Rekomendasi museum di Kabupaten Tuban, berikut harga tiket dan jam bukanya - WisataHits
Jawa Timur

Rekomendasi museum di Kabupaten Tuban, berikut harga tiket dan jam bukanya

KLIKTIMES.COM | JAKARTA– Di bawah ini adalah rekomendasi museum yang ada di wilayah Kabupaten Tuban. Informasi termasuk alamat, tiket, jam buka, koleksi.

Kata Kambang Putih berasal dari prasasti Raja Sri Mapanji Garasakan dan merujuk pada sebuah daerah yang sekarang menjadi Kabupaten Tuban. Oleh karena itu, Museum Kambang Putih menyimpan sejarah daerah Tuban dari masa ke masa.

Museum umum ini awalnya terletak di kompleks Pendopo Krido Manunggal yang diresmikan pada tanggal 25 Agustus 1984 oleh Gubernur Daerah Jawa Timur Tingkat 1 Bapak Wahono. Selain itu, lokasi museum pun digeser ke lokasi yang lebih strategis, yakni di sisi barat alun-alun dan dekat dengan jalur ziarah Sunan Bonang.

Situs museum yang baru kemudian diresmikan pada tanggal 15 Januari 1996 oleh Gubernur Jawa Timur, Bapak Basofi Sudirman. Gedung museum ini dulunya digunakan sebagai kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Pada zaman kolonial bangunan ini dikenal sebagai ballroom atau ballroom yang diperuntukkan sebagai tempat hiburan India.

Museum Kambang Putih merupakan satu-satunya tempat wisata di Tuban yang berbentuk museum. Museum Kambang Putih hanya memiliki 1 lantai dengan luas sekitar 150 m2. Namun hingga Agustus 2021, koleksinya sudah mencapai 5.774 buah.

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Hidden Gems di Tuban, Indah dan Tersembunyi

Jenis koleksi yang dipamerkan di museum ini adalah arca, nekara, arca, tombak, jangkar, kain, kalpataru, dll. Koleksi andalannya setinggi 9,5 cm, berat 80 gram, patung keramik dengan glasir kebiruan (qingbai) dari abad ke-14. , berasal dari Jingdezhen, Provinsi Jiangxi.

Museum Kambang Putih juga menyimpan koleksi sejarah band legendaris Indonesia asal Tuban yaitu Koes Plus Bersaudara dalam bentuk kaset dan foto.

Saat ini, kepemilikan museum menjadi tanggung jawab Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Purbakala.

Alamat Museum Kambang Putih
Jl. Kartini 3, Desa Kutorejo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
Jarak ke museum: dari Terminal Bus Tuban 7,9 km, dari Alun-Alun Tuban 1,2 km
Jam berkunjung: Minggu-Kamis 07.00-14.00, Jumat 07.00-11.00, Sabtu 07.00-12.00 WIB.
Hari Libur Nasional: Tutup
Biaya masuk: Gratis

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button