5 Pantai Eksotis di Yogyakarta Selain Parangtritis, mulai dari yang mistis hingga air terjun - WisataHits
Yogyakarta

5 Pantai Eksotis di Yogyakarta Selain Parangtritis, mulai dari yang mistis hingga air terjun

TEMPO.CO, Yogyakarta – Ini belum siap Yogyakarta jika Anda belum mengunjungi pantai. Tak hanya Pantai Parangtritis yang harus dijajal wisatawan. Setidaknya ada tujuh pantai menarik lainnya yang terbentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo yang bisa menjadi referensi untuk memanjakan diri dan keluarga.

Rekomendasi 5 Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

1. Pantai Siung

Pantai ini berada di ujung timur Kabupaten Gunungkidul tepatnya
di Desa Purvodadi Kecamatan Tepus dikenal sebagai pantai yang masih bersih dan menawarkan panorama alam yang indah.

Tidak hanya menawarkan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh pegunungan dan tebing, pantai ini juga terkenal di dunia sebagai tempat populer bagi para pemanjat tebing. Sejarah penamaan pantai Siung ini karena adanya bebatuan besar yang terletak di sebelah timur dan barat serta menjorok ke laut, sehingga terlihat seperti gigi monyet atau Siung Wanara dari kejauhan.

2. Pantai Bidara

Pantai ini terletak di Desa Bugel, Kabupaten Kulon Progo. Pantai yang ditumbuhi pohon bidara yang dipercaya sebagai obat berbagai penyakit ini terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, pantai ini terkenal dengan pusat pelelangan ikannya dan menawarkan wisata edukasi ekstraksi garam dengan sistem terowongan.

3. Pantai Pandansimo

Pantai ini merupakan pantai paling barat di Kabupaten Bantul atau tepat di sebelah Kabupaten Kulon Progo. Ada beberapa tempat suci di sekitar pantai yang sering dikunjungi oleh para peziarah seperti Pandansimo Petilasan, Pandanpayung, Pandansari dan Pandanegegek.

Mengingat kekayaan tempat wisata Tirakat, tidak heran jika wisatawan terkadang merasakan sensasi mistis saat menginjakkan kaki di pantai yang memiliki kumpulan kincir angin sebagai sumber energi bagi warga sekitar.

4. Pantai Jogan

Di Kabupaten Gunungkidul, tidak hanya pantai Baron, Kukup dan Krakal saja yang menarik untuk dikunjungi. Ada pantai eksotis yang masih jarang diketahui wisatawan, yaitu Pantai Jogan yang terletak di Dusun Duwet, Purwodadi, Kecamatan Tepus.

Keunikan visual pantai ini adalah karena arus sungai yang membentuk air terjun dan langsung jatuh ke bibir Samudera Hindia. Saat cuaca mendukung, wisatawan dapat menikmati percikan langsung Air Terjun Pantai Jogan, menuruni tebing menggunakan teknik canyoning atau abseiling, yang secara alami memacu adrenalin.

5. Pantai Trisik

Selain Pantai Glagah yang sangat Instagramable dengan bangunan pemecah gelombangnya, Pantai Trisik di Kecamatan Galur Kulon Progo juga bisa menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan.

Pantai Trisik merupakan pantai landai berupa hamparan pasir hitam yang berbatasan dengan muara Sungai Progo. Uniknya, muara ini sering menjadi tempat pengamatan burung dan situs habitat penyu yang dikelola oleh masyarakat.

WICKSONO PRIBADI

Baca juga: Wisata ke Desa Obelix Sleman, Ada Taman Bunga Besar dan Mini Farm di sana

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button