Sebagai jalur alternatif menuju Gunungkidul, Anda bisa melalui Pantai Parangtritis - WisataHits
Yogyakarta

KOMPAS.com – Wisatawan yang ingin melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Gunungkidul biasanya menempuh jalur Bukit Bintang.

Namun, ternyata jalur Bukit Bintang bukanlah satu-satunya jalur menuju destinasi wisata Gunungkidul.

Ada beberapa jalur alternatif salah satunya melalui kawasan Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Pandemi dan Longsor Bikin Gunungkidul Sulit Penuhi Target Pendapatan Sektor Pariwisata 2022

Jalur ini melewati perbukitan di sisi selatan Gunungkidul atau timur Pantai Parangtritis.

Kompas.com menempuh jalur tersebut pada Kamis (12/1/2022) dan berikut kondisi jalur menuju Gunungkidup via Parangtritis.

Kondisi jalur menuju Gunungkidul via Parangtritis

Saat itu Kompas.com mengendarai sepeda motor Supra X 125 FI. Kondisi jalan di kawasan Pantai Parangtritis datar. Jalan baru tersebut mulai menanjak di kawasan perbukitan di sisi timur Parangtritis.

Sekedar informasi, SPBU besar terakhir berada tepat sebelum kawasan Pantai Parangtritis. Oleh karena itu, sebaiknya isi terlebih dahulu jika tangki belum penuh.

Akan ada garpu nanti. Wisatawan dapat memilih jalur utama Panggang-Parangtritis atau Bukit Paralayang Watugupit. Jika ingin ke Bukit Paralayang belok kanan di pertigaan.

Namun, jalur ini lebih menanjak daripada jalan utama. Lurus terus, perjalanan sampai di jalan utama Panggang-Parangtritis lagi.

Baca Juga: Jalur Tanjakan Cinomati, Jalan Alternatif ke Gunungkidul yang Harus Dihindari

Selain itu, perjalanan masih menyusuri jalan perbukitan yang berkelok-kelok dan naik turun, meski tidak ekstrim. Kondisi jalan juga beraspal mulus.