Sandiaga Uno meminta wisatawan bersiap menyambut wisatawan untuk liburan akhir tahun - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga Uno meminta wisatawan bersiap menyambut wisatawan untuk liburan akhir tahun

TEMPO.CO, jakarta – Dinamika liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru yang akan datang dapat menjadi peluang bagi perusahaan pariwisata di Indonesia untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan domestik. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno agar pengelola pariwisata dapat memanfaatkan peluang tersebut.

Menurut Sandiaga, potensi pergerakan nasional pada libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 sebesar 22,4 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 60,6 juta jiwa. Jumlah ini cukup besar dan perlu ditangkap oleh para pemangku kepentingan pariwisata guna menyiapkan inovasi-inovasi yang dapat menarik wisatawan.

“Kami mengarahkan destinasi wisata populer dan hub industri kreatif mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi karena situasi krisis yang lalu kini telah tergantikan dengan suasana yang berpotensi cuaca ekstrim,” ujar Sandiaga dalam keterangannya pada Kamis, 10 November 2022.

Khusus Jabodetabek, Sandiaga mengatakan potensi pergerakan masyarakat diperkirakan mencapai 12,3 persen atau sekitar 7,5 juta jiwa. Beberapa destinasi yang diharapkan banyak dikunjungi adalah Ancol, Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah. Kawasan Puncak dan sekitarnya Bogor yang selalu menjadi primadona wisatawan setiap akhir pekan diperkirakan juga akan dibanjiri wisatawan liburan di akhir tahun.

Sandiaga juga melihat wisatawan bisa berpindah ke sejumlah destinasi lain. “Tapi kalaupun melihat Bali dan 5 destinasi prioritas serta desa wisatanya juga harus siap menerima kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Menurut Sandiaga, pelaku usaha pariwisata juga harus siap menyambut wisatawan asing yang akan datang saat musim liburan akhir tahun. Misalnya dari Amerika Serikat dan Austria, yang sering menggunakan ayunan akhir tahun untuk liburan. Tak ketinggalan Australia, Singapura, Malaysia, India dan Inggris yang saat ini menjadi negara penyumbang wisman ke Indonesia.

“Kami menghimbau kepada pemerintah daerah dan asosiasi pariwisata untuk mendukung momen Natal dan Tahun Baru sebagai pendorong revitalisasi dan kesiapan destinasi wisata dan sentra industri kreatif serta institusi pendukungnya. Dengan itu, diharapkan dapat menjadikan pariwisata aman, nyaman, dan menyenangkan,” kata Sandiaga.

Baca juga: Libur akhir tahun, 5 tempat wisata ini bisa jadi pilihan

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button