Gunungkidul Koordinasikan Pemda DIY Pengelolaan Pantai Gesing - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Gunungkidul Koordinasikan Pemda DIY Pengelolaan Pantai Gesing – ANTARA News Yogyakarta

Gunungkidul Koordinasikan Pemda DIY Pengelolaan Pantai Gesing – ANTARA News Yogyakarta

Kulon Progo (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah DIY terkait kelanjutan pengelolaan objek wisata Pantai Gesing yang saat ini sedang dibangun sebagai tempat pendaratan ikan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan, Minggu di Gunungkidul, pembangunan Pelabuhan Perikanan (PPI) di Pantai Gesing membuat wisatawan tidak bisa menikmati pantai di lokasi tertentu.

“Rencananya seluruh kawasan Pantai Gesing dijadikan pelabuhan. Pelabuhan untuk proses dari provinsi saat ini sedang dibangun,” kata Arif.

Menurutnya, pengelolaan Pantai Gesing perlu dibicarakan lebih lanjut dengan pemerintah daerah Yogyakarta, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Kita harus koordinasikan lagi soal kesepakatan administratif dengan Pemda DIY,” kata Arif.

Seperti diketahui, kawasan Pantai Gesing saat ini berkembang mengelilingi berbagai objek wisata mulai dari teras kaca hingga Heha Ocean View atau sering disebut dengan kawasan wisata Girikarto.

Sebelum pelabuhan dibangun, pengunjung bisa mengabadikan momen saat nelayan melaut atau baru kembali dari tebing. Selain itu juga untuk memotret goresan alam pada tebing-tebing eksotik.

Sebelumnya, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan pembangunan PPI Gesing akan memasuki Tahap I pada 2022. Pembangunan PPI Gesing Tahap I dibangun di atas lahan seluas 54.445 meter persegi yang terdiri dari 46.445 meter persegi tanah milik Pemda DIY dan Tanah Kesultanan atau Sultan Ground (SG) yang terletak di tepi pantai Gesing seluas dari 8.000 meter persegi terletak.

“Pembinaan PPI sepenuhnya berada di tangan Pemda DIY. Kami berharap PPI dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan di wilayah Gunungkidul,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button