Kisah Kebun Raya Bogor Hasil Thomas Stamford Raffles - WisataHits
Jawa Barat

Kisah Kebun Raya Bogor Hasil Thomas Stamford Raffles

PIKIRAN ORANG – Kebun Raya Bogor adalah rumah bagi berbagai tanaman hidup. Kebun Raya memiliki sekitar 15.000 spesies pohon dan tanaman. Sesuai dengan namanya, Kebun Raya Bogor terletak di kota Bogor, Jawa Barat.

Terkenal dengan keanekaragaman hayatinya, situs ini merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara dan menjadi cikal bakal pengembangan penelitian life science di Indonesia.

Kebun Raya Bogor berperan sebagai tempat konservasi tumbuhan hidup dengan upaya memulihkan berbagai jenis tumbuhan yang terancam punah.

Kebun Raya Bogor tidak hanya sebagai tempat pelestarian tetapi juga dijadikan sebagai objek wisata alam khas kota Bogor. Ada berbagai taman yang bisa dikunjungi untuk wisata alam.

Salah satunya adalah Mexican Garden, yang mengoleksi berbagai spesies kaktus yang berjumlah lebih dari 100 spesies seperti agave, yucca, cacti dan berbagai sukulen. Atau tanaman obat mengoleksi berbagai jenis tanaman obat.

Pengunjung dapat belajar tentang berkebun atau merawat tanaman.

Baca Juga: Asal Mula Stand Up Comedy, Dari Dunia Menyebar ke Indonesia

Asal Usul Kebun Raya Bogor

Berdasarkan surat dari ahli biologi Abner kepada Gubernur Jenderal GAG Ph. van der Capellen, Kebun Raya Bogor didirikan pada tanggal 18 Mei 1817. Saat baru berdiri, taman tersebut bernama Lands Plantentuin te Buitenzorg, yang artinya Kebun Raya di Tanah Buitenzorg (Bogor).

Pendirian Kebun Raya Bogor diarahkan oleh seorang ahli biologi Jerman, Reinwardt, dengan bantuan dari James Hooper dan W. Kent, yang mengelola Kebun Raya Kew di Richmond, Inggris.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button