Saung Manglid, Kunjungi Destinasi Wisata Purwakarta dan Institusi Pendidikan - WisataHits
wisatahits

Saung Manglid, Kunjungi Destinasi Wisata Purwakarta dan Institusi Pendidikan

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Parakanceuri, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Saung Manglid adalah pilihan tepat untuk menghabiskan akhir pekan Anda di wisata berbasis perkebunan Purwakarta. Ada berbagai tanaman hias dan sayuran di tempat yang indah ini. Pengunjung diperbolehkan untuk memilih sendiri atau bahkan belajar cara bertani jika mereka mau.

Berawal dari sebuah kafe yang mengusung konsep alam dengan latar belakang perkebunan modern, tempat ini perlahan berubah menjadi resor agrowisata. Berbagai pilihan aktivitas muncul dan tinggal menunggu Anda untuk diuji satu per satu. Dari satu sudut daerah ke daerah lain, melaksanakan eksplorasi harusnya menyenangkan.

Memang benar suasana di Saung Manglid agak pedesaan, meski cara penggarapannya berbasis konsep modern. Namun keunikan tersebut justru menjadi daya tarik sekaligus di mana Anda bisa menikmati perpaduan dua warna yang berbeda sekaligus. Bagi Anda yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, keberadaannya tidak akan tereksplorasi sepenuhnya dalam sehari.

Daya Tarik Saung Manglid

Daya Tarik Saung ManglidKredit gambar: Google Maps oleh Setiawan

1. Keunikan lambung kapal

Carangka atau keranjang bambu digunakan sebagai atraksi di Saung Manglid. Ada sebuah tempat di mana terdapat sejumlah kerang yang tergantung dari batang bambu.

Caraangka kemudian ditanami beberapa tanaman hias dan diletakkan tepat di atas kolam. Bentuk kerucut terbalik yang membangun kerangka membuat situasi semakin indah.

Selain cangkang tunggal, ada deretan pot plastik yang juga menghiasi area tersebut. Terkadang keindahan tempat ini menarik pasangan muda untuk berfoto prewedding agar terlihat eksotis.

Mungkin Anda juga ingin berfoto di antara kerang-kerang yang bergelantungan di atas kolam. Pasalnya, mengabadikan momen bersama pasangan sebelum menuju pelaminan memang sudah diminati sejak beberapa dekade lalu.

2. Pilihan menu tradisional

Saung Manglid awalnya adalah sebuah kafe tetapi telah mengalami transformasi besar dari waktu ke waktu. Meski begitu, mereka tidak kehilangan identitas aslinya dimana sampai saat ini mereka hanya menyajikan pilihan menu tradisional Sunda. Mulai dari olahan ayam kampung hingga tumis genjer, Anda bisa mencicipinya dengan leluasa sesampainya di sini.

Selain itu, pemanfaatan tumbuhan di kompleks agrowisata ini membuat harga jual menu menjadi lebih terjangkau. Anda juga bisa mempertimbangkan aspek kesehatan sebagai hal yang menggugah untuk dinikmati saat bepergian.

Pengelola sebenarnya memberikan pilihan kepada pengunjung untuk memanen sendiri tanpa melalui banyak mekanisme transaksi. Anda bisa pergi ke salah satu sudut taman mini, lalu hati-hati mencari sayuran yang diharapkan.

Kapan lagi bisa mencicipi makanan hasil panen sendiri saat bepergian? Karena itulah mengajak keluarga atau teman terdekat akan membuat pengalaman di kabin cantik ini semakin berkesan.

3. Kesempatan menanam

Selain memanen tanaman hias, Anda bahkan bisa menanam benih sayur atau buah sendiri di lokasi yang disiapkan oleh direktur Saung Manglid. Hal inilah yang menyebabkan keberadaan agrowisata yang indah ini hampir tidak pernah sepi dari pendatang karena ada hal-hal yang membuat mereka penasaran.

Tentu saja, proses pembiakan dilakukan di bawah pengawasan petugas ahli. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan saran segera jika Anda bingung dan ingin melakukan sesi konseling. Asyik sekali jika bisa menanam langsung seperti di kebun sendiri sehingga berpotensi membuat nyaman di sana.

Ada baiknya Anda membawa baju ganti jika khawatir tanah akan kotor saat proses penanaman. Ada kamar mandi lengkap di Saung Manglid, jadi masalah kebersihan bisa segera teratasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Saung ManglidKredit gambar: Google Maps oleh Setiawan

Arahkan dusun Parakanceuri untuk piknik menyenangkan di agrowisata. Jelajahi jalan desa Pusakamulya untuk pengalaman bertani yang nyata di lapangan.

Saung cantik ini terletak di Jawa Barat, Kabupaten Purwakarta, tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tepatnya di distrik Kiarapedes dengan pemandangan alam yang tak terlupakan.

Harga tiket masuk kawasan agrowisata

Harga tiket masuk kawasan agrowisataKredit gambar: Google Maps rizky akbar

Tidak ada tiket masuk yang diberlakukan petugas jika ke Saung Manglid. Meski tingkat kunjungan sangat tinggi, akses masuk ke destinasi indah ini benar-benar gratis.

Namun, jika ingin memanen hasil panen, Anda akan dikenakan biaya Rp 10.000. Ini merupakan penghargaan bagi para petani yang telah bersusah payah merawat hasil panennya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Saung Manglid

Kegiatan menarik di Saung ManglidKredit gambar: Google Maps asep Setiawan

1. Pergi ke taman bunga

Saung Manglid dinilai menawarkan berbagai lokasi yang menggiurkan untuk agrowisata. Selain lahan pertanian yang bisa dikunjungi sebebas pengunjung, Anda juga bisa menemukan taman bunga.

Berbagai jenis bunga mekar berwarna-warni menghiasi taman dengan jembatan kayu yang terpasang. Pengalaman pengunjung menjadi lebih lengkap dan menakjubkan berkat keberadaan taman yang megah ini.

Saat musim kemarau dan bunga-bunga bermekaran, suasananya semakin mengesankan. Perpaduan warna bunga yang berbeda menempel pada batang yang hijau dan daun yang segar memberikan rasa hangat di hati.

Bunga cantik ini bisa kamu andalkan sebagai spot foto estetis untuk kemudian dipamerkan di media sosial. Menambahkan koleksi foto agrowisata alam yang menarik bukanlah tugas yang sulit.

2. Berangkat ke Saung Manglid

Outbound umumnya identik dengan petualangan menantang di hutan dengan lokasi yang menyulitkan para pelancong. Sementara itu, Saung Manglid juga terus mengadopsi konsep tersebut namun menawarkan kenyamanan yang lebih baik.

Hal ini terkait dengan keindahan taman keluar yang mampu memukau pandangan siapa pun. Aktivitas yang merangsang terasa lebih ringan selama Anda melihat hal-hal indah dalam prosesnya.

Jangan heran jika sewaktu-waktu Anda akan menemukan banyak sekolah yang berwisata ke sini. Atau mungkin, sekelompok siswa dengan tujuan untuk saling mengenal.

Juga, jika Anda merasa bosan dengan tantangan ini, setiap pengunjung akan menemukan makanan lokal dengan sangat mudah. Oleh karena itu, aktivitas seperti outbond tidak akan membuat Anda bosan karena perasaan yang cenderung berbeda saat berada di destinasi estetis ini.

3. Jelajahi kawasan agrowisata

Apakah Anda salah satu orang yang sulit untuk diam saat bepergian ke destinasi yang indah? Dengan kata lain, memilih untuk datang ke Saung Manglid adalah keputusan terbaik karena ada banyak wahana yang bisa dijelajahi.

Anda dapat berkeliling dengan berjalan kaki atau bersepeda saat restoran buka. Mengunjungi satu tempat demi satu sambil mengabadikan momen melalui bingkai kamera menjadi fokus utama.

Pergi ke taman luar ruangan, berhenti di restoran, mengunjungi taman bunga, dll. Lakukan semua yang Anda bisa sambil menghormati aturan internal sampai Anda merasa puas dan keinginan untuk istirahat muncul.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Saung ManglidKredit gambar: Keluarga Diaf dari Google Maps

Masalah diet tidak menjadi perhatian saat berwisata ke Saung Manglid karena ada berbagai menu alternatif di sini. Memang semua orang mengandalkan cita rasa lokal, tapi cukup menarik untuk dicoba, apalagi bahannya sering menggunakan tanaman segar.

Kemudian, setelah merasa kenyang, Anda bisa pergi ke gazebo-gazebo yang tersebar di banyak titik atau berdiam diri di restoran. Temukan aktivitas pengunjung lain sambil mendengarkan musik dan berbagai aktivitas santai lainnya. Lelah istirahat dan tiba-tiba harus buang air kecil, ada toilet bersih yang siap menampungnya.

Ingin menambahkan informasi tanaman? Anda bisa pergi ke area pertanian, mencobanya sendiri dan berkonsultasi dengan staf. Merasakan aktivitas yang bermanfaat setidaknya memberikan pengalaman berwisata yang mengasyikkan. Puas dengan hasil perkebunannya, Anda juga bisa memanennya untuk kemudian dibawa pulang atau dinikmati selama berada di sini.

Saung Manglid menawarkan kombinasi lengkap dari agrowisata berkualitas tinggi. Fasilitas dasar yang lengkap, menawarkan pengalaman terkini, keindahan alam yang tak kalah memukau. Anda pasti ingin kembali lagi dan lagi tidak peduli berapa kali Anda berada di sini, apakah Anda sendiri atau orang lain.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button