Pulau Dodola, destinasi wisata bahari eksotik menawan di Morotai - WisataHits
wisatahits

Pulau Dodola, destinasi wisata bahari eksotik menawan di Morotai

Pulau Dodola, destinasi wisata bahari eksotik menawan di Morotai
Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kolorai, Kec. Morotai Selatan, Kab. Pulau Morotai, Maluku Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Dodola di Morotai merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Maluku Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni dan pasirnya begitu indah dan putih. Selain itu, tempat ini juga menawarkan panorama bawah laut yang begitu indah dan megah.

Keindahan inilah yang membuatnya dijuluki surganya Maluku utara. Bagi Anda yang menyukai wisata bahari, tempat ini sangat direkomendasikan. Keindahannya inilah yang membuat tidak jarang wisatawan mancanegara maupun lokal berkunjung ke tempat ini.

Beberapa fotografer bahkan sengaja datang ke tempat ini hanya untuk mengabadikan momen. Untuk lebih jelasnya berikut akan diulas lebih detail mengenai masalah objek wisata, fasilitas, aktivitas menarik yang bisa dilakukan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Pulau Dodola.

Daya Tarik Pulau Dodola

Atraksi di Pulau DodolaKredit gambar: Google Maps Septiana Sulistiawati

1. Pasir putih cerah

Seperti yang sudah disebutkan, Pulau Dodola merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di wilayah Maluku Utara. Meski luas pulaunya tidak terlalu luas, namun daya tarik pulau ini mampu menarik banyak pengunjung.

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi mereka yang sangat menyukai wisata bahari dan ekosistem pantai yang dapat menenangkan pikiran. Pulau itu sendiri memiliki dua bagian yang berbeda. Bagian ini meliputi pulau Dodola Kecil dan Dodola Besar.

Dilihat dari atas, penampakan pasir putihnya akan menyerupai jembatan yang seolah membelah lautan. Di sinilah wisatawan bisa bebas bermain pasir dan menikmati pasir putih yang halus.

2. Keindahan tropis bawah laut

Keindahan ini tidak hanya bisa Anda lihat dari pandangan mata burung, namun panorama ini juga bisa Anda dapatkan saat menyelam di kawasan bawah lautnya. Banyak sekali spot diving yang bisa ditemukan di tempat ini. Setidaknya ada 13 titik penyelaman yang dijadikan titik penyelaman.

Selain itu di tempat ini anda juga bisa melihat fauna laut dan ikan hiu yang sangat lucu dan menggemaskan. Namun tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat pemandangan pesawat dan reruntuhannya nanti. Pesawat terbang dan kapal adalah peninggalan masa perang.

Kondisi alam di sekitar pulau Dodola memang sangat alami. Jika cuaca seperti itu bisa membuat Anda lebih betah berlama-lama di pulau tersebut. Dengan segala keindahan yang ditawarkannya, sayang sekali jika Anda tidak mengunjunginya.

3. Ombaknya begitu tenang

Ombak laut di pulau ini juga menjadi daya tarik lain bagi wisatawan. Ombak disini cukup tenang, jadi bagi anda yang ingin melakukan aktivitas seperti bermain air, mandi atau berenang akan sangat aman melakukannya disini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pulau DodolaKredit gambar: Google Maps Abhy Abhy

Pulau Dodola berada di Kabupaten Pulau Morotai, salah satu Kabupaten di Provinsi Maluku Utara. Untuk bisa mencapai tempat wisata tersebut, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Anda harus ke Ternate lalu naik pesawat, langsung menuju Pulau Morotai.

Selain menggunakan pesawat, Anda juga bisa menggunakan kapal yang memiliki waktu tempuh 10 hingga 12 jam. Jika nanti sudah sampai di Pulau Morotai, Anda juga bisa menuju tempat wisata dengan menggunakan speedboat atau bisa juga naik perahu nelayan.

Dibutuhkan sekitar 20 menit jika Anda berangkat dari Daruba. Meski untuk mencapai lokasi ini akan membutuhkan perjalanan yang relatif lama, namun rasa lelah Anda akan terbayar di lokasi ini. Anda bisa menikmati pemandangan yang begitu indah. Perjuangan untuk sampai ke tempat ini tidak akan pernah sia-sia.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Wisata Pulau DodolaKredit gambar: Google Maps Septiana Sulistiawati

Berapa budget yang perlu kamu siapkan saat berkunjung ke Pulau Dodola sangat tergantung dari jenis transportasi apa yang ingin kamu gunakan nantinya. Anda bisa memilih antara menggunakan perahu nelayan atau menggunakan speedboat.

Jika di sini lebih memilih menggunakan speedboat, kisaran biaya yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah Rp 100.000 per orang. Namun, Anda harus sabar menunggu kursi speedboat penuh penumpang. Ini adalah salah satu kelemahan menggunakan tempel.

Karena kamu harus bersiap untuk menunggu agak lama sebelum akhirnya bisa mengunjungi tempat wisata tersebut. Jika Anda kebetulan mengunjungi tempat itu selama liburan, mungkin tidak masalah. Berbeda jika berkunjung pada hari biasa, sehingga naik speedboat cukup sulit.

Biaya sewa penggunaan speedboat dalam sehari penuh masih sangat mahal. Jika ingin berhemat di sini, Anda bisa menggunakan angkutan nelayan. biaya sewa yang harus Anda bayarkan untuk bisa menjelajahi pulau ini dalam sehari penuh adalah Rp 500.000.

Sepintas, biaya tersebut tampak lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan speedboat. Namun jika Anda datang berombongan, menggunakan perahu nelayan akan jauh lebih hemat.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Dodola

Kegiatan wisata di Pulau DodolaKredit gambar: Google Maps Abhy Abhy

1. Menyelam dan snorkeling

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pulau Dodola. Salah satu kegiatan tersebut adalah melakukan kegiatan diving dan snorkeling. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemandangan bawah laut pulau ini memang luar biasa.

Anda bisa menemukan terumbu karang yang dikelilingi oleh ikan-ikan beraneka warna. Selain menarik, kamu juga bisa menemukan bangkai pesawat dan kapal laut. Morotai sendiri pada zaman dahulu merupakan salah satu zona perang antara Pasukan Sekutu melawan Tentara Jepang pada Perang Dunia II.

Maka dari itu, jangan heran jika Anda bisa menemukan bangkai pesawat dan kapal saat menyelam di perairan ini. Bagi Anda yang sangat senang melakukan aktivitas ini, maka jangan lewatkan saat berada di tempat wisata.

2. Mandi dan berenang

Aktivitas yang harus dilakukan selanjutnya adalah mandi dan berenang. Kegiatan ini sangat mungkin dilakukan. Karena tempat ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Pulau Dodola tidak berpenghuni, jadi disarankan membawa bekal secukupnya.

3. Menikmati panorama alam

Suguhan alam yang begitu memanjakan mata, tentu harus dinikmati. Untuk bisa mendapatkan pemandangan yang lebih luar biasa lagi, Anda harus mengunjungi tempat ini saat air surut. Karena pada saat itulah jalan pasir yang menghubungkan pulau Dodola Kecil dan Dodola Besar akan terlihat dan terlihat jelas.

Selain bisa digunakan untuk menyeberang, jalan pasir ini terlihat begitu indah sehingga sangat cocok untuk diabadikan. Banyak juga wisatawan yang menggunakan tempat ini untuk melakukan foto prewedding yang tentunya bertemakan keindahan alam.

Dengan berjalan di atas jembatan pasir, Anda pasti bisa menciptakan kesan unik dan berbeda pada gambar. Itu sebabnya, jika Anda berada di kawasan wisata ini, ada baiknya jangan lewatkan kesempatan menjelajahi kawasan laut saat surut. Anda benar-benar dapat menikmati keindahan surga utara Maluku.

Pemandangan laut bersih berwarna biru kehijauan berpadu dengan pasir putih cemerlang merupakan kombinasi yang sempurna. Belum lagi pemandangan terumbu karang yang muncul di permukaan saat air surut.

4. Berburu Foto

Untuk kegiatan terakhir ini tentunya sangat tepat untuk Anda lakukan selama berada di pulau tersebut. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan kamera agar bisa melakukan aktivitas hunting foto di waktu senggang. Estetika foto-foto yang bisa didapat tentunya sangat layak diekspos di laman Instagram.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau DodolaKredit gambar: Google Maps Imron Hart

Pulau Dodola merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Oleh karena itu, fasilitas di pulau ini tidak seperti destinasi bahari lainnya.

Namun jangan khawatir, Anda selalu bisa bermalam di hostel yang tersedia di sana. Akomodasi yang ada cukup sederhana, namun dapat menunjang segala aktivitas.

Selain itu, bagi Anda yang ingin bermalam, Anda juga bisa mendirikan tenda. Namun tentunya tenda harus disiapkan terlebih dahulu. Karena persewaan tenda di tempat ini masih belum disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata.

Disinilah nantinya anda bisa melihat keindahan sunset dan juga menikmati malam yang tenang dan sunyi. Anda bisa menikmati berbagai macam pengalaman yang begitu berharga saat bermalam di pulau ini. Pastikan Anda tidak membuang sampah sembarangan, agar keindahan pulau ini tetap terjaga.

Itu tadi ulasan lengkap tentang Pulau Dodola mengenai atraksi, fasilitas, alamat, dan hal-hal lain yang perlu Anda ketahui. Bagi yang mencari tempat liburan yang tenang dengan keindahan alam yang masih alami, pulau ini adalah jawabannya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button