6 Fakta Sejarah Benteng Kedung Cowek Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

6 Fakta Sejarah Benteng Kedung Cowek Surabaya

Surabaya tidak hanya kaya akan wisata belanja, tetapi juga tampaknya memiliki tempat wisata sejarah dengan pemandangan yang indah antik yang menawan yaitu Benteng Kedung Cowek. Benteng yang dikenal juga dengan sebutan Benteng Peluru ini menjadi saksi bisu pertempuran 10 November 1945. Menariknya, benteng ini masih berdiri kokoh dan menjadi tujuan wisatawan hingga saat ini. .

Selain mengetahui bukti sejarah Surabaya, dari kawasan benteng ini kamu bisa menikmati suasana pantai yang tenang dan pemandangan Jembatan Suramadu yang menakjubkan lho! Apakah Anda ingin melihat-lihat? Berikut 6 fakta yang perlu Anda ketahui tentang Benteng Kedung Cowek Surabaya. Pekerjaan obat menarik di tengah hiruk pikuk kota Surabaya.

1. Dulu digunakan oleh Belanda dalam perang melawan Jepang

6 Fakta Sejarah Benteng Kedung Cowek, Spot Healing Hits Di SurabayaBenteng Kedung Cowek (instagram.com/jsnnckls)

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang Benteng Kedung Cowek adalah cerita sejarah di dalamnya. dilaporkan tourismsurabaya.go.id, benteng ini dibangun sejak tahun 1900. Benteng ini merupakan benteng terbesar di sepanjang pantai dari Surabaya hingga Gresik. Benteng Kedung Cowek dulunya digunakan sebagai tempat pertahanan Belanda sekaligus gudang senjata di tengah perang melawan Sakura.

Setelah Indonesia merdeka, benteng ini digunakan oleh Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan pasukan Sriwidjaja. Saat itu, pada 10 November 1945, TKR dan pasukan Sriwidjaja menyerang pasukan Sekutu dari Benteng Kedung Cowek. Tapi sayangnya. Sepertiga dari batalyon Sriwidjaja tewas akibat tembakan dari kapal-kapal Inggris.

Namun, semangat Batalyon Sriwidjaja belum pudar dan terus berjuang melalui perang gerilya untuk mencapai kemerdekaan penuh.

Baca Juga: 5 Kisah Unik Wisata Sejarah di Surabaya, Beberapa Di antaranya Sudah Tersampaikan

2. Sekarang sudah menjadi bangunan cagar budaya

6 Fakta Sejarah Benteng Kedung Cowek, Spot Healing Hits Di SurabayaBagian depan Benteng Kedung Cowek (instagram.com/dayatmansur)

Benteng Kedung Cowek telah menjadi bangunan cagar budaya dan telah dilestarikan dengan baik oleh pemerintah. Ketentuan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Surabaya No. 188.45/261/436.1.2/2019 tanggal 31 Oktober 2019. Kini Benteng Kedung Cowek masuk dalam kategori benda cagar budaya.

3. Menyediakan spot foto cantik dengan konsep vintage

6 Fakta Sejarah Benteng Kedung Cowek, Spot Healing Hits Di SurabayaSpot Foto Benteng Kedung Cowek (instagram.com/ochiprbd_)

Saat sampai di area benteng, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan benteng yang terlihat artistik dan megah. Bangunan Benteng Kedung Cowek terdiri dari beberapa bunker dan tangga.

Benteng ini juga dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi dengan daun-daun berguguran, menambah suasana antik Anda bisa merasa kuat di sini. Pemandangan unik ini dulunya adalah kesempatan berfoto dalam beberapa hari untuk anak muda di Surabaya.

4. Menyediakan akses khusus ke pantai Kenjeran

6 Fakta Sejarah Benteng Kedung Cowek, Spot Healing Hits Di SurabayaAkses ke Kenjeran dari Benteng Kedung Cowek (instagram.com/hendra_ristianto86)

Kawasan wisata Benteng Kedung Cowek yang sempat viral di media sosial rupanya punya pendekatan khusus untuk Pantai Kenjeran lho! Di tengah benteng Anda akan menemukan anak tangga yang mengarah ke lapangan yang dipenuhi pepohonan rindang. Spot ini biasanya menjadi subjek foto sebelum pernikahan bagi warga Surabaya. Jika Anda berjalan lebih jauh Anda akan menemukan hamparan pasir pantai yang luas dengan bebatuan dan air biru yang indah.

Selain itu, dari spot ini Anda bisa melihat megahnya Jembatan Suramadu yang terlihat indah. Tempat yang mulai populer ini tidak pernah ditinggalkan oleh masyarakat Suroboyo, apalagi saat akhir pekan tiba.

5. Dapat dicapai dari 3 rute berbeda

6 Fakta Sejarah Benteng Kedung Cowek, Spot Healing Hits Di SurabayaRute Menuju Kedung Cowek (instagram.com/bentengkedungcowek)

Benteng Kedung Cowek terletak di Desa Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Lebih tepatnya, tidak jauh dari pintu tol Jembatan Suramadu. Anda bisa menempuh tempat ini selama 30 menit dari pusat kota Surabaya. Untuk menuju benteng ini sangat mudah, jadi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi anda sendiri.

Menariknya, Anda bisa mengambil 3 rute berbeda untuk menuju benteng ini. Rute pertama melalui Jalan Sidotopo Wetan, kedua melalui Jalan Kapas Krampung dan terakhir melalui Jalan Kedung Cowek.

6. Harga tiket super murah

6 Fakta Sejarah Benteng Kedung Cowek, Spot Healing Hits Di SurabayaPengunjung Benteng Kedung Cowek (instagram.com/di3__di3)

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berlibur ke destinasi yang satu ini. Baik pada hari kerja atau akhir pekan, harga tiketnya sama. Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 15.000 untuk memasuki kawasan Benteng Kedung Cowek. Jika datang dengan rombongan minimal 20 orang cukup membayar Rp 10.000 saja.

Selain itu, kebijakan yang sedikit berbeda berlaku untuk harga tiket untuk anak-anak dan wisatawan asing.

Anak-anak: Rp 5.000

Turis asing: Rp 20 ribu.

Baca Juga: 6 Tempat Bersejarah Dekat Surabaya Square, Jalan Kaki Saja

Sekarang kamu lebih siap untuk berwisata ke Benteng Kedung Cowek kan? Selalu jaga kebersihan saat bepergian, ya!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button