Ribuan bibit pohon bakau dan anakan telah dilepasliarkan di bibir Pantai Serang, Blitar - WisataHits
Jawa Timur

Ribuan bibit pohon bakau dan anakan telah dilepasliarkan di bibir Pantai Serang, Blitar

Blitar, Jurnal Jawa Timur – Puluhan ribu bibit pohon bakau dan ratusan bayi penyu atau biasa disebut tukik telah dilepas polisi di pesisir Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Penanaman bibit mangrove sekaligus pelepasan bibit mangrove di pesisir Serang sebagai bentuk kepedulian Korps Bhayangkara Polres Blitar terhadap lingkungan.

Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom pada AKP Kasatlanta Kadek Aditya Yasa Putra mengatakan, hal itu sebagai bentuk kepedulian kepolisian, khususnya Polres Blitar terhadap lingkungan.

“Penanaman mangrove untuk mengantisipasi abrasi pantai, sementara juvenilnya kita lepas untuk melestarikan sumber daya laut dan ekosistem laut,” kata AKP Kadek Aditya, Minggu (18/9/2022).

Kepedulian terhadap lingkungan yang dilakukan Polres Blitar yang diwakili oleh jajaran Satlantas juga bertepatan dengan HUT ke-67 satuan transportasi tersebut.

“Ya, kegiatan ini dilakukan oleh seluruh anggota Satlantas Polres Blitar bertepatan dengan HUT Satlantas ke-67,” ujarnya.

Dikatakannya, sebelumnya pegawai Satlantas melakukan safety drive ke Pantai Serang.

Setibanya di lokasi, polisi kemudian menanam 10.250 bibit pohon bakau di pesisir pantai yang merupakan cagar alam.

“Untuk tukik yang dilepasliarkan hingga 500 ekor jenis Lekang (Lepidochelys olivacea), yang bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Dijelaskannya, hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan salinitas tinggi.

Kadek Aditya juga menyampaikan bahwa hutan mangrove sangat bermanfaat bagi lingkungan, antara lain mencegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai.

Selain itu, juga menjadi habitat dan sumber makanan bagi berbagai fauna dan biota laut untuk menguraikan sampah dan menjaga stabilitas topografi pantai.

Kabupaten Blitar memiliki pantai-pantai yang menjadi tujuan wisata, termasuk Pantai Serang.

“Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pantai dan fauna, maka kami melakukan kegiatan positif ini. Juga demi kebaikan anak cucu kita kelak,” pungkasnya.(Vor)

Dapatkan berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow journaljatim.com di Instagram dan Google News kicauan Jurnaljatim.com

Source: jurnaljatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button