Rute Menuju Kawah Ijen dari Surabaya, Wisatawan Wajib Tahu - WisataHits
Jawa Timur

Rute Menuju Kawah Ijen dari Surabaya, Wisatawan Wajib Tahu

Rute ke Kawah Ijen dari Surabaya. Pixabay.com Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sering dikunjungi wisatawan. Tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat indah yang tidak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing. Bagi anda yang masih bingung dengan rute dari Surabaya, berikut adalah gambaran rute menuju Kawah Ijen dari Surabaya yang bisa menjadi referensi sebelum anda memutuskan untuk kesana.

Sekilas Kawah Ijen

Dikutip dari artikel Pengembangan kawasan Kawah Ijen sebagai destinasi wisata di Kabupaten Banywangi, penciptaan Bintang Madfuri, (2013:44). Kawah Ijen, destinasi wisata di kawasan Banyuwangi, cocok bagi Anda yang menyukai wisata petualangan dan wisatawan yang memiliki kecintaan yang besar terhadap alam.

Kawah Ijen selalu dalam pengawasan Badan Vulkanologi, yang akan terus memantau situasi di sana. Saat kondisi Kawah Ijen tidak dapat diakses, Badan Vulkanologi segera memberi tahu wisatawan untuk tidak mendaki Gunung Ijen, sehingga wisatawan yang sudah datang terkadang kecewa karena larangan tersebut.

Rute ke Kawah Ijen dari Surabaya

Inilah rute menuju Kawah Ijen dari Surabaya yang perlu diketahui wisatawan agar tidak tersesat.

Bagi yang menggunakan bus, naik di Terminal Purabaya Surabaya, lalu turun di Terminal Banyuwangi yang biasanya 7 sampai 8 jam perjalanan, lalu naik ojek ke penginapan. Dari penginapan sekitar Banyuwangi ke Ijen, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih. Dan Anda harus tahu bahwa tidak ada angkutan umum ke Ijen dari Banyuwangi pada malam hari.

2. Dengan kereta api

Bagi Anda yang ingin menggunakan kereta api, turunlah di stasiun Karang Asem Banyuwangi. Alasan anda turun di Stasiun Karangasem karena anda bisa menemukan penginapan/homestay dan rental motor murah dan nyaman tepat di depan Stasiun Karangasem. Dan yang lebih istimewanya adalah perusahaan rental motor disana tidak menggunakan jaminan seperti perusahaan rental motor lainnya.

3. Penggunaan mobil pribadi/sewa

Anda yang menggunakan mobil sewaan memang lebih fleksibel dan bisa kami atur waktunya. Dari Surabaya Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju kota Probolinggo – Bondowoso. Dari Bondowoso Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Gunung Ijen. Setelah sampai di Gunung Ijen, Anda dapat beristirahat terlebih dahulu di homestay/hotel di Ijen.

Setelah itu, Anda bisa langsung mendaki Gunung Ijen pada dini hari untuk menuju Kawah Ijen. Jangan khawatir karena Anda akan ditemani oleh wisatawan lokal dan asing dan banyak penambang belerang juga akan menemani perjalanan Anda.

Inilah rute menuju Kawah Ijen dari Surabaya yang perlu diketahui wisatawan agar tidak tersesat. Selamat mendaki. (SEN)

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button