Sangat bagus - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Sangat bagus – Halo Semarang

Halo Semarang – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya XI tersebut. Jambore Nasional (Jamnas) 2022 dengan tema “Melalui kegiatan XI. Di Jamna 2022, kami menciptakan Pramuka yang Bahagia, Terlibat, dan Berprestasi.

Apresiasi ini disampaikan Presiden Jokowi yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Nasional (Ka Mabinas), usai kunjungan Pramuka ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta pada Jumat (19/8/2022).

Dalam sambutannya usai meninjau kegiatan Jambore Pramuka, Presiden mengatakan kegiatan Jamnas tahun ini sangat baik karena calon Pramuka dapat mengikuti berbagai kegiatan.

“Saya menemukan pekerjaan yang sangat beragam. Keterampilan ada, teknologi ada, alam ada, budaya ada. Saya kira sangat bagus,” kata Presiden.

Presiden menjelaskan, kegiatan jambore tahun ini tidak hanya terkait dengan alam, tetapi juga lingkungan dan pengenalan warisan budaya takbenda Indonesia berupa batik kepada calon pramuka.

“Saya melihat berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sampah plastik adalah isu lingkungan, ada juga yang mendaki, diperkenalkan dari daerah yang belum ada tie-dye untuk membuat tie-dye,” lanjutnya.

Selain itu, Presiden juga mengapresiasi pengenalan teknologi digital dalam penggalangan dana melalui zona desa digital dan komputasi awan.

“Saya juga melihat anak-anak dikenalkan dengan teknologi, digitalisasi, cara membuat website, cara bermain e-sports,” tambahnya.

Sebagai informasi: Jamna XI 2022 telah dilaksanakan sejak 14 Agustus lalu, yang juga bertepatan dengan Hari Pramuka ke-61.

Jamnas tahun ini diikuti oleh Pramuka usia 11-15 tahun dari seluruh kabupaten/kota di seluruh tanah air. Selain itu, Jamnas juga dikunjungi peserta dari luar negeri.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso turut mendampingi Presiden dalam kunjungannya tersebut.

Sementara itu, dalam kunjungannya, Jokowi disambut dengan atraksi khusus oleh peserta Jamnas XI 2022 di peloton Buperta Cibubur kali ini.

Sebelum menyambut peserta di lapangan, Presiden berkesempatan berpidato di depan para pimpinan Kwarnas yang terdiri dari Ketua Kwarnas Budi Waseso yang didampingi para pimpinan di tribun utama.

Salwa Najiha, salah satu peserta Jamnas XI asal Kwarcab Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, mengaku senang bisa bertatap muka langsung dengan sosok nomor satu di Indonesia itu.

Agar tidak kehilangan momen, ia langsung memotret Jokowi dengan ponselnya.

“Ini benar-benar momen yang tepat bagi saya untuk naik moto,” kata Salwa sambil memamerkan foto-fotonya dengan bangga.

Setelah itu, Salwa berkumpul dengan peserta lainnya dan mengobrol santai dengan Jokowi.

“Kak Jokowi ramah sekali, saya kasih bintang 5,” ujarnya seperti dimuat situs resmi Jamnas XI, jamnas11.pramuka.or.id.

Berbagai kegiatan digelar pada Jamnas XI, termasuk kesempatan bagi peserta untuk belajar tentang pengolahan madu di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur pada 18 Agustus 2022.

Peserta pertama kali diperkenalkan dengan sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia di ruang pamer diorama.

Anda bisa melihat foto, miniatur dan koleksi yang menggambarkan sejarah pramuka baik di dunia maupun di Indonesia. Anda dapat mengambil gambar dengan beberapa atribut yang disediakan.

Usai melihat diorama, para peserta Jamnas XI melanjutkan pendidikan di bidang ini. Pembicara menjelaskan jenis-jenis lebah, tugas lebah dan pengolahan madu.

Peserta Jamnas XI tidak hanya belajar membuat madu, tetapi juga mencicipi air madu yang terbuat dari madu asli.

Para peserta Jamnas XI melanjutkan perjalanan menuju “Teater Lebah”. Anda akan menerima pendidikan tentang lebah dan madu yang ditampilkan dalam video.

Usai menonton video tersebut, peserta Jamna XI yang dapat menjawab kuis akan mendapatkan hadiah. Harganya bervariasi, tentu salah satunya adalah Madu Pramuka.

“Kegiatannya sangat seru, penjelasan kakak-kakak mudah dipahami. Rasanya belum pernah ke sini, setelah mengikuti kegiatan ini saya ingin berkunjung lagi dan membeli Madu Pramuka,” ujar Azizah, salah satu peserta kontingen Cabang Kediri Jatim.

Selain mendapatkan edukasi, para peserta Jamnas XI diajak mengunjungi toko yang menjual Madu Pramuka.

Mereka sangat antusias melihat berbagai olahan madu yang dijual dan disajikan dalam berbagai ukuran.

Mereka tidak lupa untuk membeli beberapa sebagai oleh-oleh ketika mereka kembali ke daerah nanti. (HS-08)

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button