Kiai Miftach: R20 Ajak Pemimpin Agama Dunia Hormati Moralitas - WisataHits
Jawa Timur

Kiai Miftach: R20 Ajak Pemimpin Agama Dunia Hormati Moralitas

Forum R20 mengajak Anda untuk menjunjung tinggi moral dan budi pekerti.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG – Pengurus Besar Rais Aam Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Miftachul Akhyar menegaskan Forum Keagamaan G20 atau Religi Dua Puluh (R20) mengajak para pemuka agama dunia, akhlak dan budi pekerti untuk menjaga kehidupan.

“Forum R20 mengajak untuk menjunjung tinggi moralitas dan tata krama, hasil dari keseriusan masyarakat kita dan mencari solusi berdasarkan langkah-langkah keagamaan dan kemanusiaan atas berbagai permasalahan global yang melanda dunia,” kata Kiai Miftach dalam sambutannya pada Opening Ceremony R20 di Grand Hyatt , Kawasan Wisata Nusa Dua Bali, Kabupaten Badung, Rabu (11/2/2022).

Menurut Kiai Miftach, PBNU dan Liga Muslim Dunia, sebagai penyelenggara Forum R20, juga berambisi tinggi agar para peserta sebagai pemuka agama global dapat mewujudkan nilai-nilai agama sebagai solusi atas permasalahan yang melanda dunia.

“Kalian (NU dan MWL) sangat berharap kalian semua sebagai pemuka agama global, menghadirkan kebangkitan agama sebagai solusi global untuk akselerasi global,” ujar pengurus Pondok Pesantren Miftachussunnah, Surabaya, Jawa Timur.

Forum R20, kata Kiai Miftach, juga mengusung nilai-nilai luhur agama sebagai landasan membangun peradaban global baru, yang didasarkan pada penghormatan terhadap kesetaraan dan martabat dengan yang lain, meski berbeda.

Artinya, katanya, peradaban mulia praktik keagamaan mendorong pemiliknya dan orang-orang di sekitarnya untuk berkembang. Hal ini mengacu pada contoh-contoh yang terdapat dalam kitab-kitab suci agama-agama sebagai solusi atas berbagai krisis manusia modern akibat menguatnya egoisme.

Tak lupa, dalam sambutannya, Kiai Miftach juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemuka agama yang telah bersedia berpartisipasi dalam forum R20 ini untuk bersama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

“Terima kasih sudah datang. Terima kasih atas kesediaan Anda untuk hadir dan berkontribusi dalam forum internasional ini,” ujar Kiai Miftach.

Ia juga mengucapkan selamat datang di Bali, Indonesia, negara besar yang terdiri dari ratusan tas, ratusan bahasa dan kehidupan yang damai. “Mereka hidup damai dalam keragaman,” katanya.

Perlu diketahui, Forum PBNU R20 digelar bersama Liga Muslim Dunia (MWL) pada 2-3 November 2022. Telah dipastikan 464 peserta dari 32 negara menghadiri acara R20. Forum tersebut menghadirkan 40 pembicara dari lima benua.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button