Pulau Matan, pulau cantik dengan panorama alam menakjubkan di Raja Ampat - WisataHits
wisatahits

Pulau Matan, pulau cantik dengan panorama alam menakjubkan di Raja Ampat

Biaya kunjungan: Dari Rp 1.000.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kepulauan Salawati, Kab. Raja Ampat, Papua Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu pulau yang begitu indah dan merupakan pulau tak berpenghuni di bagian paling timur Indonesia yaitu Pulau Matan. Pulau ini menyajikan panorama alam yang begitu mempesona yang akan memukau semua orang. Pulau ini memiliki luas sekitar 5000 m² saja.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari tempat yang cocok untuk berlibur, pulau ini sangat direkomendasikan. Pepohonan pohon kelapa beserta pasir putihnya yang halus membuat pengunjung betah saat berada di sana. Selain itu, di kawasan perairannya sendiri, Anda akan menemukan banyak jenis spesies ikan.

Daya tarik yang dihadirkan pulau ini memang mampu membuat siapapun terbius. Jadi, saat Anda berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat, Anda bisa menyempatkan diri untuk singgah sejenak di pulau ini.

Daya tarik pulau Matan

Obyek wisata pulau MatanKredit gambar: Google Maps Bj_themom

1. Pemandangan alam yang sangat indah

Luas Pulau Matan terbilang cukup kecil karena kurang dari 1 hektar. Tempatnya sangat ditumbuhi pohon kelapa dari ujung ke ujung. Anda bisa melihat akar pohon kelapa yang menjulur di atas tanah dan ada juga yang di atas pasir.

Berjalan di atas pasir pulau, Anda bisa merasakan teksturnya yang begitu lembut. Dekor yang dihadirkan tempat ini tentu mampu membius siapa saja yang datang ke sana. Ombak di sini juga tidak terlalu besar dan relatif tenang. Anda akan merasakan suasana santai dan santai saat angin sepoi-sepoi menyapa tubuh Anda.

Yang tak kalah menarik saat berkunjung ke pulau ini adalah keindahan panorama bawah lautnya. Panorama bawah laut dari pulau ini menyuguhkan berbagai jenis spesies ikan dengan warna yang begitu indah. Apalagi terumbu karang juga tumbuh subur di sini.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak sekali penyelam yang menjadikan perairan pulau ini sebagai salah satu tempat yang menarik. Jika Anda sangat mengagumi biota laut, sangat tepat jika Anda memutuskan untuk datang ke tempat ini.

2. Keindahan saat matahari terbit dan terbenam

Siapa yang bisa menyangkal keindahan saat matahari terbit dan terbenam? Dua momen ini memang menciptakan keindahan alam yang tercipta secara natural, seperti lukisan Sang Maha Kuasa. Anda akan melihat langit jingga cerah dan air laut memantulkan warna ini.

Waktu matahari terbit dan terbenam di Pulau Matan memang menjadi salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Pada saat inilah bidikan tidak pernah berhenti mengabadikan keindahan cakrawala. Tak sedikit wisatawan yang sengaja datang hanya untuk melihat momen tersebut.

Suasana romantis tentunya bisa Anda dapatkan saat menjelang sunrise dan sunset. Plus, ombak yang tenang dan angin sepoi-sepoi membuat Anda merasa seperti berada di tempat yang damai.

3. Suasana yang sangat tenang

Untuk atraksi selanjutnya sangat cocok bagi anda yang merupakan warga perkotaan. Tentunya bagi Anda yang tinggal di perkotaan yang cenderung padat dan penuh dengan hiruk pikuk kendaraan, sangat jarang merasakan suasana sepi dan tenang seperti itu. Selain itu, aktivitas kerja yang padat akan membuat pikiran lelah.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan Pulau Matan yang dikenal sebagai tempat yang sepi dan tenang. Oleh karena itu wajar jika pulau ini tidak dihuni oleh penduduk. Dengan demikian, Anda akan benar-benar merasakan perasaan tenang yang luar biasa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata pulau MatanKredit gambar: Google Maps Bj_themom

Pulau ini berada di bagian barat Kota Sorong. Dari kota Sorong, Anda hanya perlu berkendara dengan jarak sekitar 8 km. Secara administratif, Pulau Matan masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat. Namun akan lebih cepat dan mudah jika Anda melakukan perjalanan ke pulau ini dari kota Sorong di Papua Barat.

Untuk bisa mencapai kawasan pulau ini, Anda bisa menggunakan speedboat yang biasa digunakan masyarakat Kota Sorong saat ingin berwisata ke Pulau Doom. Nantinya Anda juga bisa mengambil petunjuk arah menuju area dermaga. Jika Anda berangkat dari kota Sorong, waktu minimal yang Anda perlukan adalah 40 menit untuk mencapai tujuan Anda.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya kunjungan ke Pulau MatanKredit gambar: Google MapsDavid Lobo

Untuk biaya sewa speedboat akan dikenakan harga rata-rata Rp 1.000.000. Kapasitas speed boat bisa mencapai 10 hingga 15 orang. Biaya sewa tersebut merupakan rute untuk menuju pulau dan juga pulang pergi dari pulau tersebut. Namun, jika di sini Anda bisa dan pandai bernegosiasi, terkadang Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dari ini.

Memang besar kecilnya biaya saat ingin menyewa speed boat memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Sehingga dapat disimpulkan disini bahwa tidak ada biaya yang ditetapkan tetapi paling tidak anda dapat menyiapkan uang pada kisaran Rp 1.000.000,- dan tentunya anda dapat bekerja sama dengan kelompok anda atau kelompok lain.

Untuk harga tiket masuknya sendiri, di pulau tersebut anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Anda bebas masuk dan keluar pulau Matan. Bagi Anda yang tidak ingin pusing memikirkan persiapannya, Anda bisa mengikuti paket wisata yang disediakan oleh beberapa travel agent.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di pulau Matan

Kegiatan wisata di pulau MatanKredit gambar: Google Maps Lafi Ani

1. Memancing

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat tiba di Pulau Matan. Salah satunya memancing, di sisi pulau ini Anda akan menemukan spot memancing yang menjadi favorit banyak orang.

Salah satunya ada di dermaga pulau. Bagi yang sangat suka memancing, jangan lupa untuk membawa perlengkapannya ke pulau cantik ini. Karena keanekaragaman ikan yang terdapat di perairan pulau ini memang akan membuat Anda semakin semangat untuk melakukan aktivitas ini.

2. Berjemur

Nantinya Anda juga bisa berjemur di pasir putihnya yang lembut. Lingkungan di tempat ini masih sangat terjaga. Kawasan wisata ini sangat bersih, sehingga Anda pasti akan merasa nyaman dan betah selama menginap.

3. Jelajahi area pulau

Kegiatan seru berikut mengeksplorasi keindahan Pulau Matan. Anda bisa menjelajahi pulau dari ujung ke ujung. Nantinya Anda hanya membutuhkan waktu setidaknya satu jam untuk bisa menjelajahi keindahan tempat ini. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan keindahan pulau ini.

Panorama alam yang ditawarkan sungguh luar biasa. Anda bisa mendapatkan spot foto yang begitu instagrammable saat berada di pulau ini. Tentu saja, itu akan membuat halaman media sosial Anda lebih menarik. Apalagi jika mencari foto di saat-saat seperti sunrise dan sunset.

Namun perlu anda ketahui bahwa untuk dapat menikmati momen matahari terbit dan terbenam, anda harus menginap di tempat ini. Pada titik ini, Anda kemudian dapat mendirikan tenda di atas pasir halus.

4. Berenang

Dijelaskan, perairan Pulau Matan memiliki ombak yang cukup tenang. Hal ini tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat mandi. Anda bisa bermain air di pantai tanpa harus khawatir. Anda juga bisa membawa peralatan renang sendiri dari rumah.

5. Menyelam

Salah satu kegiatan yang paling menarik untuk dilakukan saat berada di Pulau Matan adalah menyelam. Keindahan alam bawah laut perairan pulau ini memang mampu memukau Anda. Anda dapat menemukan ikan dengan warna berbeda.

Terumbu karang tumbuh subur di sini. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa peralatan snorkeling saat memutuskan untuk berlibur di pulau ini. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman seru menjelajahi dunia bawah laut.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Instalasi wisata pulau MatanKredit gambar: Google Maps JR_Boss Somtya

Pulau Matan, seperti dijelaskan, memang tidak dihuni satu manusia pun. Oleh karena itu, ketika Anda berencana untuk menginap di tempat ini, Anda bisa mencari penginapan di kota Sorong.

Tempat tersebut masih belum menyediakan fasilitas berupa penginapan. Namun di sana Anda diperbolehkan untuk mendirikan tenda.

Fasilitas di pulau ini tidak begitu memadai. Oleh karena itu, ketika Anda berencana berwisata ke pulau ini untuk menghabiskan akhir pekan, persiapan yang harus dilakukan harus benar-benar matang. Tidak ada warung di sini. Agar Anda dan keluarga tidak kelaparan, Anda harus membawa makanan.

Namun, meski fasilitas yang tersedia di pulau ini belum memadai, Anda pasti akan merasa sangat puas saat berkunjung ke pulau tersebut. Hal ini dikarenakan daya tariknya yang memang mampu membuat anda selalu merasa horny saat berada di tempat ini.

Demikian ulasan lengkap Pulau Matan di Kabupaten Raja Ampat yang perlu Anda ketahui. Salah satu pulau tak berpenghuni di timur Indonesia ini wajib dikunjungi. Menghabiskan waktu bersantai sambil melakukan serangkaian aktivitas di pulau ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button