Sandiaga Uno akan meningkatkan pariwisata di kawasan Pansela: banyak destinasi potensial - WisataHits
Jawa Barat

Sandiaga Uno akan meningkatkan pariwisata di kawasan Pansela: banyak destinasi potensial

Sandiaga Uno akan meningkatkan pariwisata di kawasan Pansela: banyak destinasi potensial

Laporan wartawan Tribunnews.com Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan mendorong pengembangan destinasi wisata di kawasan Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Menurutnya, destinasi wisata di kawasan Pansela memiliki potensi wisata yang tinggi.

Namun, kata dia, pengembangan pariwisata masih banyak dilakukan di jalur utara Jawa.

Berbagai bentuk dukungan dan upaya yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan daya tarik wisata di kawasan Pansela dilakukan melalui fasilitasi dan dukungan dalam pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik pariwisata.

“Ada lansekap dan pendopo di pantai Jatimalang Kabupaten Purworejo, dilaksanakan DAC fisik pariwisata tahun 2022,” kata Sandiaga di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Menteri Bahlil Berharap Investor Timur Tengah Bangun Kawasan Wisata Halal di Aceh

Sedangkan pada tahun 2023, Tempat Wisata (DTW) di Pansela serta pengembangan atraksi dan amenitas akan difasilitasi oleh DAK Fisik Wisata Pantai Jatimalang, Kab.Purworejo, Pantai Klotok, Kab.Wonogiri, Pantai Glagah, Kab.Kulon Progo dan Pancer Door Beach Cab. Pacitan.

Ke depan, kata dia, Kemenparekraf akan berkoordinasi dengan OPD bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang memiliki potensi wisata di pesisir selatan Jawa.

“Kami akan bersama-sama mendukung pengembangan atraksi wisata di daerah, seperti pengembangan wisata storynomic dan penyusunan paket perjalanan,” kata Sandiaga.

Selain itu, pihaknya akan meningkatkan kerjasama dan kerjasama antar kementerian dan lembaga untuk meningkatkan kebersihan, keamanan dan kenyamanan guna mendorong minat dan kepercayaan masyarakat untuk berwisata ke kawasan Pansela.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong pemerintah daerah (Pemda) mengembangkan destinasi wisata pantai agar bisa merevitalisasi Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Selain pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan juga menggerakkan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengatakan, pesisir selatan Provinsi Jawa Barat dari Pelabuhan Ratu (Sukabumi) hingga Pangandaran memiliki 13 pantai indah yang berpotensi untuk dikembangkan.

“Kami akan mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada agar masyarakat tertarik melalui jalur ini,” kata Hendro di Karangcut Ocean View, Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (20/1). /2023).

Baca Juga: Bertemu DPD RI, Wakil Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Sampaikan Program Strategis dan Target Valas Pariwisata 2023

Menurutnya, jika jalur Jabar-Pansela banyak digunakan, otomatis akan membangkitkan minat investasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Karena pantai-pantai di jalur pantai selatan memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya,” kata Hendro.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button