Sarmijo, CFD Baru di Kecamatan Karanganyar Kerjo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Sarmijo, CFD Baru di Kecamatan Karanganyar Kerjo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kawasan Jl Kerjokra dijadikan car free day area (CFD) untuk pasar Minggu Sarmijo atau Kerjo. (Google Maps)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ke Hari tanpa kendaraan bermotor (CFD) Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Kerjo juga menggelar kegiatan serupa. CFD di Kabupaten Kerjo mengusung konsep hari libur bermotor dan pemberdayaan masyarakat yang diberi nama Pasar Minggu Kerjo atau Sarmijo.

Rencananya, Sarmijo akan dimainkan besok untuk pertama kalinya pada Minggu (10/9/2022). Areanya berada di Jl. Kerjokra dimulai di kawasan dari SMPN 2 Kerjo hingga Monumen Garuda Kerjo dengan panjang sekitar 500 meter.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Embrio Sarmijo sebenarnya merupakan kegiatan pasar sore yang berlangsung setiap hari di kawasan tersebut. Para pedagang yang tergabung dalam asosiasi kemudian berinisiatif melakukan kegiatan seperti CFD pada Minggu pagi.

Inisiatif tersebut disambut baik oleh Pemkab Kerjo, yang kemudian membentuk forum bernama Sarmijo.

Hariyanto, salah satu panitia Sarmijo, mengatakan pedagang yang akan membuka lapaknya di Sarmijo juga berasal dari warga, meski digagas oleh pedagang pasar sore. Mereka mendapatkan kesempatan yang sama untuk berdagang atau membuka gerai bisnis dengan mendaftar terlebih dahulu.

Baca Juga: Lanjut CFD Colomadu Karangnyar, PKL Akan Dikenakan Retribusi

“Melalui pemerintah desa, kami telah menginformasikan bahwa mungkin siapa pun yang tertarik harus mengisi formulir untuk mendaftar ke panitia di kantor kecamatan,” katanya, Sabtu (10/8/2022).

Sejauh ini sudah ada 125 pedagang dan warga yang akan membuka stand di Sarmijo. “Masih ada yang mau daftar, tapi kita batasi dulu karena pelaksanaannya baru besok. Karena itu kami khawatir distribusi situs akan sulit, ”tambahnya.

Setiap pedagang diberikan lahan pinggir jalan selebar 2 meter yang merupakan area aktivitas. Kecuali itu sebuah acara digambar Warga, olahraga dan niaga, Sarmijo juga dimeriahkan dengan senam sehat, pentas seni, Jalan Busana Kerjo, permainan anak, dll.

Baca juga: Perbaiki! Dealer mengenakan biaya Rp 5.000, parkir motor Rp 2.000 di CFD Colomadu

Kehadiran Sarmijo diharapkan dapat mendongkrak kegiatan ekonomi masyarakat sekitar yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sebelumnya, Bupati Karanganyar Juliyatmono menginginkan adanya kegiatan ekonomi kerakyatan di masing-masing daerah. Bentuk kegiatannya bisa berupa pasar rakyat untuk CFD. “Kami ingin daerah-daerah itu ada pasar Sabtu atau pasar Minggu seperti di Alun-alun Karanganyar. Ini juga akan menggerakkan perekonomian masyarakat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa beberapa kegiatan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Karanganyar yang ada saat ini melibatkan CFD di Jl. Lawu, pasar Sabtu dan pasar Minggu. Yang terbaru adalah CFD Colomadu di Jl Adisucipto mulai tanggal 25 September 2022.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button