Selama Nataru, Satpol PP Kabupaten Sleman melakukan patroli di berbagai lokasi - WisataHits
Yogyakarta

Selama Nataru, Satpol PP Kabupaten Sleman melakukan patroli di berbagai lokasi

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sleman akan melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di beberapa tempat ibadah, khususnya gereja dan tempat wisata.

Ketua Satpol PP Sleman, Shavitri Nurmala Dewi atau kerap disapa Evi mengatakan, Satpol PP Sleman akan mengambil alih pengamanan gereja mulai 24-25 Desember 2022.

“Total ada 60 petugas kami dari Satpol PP Sleman. Kemudian kami bekerjasama dengan kepala dinas keamanan di Kapanewon (dalam melakukan pengamanan) di setiap tempat ibadah,” jelasnya kepada Tribunjogja.com, Senin (19/12/2022).

Unjuk rasa akan berlangsung pada 24 dan 25 Desember 2022 pukul 15.00 WIB di Kantor Satpol PP Kabupaten Sleman.

Usai upacara, rombongannya akan mengunjungi setiap gereja di Kabupaten Sleman.

“Gereja sudah bagus, bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Misalnya, mereka menjadi juru parkir dan pengatur lalu lintas. Jadi Anda memiliki kolaborasi antara komunitas agama. Saat Natal komunitas muslimlah yang membantu, nanti saat Idul Fitri nanti adalah teman-teman non muslim. Muslim juga berkontribusi terhadap keamanan,” katanya.

Baca Juga: Enam Film Karya Sineas Indonesia Siap Tembus Layanan Streaming Lokal

Hal ini juga diharapkan terus terjalin dengan baik untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama.

“Tidak hanya itu, Sahabat Pramuka juga membantu di gereja dan posko. Mereka membantu patroli. Jadi di fair itu kita pantau apakah programnya berjalan dengan baik,” jelas Evi.

“Kemudian kita akan melakukan patroli di tempat wisata dan posko mulai 26 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023. Kalau tidak salah pos pengamanan ada enam di Tempel, Prambanan, Jombor, Gamping, Ambarrukmo Plaza dan Denggung.” tambah Evi.

Saat itu, pihaknya akan melakukan operasi pengamanan bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman dan Polres Sleman.

Sementara itu, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak kepolisian setempat dan pihak keamanan Kapanewon dalam melakukan patroli di fasilitas wisata.

“Tapi kita mulai jam 8 malam WIB sampai tengah malam. Khusus untuk malam pergantian tahun, kami akan menyisir berbagai tempat ramai hingga dini hari,” ujarnya.

Meski dengan pelaksanaan pergantian tahun di pagi hari, pihaknya tetap akan melakukan patroli di berbagai tempat.

“Jadi petugas inti 60 orang, tapi di lapangan kita akan bekerja sama dengan pihak keamanan, dengan pihak kepolisian dan dengan pihak dinas perhubungan dari Sleman,” terangnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button