Sejarah Benteng Kedung Cowek Surabaya dan berbagai atraksinya - WisataHits
Jawa Timur

Sejarah Benteng Kedung Cowek Surabaya dan berbagai atraksinya

Surabaya

Di ujung utara kota Surabaya berdiri sebuah bangunan bersejarah dari Hindia Belanda. Bangunan itu bernama Benteng Kedung Cowek.

Masyarakat setempat menyebut Benteng Kedung Cowek sebagai tempat penyimpanan peluru pada masa penjajahan. Namun, Benteng Kedung Cowek tidak begitu terkenal karena jauh dari hiruk pikuk kota Surabaya.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang Benteng Kedung Cowek, baca ulasannya di bawah ini.

Sejarah Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek dibangun pada tahun 1900 dan memulai situs web Pusat Informasi Pariwisata Surabaya. Itu didasarkan pada desain yang ditandatangani oleh Kapten Insinyur JC Proper pada 15 Januari 1900.

Benteng Kedung Cowek merupakan benteng terbesar dari rangkaian benteng yang dibangun di sepanjang pantai dari Surabaya hingga Gresik. Dimana Benteng Kedung Cowek berdiri di atas lahan seluas sekitar 71.876 m2.

Selama pembangunan benteng, Kapten Insinyur meminta cuti karena sakit. Letnan Kuyper diangkat sementara sebagai penanggung jawab pembangunan Benteng Kedung Cowek.

Sekitar tahun 1901 Benteng Kedung Cowek mulai terbentuk. Pembangunan dan desain Benteng Kedung Cowek terus disesuaikan dan diperkuat seiring dengan perkembangan teknologi saat itu.

Dana sebesar 5 juta gulden telah dialokasikan untuk pengadaan meriam yang akan menjaga dan menjaga ketentraman Benteng Kedung Cowek dari serangan asing. Benteng Kedung Cowek kemudian digunakan sebagai tempat pertahanan Belanda sekaligus sebagai tempat penyimpanan peluru dan meriam berukuran besar.

Lokasi dan Rute Menuju Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek terletak di Desa Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya. Lokasinya tidak jauh dari pintu tol Jembatan Suramadu.

Alamat Benteng Kedung Cowek cukup strategis, sehingga mudah untuk dikunjungi dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika berangkat dari Taman Bungkul, Surabaya, waktu tempuh kurang lebih 29 menit.

Ada 3 rute yang bisa dilalui untuk menuju Benteng Kedung Cowek yaitu Jalan Sidotopo Wetan, Jalan Kapas Kraampung dan Jalan Kedung Cowek.

Harga tiket Benteng Kedung Cowek

1. Harga tiket Benteng Kedung Cowek untuk anak-anak

Per anak: Rp 5.000
Rombongan: Rp 3.000 (minimal 20 anak)

2. Harga tiket Benteng Kedung Cowek untuk dewasa

Per orang: Rp15.000
Rombongan: Rp 10.000 (minimal 20 orang)

3. Harga Tiket Benteng Kedung Cowek untuk Wisatawan Asing

Per orang: Rp 20.000

Daya Tarik Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek menawarkan sejumlah objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Bangunan Cagar Budaya

Benteng Kedung Cowek telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Surabaya Nomor 188.45/261/436.1.2/2019 tanggal 31 Oktober 2019. Benteng Kedung Cowek termasuk dalam kategori benda Cagar Budaya.

2. Saksi bisu Pertempuran Surabaya

Benteng Kedung Cowek telah dibuka untuk umum sebagai tujuan wisata sejarah sejak tahun 2019. Ternyata, Benteng Kedung Cowek menjadi saksi bisu Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Pada tahun 1942, Belanda menyerah tanpa syarat kepada Kekaisaran Jepang sebagai bagian dari Perjanjian Kalijati. Dengan itu, Benteng Kedung Cowek dikuasai Jepang. Kemudian, pada 14 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat kepada pasukan Sekutu yang dipimpin Inggris.

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, Benteng Kedung Cowek digunakan sebagai pangkalan pertahanan oleh Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan pasukan Sriwidjaja.

Dalam pertempuran 10 November 1945, pasukan TKR dan Sriwidjaja menyerang pasukan Sekutu dari sisi Benteng Kedung Cowek. Di antara tokoh penting pasukan Sriwidjaja yang bertempur di benteng ini adalah Jansen Rambe, Abel Pasaribu dan Gumbreg.

3. Tempat foto antik

Benteng Kedung Cowek tidak hanya menawarkan nilai sejarah tetapi juga menawarkan pemandangan Jembatan Suramadu yang eksotis. Jika cuaca cerah, wisatawan juga bisa menikmati sunset di sore hari.

Bangunan benteng yang masih asli sangat cocok untuk spot foto vintage. Selain itu, tanaman dan bunga yang tumbuh subur di sekitar Benteng Kedung Cowek menambah nuansa alam.

Demikian informasi mengenai Benteng Kedung Cowek. Jika Anda berkunjung ke kota Surabaya, jangan lupa untuk mampir ke Benteng Kedung Cowek!

Tonton video 5 Eclipse Myths yang Dibantah Secara Ilmiah
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button