Kolam Cisanggarung yang akan menjadi alternatif wisata di Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Kolam Cisanggarung yang akan menjadi alternatif wisata di Bandung

bandung

Kolam retensi Cisanggarung telah beroperasi. Pemkot Bandung meyakini kolam retensi ini bisa menjadi alternatif kawasan objek wisata. Pemkot berencana mengembangkan kolam retensi sebagai obyek wisata.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pihaknya akan menghijaukan kawasan Waduk Rutan Cisanggarung. “Kami akan menanam pohon yang tahan terhadap potensi tanah longsor. Apapun pohonnya,” kata Ema detikJabarSelasa (20/12/2022).

“Ini juga bisa menjadi potensi wisata, dengan suasana dan kondisi alam yang menurut saya luar biasa untuk sebuah kota,” tambah Ema.

Selama pembangunan Rumah Tahanan Cisanggarung, pemerintah kota menggunakan akses jalan orang lain. Ema juga mengaku sedang mempertimbangkan akses jalan yang layak ke depannya. Dia telah menugaskan manajer distrik dan Dinas Sumber Daya Air dan Jalan Raya (DSDABM) untuk melakukan pembebasan lahan.

“Ternyata ada lahan yang bisa digunakan, proses pembebasannya tentu mengikuti aturan yang ada. Lalu ada lahan milik pengembang untuk digarap. Lalu ada seribu meter milik orang lain yang harus dilepas sesuai harga, pemkot punya opsi, ini berlaku untuk akses jalan dan jembatan,” kata Ema.

Ema pun mendorong DSDABM untuk menginvestigasi parkir yang benar bagi pengunjung ke depannya. “Tapi tidak untuk tahun ini. Jadi ini bisa jadi tempat yang cozy, tempat wisata,” kata Ema.

Ema menambahkan, proses pengerjaan waduk saat ini lebih difokuskan pada fasilitas penunjang seperti ruang hijau, jalan dan lain-lain. Selain itu, pihaknya juga akan menerjunkan penjaga pintu air di kolam retensi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Jalan Raya (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, fokus pekerjaan saat ini lebih pada penyelesaian pembangunan Arigate. Empat pintu air dipasang di kolam retensi ini.

“Itu saja, hanya pintu air,” katanya.

Simak video “29 mahasiswa yang rusuh saat demonstrasi anti hukum di Bandung dipulangkan”.
[Gambas:Video 20detik]
(selatan/arah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button