Waspada tim jet ski, basarnas antisipasi korban laut • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Waspada tim jet ski, basarnas antisipasi korban laut • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Kantor Basarnas Jogjakarta telah menyiagakan jet ski di kawasan pantai Jogjakarta. Hal itu untuk mengantisipasi korban jiwa laut selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023, terutama wisatawan yang terseret arus laut.

Pengawasan difokuskan di kawasan Pantai Gunungkidul. Pertimbangannya adalah kontur pantai yang tidak mudah untuk proses evakuasi. Meski demikian, mereka tetap berpindah ke Bantul dan Kulonprogo.

“Akan ada siaga di Pantai Gunungkidul dan titik pesisir lainnya mulai 30 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023,” kata Kamal Riswandi, Kepala Basarnas Jogjakarta, dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12).

Selain konturnya yang rumit, kawasan pantai Gunungkidul juga diperkirakan akan ramai dikunjungi. Menjadi salah satu tujuan paling populer bagi para beach goers. Terutama bagi wisatawan dari luar Jogjakarta.

Itu terlihat menyenangkan bagi wisatawan. Faktanya kawasan pantai juga memiliki sisi yang berbahaya. Yang terpenting adalah ancaman gelombang besar dari pantai selatan.

“Tim jet ski ini akan bekerja sama dengan Satlinmas SAR setempat untuk melindungi wisatawan,” ujarnya.

Menyadarkan tim jet ski adalah bagian dari Operasi Siaga SAR Khusus Nataru. Basarnas Jogjakarta juga menyiagakan tim patroli darat. Para penjaga dilengkapi dengan kendaraan penyelamat.

Selain itu juga ada patroli otomatis di kawasan Pantai Congot Kulonprogo. Tim ini bersiaga untuk wilayah pesisir wilayah Kulonprogo. Kemudian patroli pantai menyusuri pesisir Kabupaten Bantul dari timur ke barat.

“Setiap mobil dilengkapi dengan alat hisap, tas medis, peralatan perakitan atau evakuasi lapangan vertikal. Untuk mempercepat evakuasi korban dan tindakan pertolongan pertama,” ujarnya (dwi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button