Menteri PDTT Buka Wisata Alam Watu Lakar di Pacitan - WisataHits
Jawa Timur

Menteri PDTT Buka Wisata Alam Watu Lakar di Pacitan

PACITAN, Jawa Timur (ANTARA) – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meresmikan Wisata Alam Watu Lakar di Kabupaten Pacitan, Minggu.

Halim Iskandar yang datang rombongan bersama sejumlah pejabat Kemendes PDTT didampingi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji melakukan pengguntingan pita pada peresmian wisata alam Watu Lakar yang telah mengembangkan infrastruktur dan infrastruktur pendukung menjadi wisata unggulan. – pemerintahan desa berbasis

“Alhamdulillah. Selamat atas potensi yang dimiliki. Semoga kemajuan yang dilakukan dalam mengelola wisata alam ini bermanfaat khususnya bagi masyarakat sekitar dan desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa,” kata Mendes Halim dalam sambutan pembukaannya.

Dalam meninjau sarana dan prasarana yang dibangun di kawasan objek wisata Watu Lakar, menteri tampak antusias dengan PKB.

Ia berharap pengelolaan desa wisata di Desa Sumberharjo, Pacitan ini sukses dan bisa menjadi contoh bagi desa lainnya.

Menurut dia, Pemdes Sumberharjo mahir mengoptimalkan potensi wisata alamnya, memberikan nilai ekonomi lebih besar tanpa harus ‘merusak’ lingkungan yang ada.

“Kita bisa melihat bahwa para pedagang juga asli desa ini. Pengembangan wisata desa berbasis SDGs, pembangunan berkelanjutan dilakukan dengan pemutakhiran microdata berbasis desa,” ujarnya.

Wisata alam Watu Lakar dikenal sebagai objek situs sejarah. Wahana alam yang didominasi struktur anak tangga batu, seperti yang ada di situs Gunung Padang, memiliki nilai sejarah yang tinggi karena diyakini sebagai peninggalan Sunan Kalijaga.

Saat ini, wisata alam di Watu Lakar lebih ke destinasi wisata religi. Potensi ini kemudian dibidik oleh pemerintah desa Sumberharjo untuk mendongkrak perekonomian di desanya.

Infrastruktur sedang dibangun, sarana dan prasarana sebagai wahana wisata desa juga sedang dilengkapi. Total dana Rp 250 juta diserap dari DD/ADD dan LSM.

Alhasil, wisata alam Watu Lakar kini terlihat lebih menarik. Selain lokasinya yang alami dan unik dengan struktur batu menyerupai tangga batu tua, beberapa fasilitas pendukung seperti jembatan gantung, hiasan payung di antara pepohonan dan fasilitas outdoor membuat properti ini semakin menarik. Instagramable.

“Kami bangga, dan saya mengajak semua orang untuk mengikuti apa yang telah dilakukan di Kabupaten Pacitan,” kata Halim.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji juga mengapresiasi dibukanya kembali wisata alam di Watu Lakar.

Ia juga menekankan dukungan pemerintah daerah kepada setiap desa yang berupaya mewujudkan kemandirian ekonomi, seperti yang telah dilakukan pemerintah desa Sumberharjo dalam pengembangan wisata alam di Watu Lakar.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button