15 Tempat Wisata Rawan Bencana di Kabupaten Bandung - WisataHits
Jawa Tengah

15 Tempat Wisata Rawan Bencana di Kabupaten Bandung

TEMPO.CO, bandung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Bandung menghimbau kepada pengelola objek wisata dan pengunjung untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi musim hujan tahun ini. Aktivitas di dekat sungai dan lereng harus diminimalkan karena kemungkinan banjir dan tanah longsor.

“Di daerah kami ada 15 tempat wisata yang rawan bencana,” kata Diki Sudrajat, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung, Jumat, 14 Oktober 2022.

Sebaran tempat wisata rawan bencana berada di kawasan Pangalengan, antara lain Sky Park, Gunung Wayang Windu dan Pemandian Air Panas Cibolang. Di kawasan Cicalengka, seperti Dreamland dan Curug Cinulang, Kawah Rengganis di Rancabali dan Tebing Keraton di Cimenyan.

Kemudian Tempat Wisata Batu Kuda di Cileunyi, Sungai Baros di Arjasari, Wangun Pasirmulya di Banjaran, Gunung Puntang atau Puncak Mega di Cimaung, Sungai Hantap Cisangkuy di Banjaran, Taman Cinta di Soreang dan Kolam Renang Ciruum di Arjasari.

BPBD Kabupaten Bandung mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar lereng atau tebing untuk berhati-hati dan waspada terhadap gerakan tanah atau longsor. Sementara itu, warga sekitar dan mereka yang beraktivitas di sungai diminta berhati-hati saat hujan turun.

“Jika air sungai meluap dan menyebabkan banjir, warga diminta mengungsi ke tempat yang aman sendiri,” kata Diki.

Pada saat hujan atau banjir, masyarakat di luar gedung diminta untuk menghindari pohon besar, papan reklame atau baliho, tiang listrik dan saluran air atau gorong-gorong dan galian karena risiko longsor.

Baca juga: Musim Hujan, KAI Cirebon Petakan 15 Titik Kereta Rawan Bencana

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button