flight plan bisa dikembalikan ke maskapai, flight plan juga akan sangat berpengaruh. Kalau orang bisa datang ke Jogja lalu langsung datang, misalnya pagi hari, itu akan sangat bermanfaat, akan sangat efektif. Lain halnya jika mereka datang pada sore atau malam hari,” katanya. (HD)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button