Curug Bibijilan, saksi pesona keindahan air terjun alami di Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Curug Bibijilan, saksi pesona keindahan air terjun alami di Sukabumi

Curug Bibijilan, saksi pesona keindahan air terjun alami di Sukabumi

Curug Bibijilan merupakan tempat wisata air terjun di Sukabumi yang memiliki 14 tingkatan air terjun. Ada juga gua yang terlihat eksotis. Dimana lokasinya?

Harga tiket: Rp 8.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Cimerang, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Sukabumi merupakan tempat yang memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menarik. Suasana alam kawasan ini masih bagus, sehingga didominasi oleh pantai, air terjun, dan perbukitan. Yang direkomendasikan adalah Curug Bibijilan Sukabumi.

Air terjun atau curug ini masih sangat alami dan asli. Tempatnya cukup populer sehingga air terjun ini sering dikunjungi wisatawan dari daerah maupun dari luar kota. Jika ingin berekreasi dengan pemandangan alam, air terjun ini bisa menjadi pilihan.

Bibijilan sendiri aslinya merupakan kata bahasa sunda yang berarti “penampilan”. Sesuai dengan air terjun yang memang memiliki bentuk penampakan isi perut bumi. Dan sebelum menuju kesana, silahkan simak beberapa informasi berikut ini.

Daya tarik Curug Bibijilan

Daya tarik Curug BibijilanKredit gambar: Google Maps

Air terjun ini mungkin tidak terlalu populer di kalangan masyarakat umum, namun ternyata cukup populer di kalangan beberapa wisatawan. Apa lagi alasannya jika bukan keindahan unik yang ditawarkan kawasan air terjun. Apa daya tarik air terjun tersebut?

1. Tampilan menarik

Air terjun ini memiliki aliran yang mengalir deras karena posisi bebatuan yang tidak rata. Aliran airnya terbagi sedemikian rupa sehingga terkesan air keluar dari celah-celah bebatuan. Pemandangan ini membuat air terjun ini menarik.

Apalagi air di air terjun ini juga berwarna hijau tosca, sehingga pengunjung akan mendapatkan potret yang unik. Selain itu, air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan pinus dan pepohonan yang tumbuh rindang. Suasananya bisa sejuk, menenangkan dan juga menyegarkan.

2. Air Terjun Berjenjang

Curug Bibijilan dikenal dengan tampilannya yang bertingkat. Level dalam kaskade ini memiliki total 14 level, di mana setiap level memilih sifat yang berbeda. Biasanya wisatawan hanya bisa mencapai tingkat pertama hingga keempat.

Level lain tidak dapat diakses karena sama sekali tidak tahu bagaimana menuju ke level berikutnya. Memang pada level selanjutnya, medan menjadi lebih ekstrim dan terjal sehingga berbahaya bagi pengunjung.

Namun, setiap level memiliki aliran yang bersih dan cepat. Pada level ketiga dan kelima, fitur yang ditemukan adalah langkah-langkah. Namun, wisatawan tidak perlu khawatir karena posisi ini masih Instagrammable untuk diabadikan.

Di sinilah air mengalir di atas batu-batu besar, di mana mereka ditumpuk dalam posisi acak. Bisa disimpulkan trekking sejauh ratusan kilometer terbayar dengan panorama megah air terjun ini.

3. Gua dekat Curug

Di dekat Curug Bibijilan, ada sebuah goa tersembunyi. Jika datang ke sini, pengunjung akan disuguhi stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam goa. Pemandangan ini dapat menambah pendidikan dan menjernihkan pikiran.

4. Suhu dingin

Air terjun ini juga berada di ketinggian sekitar 100 meter. Di area air terjun, pengunjung akan merasakan suhu yang sangat rendah. Sehingga, setelah bermain air atau basah kuyup, tak jarang wisatawan menggigil.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug BibijilanKredit gambar: Google Maps Gandjar Gustaman

Jika ingin mengetahui alamat lengkap dan lokasi Curug Bibijilan Sukabumi berada di Desa Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menuju ke sana, perjalanan dimulai dengan menuju ke Nyalindung Jampang.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Buni Ayu. Setelah berhenti di monumen kampus Rindu Alam, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Namun, Anda juga bisa berwisata ke Sagaranten jika memulai perjalanan dari Sukabumi.

Setelah sampai di gapura menuju Gua Buni Ayu Perhutani di kiri jalan, pengunjung harus melewati hutan pinus sepanjang 1,5 kilometer. Sebelum sampai di pos penjagaan goa di dekat lokasi, wisatawan harus berhati-hati saat melintasi hutan pinus.

Jalanan di sini cukup rawan, terutama setelah hujan karena medannya akan berlumpur dan sangat licin. Sesampainya di tepi tebing, air terjun sudah terlihat. Namun untuk berjalan kaki, pengunjung tetap harus berhati-hati demi menjaga keamanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Curug Bibijilan merupakan destinasi wisata yang sangat berkesan. Jalur terjal menawarkan hamparan air terjun yang indah. Banyak pengunjung yang datang ke sini karena harga tiket masuknya yang cukup terjangkau.

Harga tiket dibanderol Rp 8.000 per orang. Selama itu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Dengan harga yang murah tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang tidak ada duanya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Bibijilan

Aktivitas Menarik di Curug BibijilanKredit gambar: Google Maps untuk 892

Bentuk air terjun yang unik mengundang wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas seru bersama teman dan keluarga atau sendiri. Beragam permainan air bisa dimainkan, namun ada juga aktivitas darat yang menarik untuk dicoba.

1. Keluar

Pecinta olahraga tak perlu ragu jika ingin mencari wahana di Curug Bibijilan. Pihak pengelola menyediakan ruang khusus bagi mereka yang ingin melakukan aktivitas seru, yakni outbond dan flying fox. Wisatawan yang suka menguji adrenalin diperbolehkan untuk mencoba aktivitas ini.

2. Berenang

Curug memiliki tingkatan air terjun tersendiri, dan terdapat kolam alami sebagai tempat untuk menampungnya. Kolam renangnya berwarna biru kehijauan dan sering digunakan pengunjung untuk berenang. Kedalamannya bervariasi, dari yang paling dangkal hingga yang paling dalam.

Saat memutuskan untuk berenang, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan keadaan aliran air. Jika Anda merasa arusnya terlalu kencang, ada baiknya tunda dulu niat Anda untuk berenang. Ini adalah opsi untuk menjaga dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

3. Mainkan air

Curug Bibijilan memiliki aliran air yang sangat sejuk. Dengan demikian, udara segar yang juga ditunjang oleh rimbunnya pepohonan membuat air terjun cantik ini menjadi tempat bermain air bagi pengunjung. Kondisi yang menyegarkan ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran dan tubuhnya.

Selain bermain langsung di kolam, pengunjung juga bisa duduk santai di tepian. Menyaksikan aliran air yang jatuh dari atas air terjun juga bisa menciptakan suasana damai. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat monyet yang sedang berjaga di atas pohon.

4. Kamp

Bermalam di alam atau camping adalah salah satu kegiatan asyik untuk berlama-lama sambil menikmati pemandangan alam. Kegiatan ini bisa dilakukan di sekitar kawasan wisata Curug Bibijilan. Pinus yang tumbuh berjajar akan melindungi wisatawan.

5. Ambil gambar

Panorama alam yang indah akan sayang untuk dilewatkan jika tidak diabadikan sama sekali. Air terjun Bibijilan yang unik ini patut difoto dengan kamera apapun, karena bentuknya saja sudah berhasil menarik perhatian wisatawan yang datang ke sini.

6. Pendakian Mandi

Aktivitas unik dan langka yang bisa dilakukan di air terjun di Sukabumi ini adalah shower climbing atau panjat air terjun. Wisatawan yang suka menguji adrenalin bisa mencoba panjat tebing dimana arus air terjun menemani aktivitas menanjaknya.

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan tebing berbatu, karena permukaan batu kapur tidak licin. Inilah sebabnya mengapa pendakian air terjun tidak sering dilakukan karena jarang ada air terjun dengan bebatuan kapur.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan air terjun BibijilanKredit gambar: Google Maps ujang solehudin azhari /ari_runners

Sebagai tempat wisata populer, Curug Bibijilan sudah memiliki berbagai fasilitas umum yang cukup mumpuni untuk memudahkan para wisatawan berekreasi. Air terjun ini buka dari pagi hari, mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Selama jam buka tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dan melakukan berbagai aktivitas disana, didukung dengan sejumlah fasilitas yang ada. Beberapa fasilitas pendukung tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Area parkir
  • ruang sholat
  • Toilet umum
  • Belvedere
  • warung makan

Keindahan Curug Bibijilan memang berhasil menjadi obat penenang di kala penat dengan hiruk pikuk kota dan hiruk pikuk belajar atau bekerja. Berkunjung ke sini akan semakin seru jika bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga atau rekan kerja.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button