Sasak Pannyawangan Purwakarta, tempat penyembuhan di Gunung Batu - WisataHits
Jawa Tengah

Sasak Pannyawangan Purwakarta, tempat penyembuhan di Gunung Batu

Sasak Pannyawangan Purwakarta merupakan destinasi wisata alam yang menghadap ke Pegunungan Rocky. Wisata ini terletak di antara dua gunung berbatu dan dekat dengan Waduk Jatiluhur yang legendaris. Ada beberapa wahana menarik yang bisa dijelajahi wisatawan di tempat ini. Yang paling terkenal adalah Jembatan Pannyawangan yang panjangnya lebih dari 2 kilometer!

Terletak di daerah pegunungan, wisata ini memiliki udara yang menyegarkan. Tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Banyak yang bilang wisata ini cocok untuk siapa saja yang ingin merenung atau berobat. Menurut Anda apa alasannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tentang Sasak Pannyawangan Purwakarta

Nama Sasak Pannyawangan Purwakarta berasal dari bahasa Sunda. “Sasak” berarti jembatan sedangkan “Panyawangan” berarti perenungan. Nama ini disematkan karena jembatan yang terletak di ketinggian ini menawarkan pemandangan alam yang mengesankan. Membuat setiap orang yang melihatnya seperti ingin menyendiri, menikmati suasana, merenung, menikmati kesendirian dan menyendiri dari hiruk pikuk kota.

Pesona Alam Sasak Pannyawangan Purwakarta

Terletak di antara dua gunung berbatu, objek wisata ini memiliki pesona alam yang memukau. Apalagi panorama Gunung Buckligen dan Gunung Parang yang menjulang tinggi memancarkan aura keagungan. Gunung Bungkuk berbentuk seperti mangkuk terbalik. Sementara itu, Gunung Parang yang berada pada ketinggian 963 meter di atas permukaan laut sering menjadi spot panjat tebing yang populer.

Selain kedua gunung berbatu tersebut, ada panorama gunung lain yang bisa Anda nikmati di Sasak Pannyawangan Purwakarta. Belum lagi panorama Bendungan Jatiluhur yang mempesona, meski tidak dari dekat. Keindahan alam tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai background foto. Hasilnya pasti ciamik sob Djava.

Jembatan Panyawangan

Salah satu tempat penyembuhan terbaik adalah di ketinggian dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang memanjakan mata. Hal-hal tersebut bisa Anda dapatkan dari jembatan bambu yang panjangnya sekitar 2,5 kilometer. Jembatan tersebut bernama “Jembatan Panyawangan” yang berhadapan langsung dengan Waduk Jatiluhur. Jembatan itu juga aman lho, pengelola selalu mengeceknya secara rutin.

Tempat ini juga menjadi spot foto populer bagi wisatawan di Sasak Pannyawangan Purwakarta. Jembatan ini tidak hanya menghadap ke waduk, tetapi juga berada tepat di tengah-tengah Gunung Bungkuk dan Gunung Parang. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang jembatan yang dulu membawa Anda ke dua batu tersebut. Dari jembatan ini Anda bisa menikmati sunrise dan sunset.

Kolam renang dan Flying Fox

Tidak hanya bisa menyembuhkan dengan tracking di sepanjang jembatan, kamu juga bisa mencoba wahana seru. Di bawah ini ada dua kolam renang outdoor tempat Anda bisa berenang sambil menikmati pesona batu karang dari dekat. Ada dua kolam dengan kedalaman yang berbeda, airnya tidak dingin atau panas, tetapi menyegarkan.

Setelah berenang, Anda juga bisa menantang adrenalin dengan mencoba flying fox di ketinggian. Bagi Anda yang suka panjat tebing, cobalah mendaki Gunung Parang Sasak Pannyawangan Purwakarta. Jika Anda tidak cukup terlatih untuk mendaki, Anda bisa menyaksikannya dari area bebatuan sambil berfoto selfie.

Fasilitas Sasak Pannyawangan Purwakarta

Objek wisata ini memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan liburan para wisatawan. Seperti tempat parkir, toilet, mushola, warung makan, spot foto hingga penginapan. Di dekat kolam renang terdapat sebuah penginapan dengan struktur kayu yang sangat estetis. Untuk menginap di sini Anda bisa membayar sekitar 300.000 per malam.

Jam buka dan biaya masuk

Sasak Pannyawangan Purwakarta beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB. Biaya masuknya Rp 10.000 per orang dan biaya parkir Rp 5.000. Sementara itu, bayar lagi Rp 25.000 untuk mencoba Flying Fox. Jam operasional dan HTM dapat berubah sewaktu-waktu, hubungi 08170244434 untuk informasi lebih lanjut.

Lokasi dan akses jalan

Tempat wisata di Purwakarta ini terletak di Desa Sukamulya, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41165. Anda bisa menggunakan Google Maps untuk penunjuk arah. Anda juga bisa bertanya kepada penduduk setempat, mereka dengan senang hati membantu wisatawan.

Salah satu kelemahan dari objek wisata ini adalah akses jalan yang buruk. Jalan menanjak dan tanah longsor sering terjadi. Namun, bagi wisatawan, akses jalan menuju Sasak Pannyawangan Purwakarta akan ditingkatkan. Pastikan saja kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi yang sesuai, ya!

Itulah beberapa informasi tentang tempat wisata Sasak Pannyawangan Purwakarta. Buat sobat Djava yang ingin bersantai sambil kejar-kejaran foto, recommended banget deh tempat ini! (Ris/Djava hari ini)

Source: djavatoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button