Bengkel Kebun Binatang Yogyakarta 89 Tahun, gagasan Sultan HB VIII awalnya bernama Kebun Rojo - WisataHits
Yogyakarta

Bengkel Kebun Binatang Yogyakarta 89 Tahun, gagasan Sultan HB VIII awalnya bernama Kebun Rojo

Bengkel Kebun Binatang Yogyakarta 89 Tahun, gagasan Sultan HB VIII awalnya bernama Kebun Rojo

TEMPO.CO, jakarta – Destinasi wisata Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta menawarkan pengalaman wisata di kebun binatang yang menampung berbagai macam satwa dari berbagai spesies seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau dan lain-lain. Kebun Binatang Gembira Loka tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam dan satwa yang menarik, tetapi juga wahana permainan dan berbagai hiburan lainnya.

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di antara Kebun Raya dan Jalan Veteran. Kebun Binatang Gembira Loka memiliki sejarah panjang berdirinya. Berawal dari happylokazoo.com, pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka muncul dari ide Sri Sultan HB VIII pada tahun 1933 tentang sebuah tempat hiburan bernama Kebun Rojo.

Perwujudan ide taman hiburan diwujudkan pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan Ir Karsten, seorang arsitek Belanda. Sebelah barat Sungai Winong dipilih sebagai lokasi pembangunan. Bukan tanpa alasan, karena menurutnya tempat tersebut paling cocok untuk pengembangan Kebun Rojo. Namun pembangunan Kebun Rojo sempat terhenti karena efek Perang Dunia II.

Pada tahun 1949, setelah berakhirnya Perang Dunia II, bersamaan dengan momentum pemindahan ibu kota ke Yogyakarta, muncullah gagasan untuk memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat Yogyakarta. Cinderamata yang dimaksud adalah tempat hiburan pemerintah pusat yang dikembangkan oleh Januismadi dan Hadi. Ide ini juga mendapat sambutan positif dari masyarakat, namun proses implementasinya belum juga terjadi.

Pada tahun 1953, dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta (sesuai akta notaris no. 11 oleh RM. Wiranto tertanggal 10 September 1953), pembangunan Taman Rojo yang tertunda benar-benar dapat terwujud. Ketua yayasan ini adalah Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII.

Pada tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Di bawah tangan Tirtowinoto, Kebun Binatang Gembira Loka mengalami kemajuan, baik dari segi ide maupun materi. Kebun Binatang Gembira Loka mengalami masa kejayaannya pada tahun 1978 karena koleksi satwanya sendiri semakin lengkap.

NAOMY A.NUGRAHENI

Baca juga: Happy Loka Zoo Yogyakarta: Mulai 2023 Tiket Masuk, Jam Buka, Tutuo dan Aneka Wahana Lainnya

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button