Jalur alternatif ke Gunungkidul, Anda bisa melewati pantai Parangtritis - WisataHits
Yogyakarta

Jalur alternatif ke Gunungkidul, Anda bisa melewati pantai Parangtritis

KOMPAS.com – Wisatawan yang ingin melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Gunungkidul biasanya menempuh jalur Bukit Bintang.

Namun, ternyata jalur Bukit Bintang bukanlah satu-satunya jalur menuju destinasi wisata Gunungkidul.

Ada beberapa jalur alternatif salah satunya melalui kawasan Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Pandemi dan Longsor Bikin Gunungkidul Sulit Penuhi Target Pendapatan Sektor Pariwisata 2022

Jalur ini melewati perbukitan di sisi selatan Gunungkidul atau timur Pantai Parangtritis.

Kompas.com menempuh jalur tersebut pada Kamis (12/1/2022) dan berikut kondisi jalur menuju Gunungkidup via Parangtritis.

Kondisi jalur menuju Gunungkidul via Parangtritis

Saat itu Kompas.com mengendarai sepeda motor Supra X 125 FI. Kondisi jalan di kawasan Pantai Parangtritis datar. Jalan baru tersebut mulai menanjak di kawasan perbukitan di sisi timur Parangtritis.

Sekedar informasi, SPBU besar terakhir berada tepat sebelum kawasan Pantai Parangtritis. Oleh karena itu, sebaiknya isi terlebih dahulu jika tangki belum penuh.

Akan ada garpu nanti. Wisatawan dapat memilih jalur utama Panggang-Parangtritis atau Bukit Paralayang Watugupit. Jika ingin ke Bukit Paralayang belok kanan di pertigaan.

Namun, jalur ini lebih menanjak daripada jalan utama. Lurus terus, perjalanan sampai di jalan utama Panggang-Parangtritis lagi.

Baca Juga: Jalur Tanjakan Cinomati, Jalan Alternatif ke Gunungkidul yang Harus Dihindari

Selain itu, perjalanan masih menyusuri jalan perbukitan yang berkelok-kelok dan naik turun, meski tidak ekstrim. Kondisi jalan juga beraspal mulus.

Jalur ini tidak langsung di laut. Namun jalur ini merupakan akses tercepat menuju beberapa tempat wisata seperti Tanjung Kesirat, Pantai Wohkudu, HeHa Ocean View, Pantai Gesing, Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan.

jalan di pantai

Jika Anda terus lurus ke depan, Anda akan sampai di pertigaan. Belok kanan, itu jalan menuju Pantai Baron.

Sesampainya di Pantai Baron, jalan mulai menuju tepi pantai. Dari Pantai Baron ke arah timur, terdapat banyak peluang wisata pantai.

Pantai Baron, Gunungkidul saat airnya berwarna coklat.  Jumat (18/11/2022)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Pantai Baron Gunungkidul saat airnya berwarna coklat. Jumat (18/11/2022)

Beberapa di antaranya adalah Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sadranan, Pantai Sudak, Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti.

Jalur mulai memasuki kawasan perbukitan setelah Pantai Pulang Sawal. Wisatawan harus menempuh jalur perbukitan untuk sampai ke pantai dari jalur perbukitan ini.

Baca Juga: Pulau Pantai Kukup Gunungkidul Dibuka Kembali untuk Umum, Spot Foto Favorit

Pantai di timur Yogyakarta antara lain Pantai Siung, Pantai Jogan, Pantai Timang, Pantai Wediombo, dan Pantai Sadeng.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.