Sekjen PDIP merekomendasikan peningkatan pariwisata melalui konektivitas antar daerah - WisataHits
Yogyakarta

Sekjen PDIP merekomendasikan peningkatan pariwisata melalui konektivitas antar daerah

Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan pariwisata di Tanah Air perlu terus digenjot, termasuk dengan menyatukan berbagai daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menyarankan agar dua kepala daerah PDIP, yakni Bupati Trenggalek M. Nur Arifin atau Gus Ipin dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, bisa bekerja sama. Hal ini dikarenakan kedua wilayah tersebut secara geografis berdekatan, sama-sama berada di Jawa Timur.

“Semangat muda ini tentunya memiliki nuansa tersendiri dalam mengembangkan pariwisata, namun yang terpenting daerah dan daerah lainnya harus saling mendukung untuk menciptakan pariwisata yang tak terlupakan bagi dunia,” kata Hasto di Bantul, Yogyakarta, dalam keterangan tertulis yang telah diterima di Jakarta, Minggu.

Ia juga mengimbau kepada para kepala daerah untuk bekerja sama mengembangkan wisata budaya. Hal ini, katanya juga, seperti program perhatian PDI-P dalam membangun sektor pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui konektivitas antar daerah.

Menanggapi hal tersebut, Gus Ipin mengatakan bahwa kawasan Trenggalek sudah memiliki tempat wisata budaya, salah satunya Desa Wisata Pandean.

“Desa wisata berbasis sungai dan adat lindung menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam Penghargaan Desa Wisata Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Gus Ipin mengatakan sedang mengembangkan program Sadewa atau Seratus Desa Wisata di Trenggalek.

“Desa ini merupakan kolaborasi antar masyarakat dengan menjaga alam, melestarikan budaya dan melestarikan potensi ekonomi lokal,” kata bupati berusia 32 tahun ini.

Sementara itu, Hanindhito mengatakan bandara akan dibangun di Kediri, melayani tujuan di kota/kabupaten Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Ponorogo hingga Nganjuk.

“Trenggalek nanti bisa terintegrasi di bandara,” kata bupati berusia 30 tahun itu.

Menanggapi kesaksian Hanindhito, Gus Ipin pun menyambut baik pembangunan bandara di Kediri. Ia mengatakan akan menginisiasi diadakannya Wilis Selingkar Festival untuk membantu revitalisasi ekonomi di wilayah Jawa Timur.

“Festival Selingkar Wilis ini merupakan bentuk kerjasama masyarakat yang dipusatkan di sekitar Gunung Wilis,” kata Gus Ipin.

Selain Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Bupati Trenggalek M. Nur Arifin, Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo juga hadir dalam jamuan makan siang yang digelar usai menghadiri Kongres Persatuan Nasional Pelestarian Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN ), di Bantul, Yogyakarta, Sabtu (17/9).

Berita ini juga disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Hasto menyarankan untuk meningkatkan pariwisata melalui konektivitas antar daerah

Source: makassar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button