Kereta Blambangan Ekspres diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Banyuwangi - WisataHits
Jawa Timur

Kereta Blambangan Ekspres diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Banyuwangi

TEMPO.CO, jakarta – KA Blambangan Ekspres resmi diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI untuk melayani rute Ketapang-Semarang Tawang. Kehadiran kereta api terbaru ini diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

“KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta penghubung baru untuk memudahkan konektivitas masyarakat dari arah Ketapang menuju Surabaya hingga Semarang dan sebaliknya,” kata Jember Broer Rizal, Wakil Presiden Daerah Operasi 9 KAI dalam keterangannya.

KA Blambangan Ekspres menghubungkan Semarang dan Banyuwangi yang sebelumnya tidak memiliki layanan KA langsung. Selama ini KA yang berangkat dari Banyuwangi menuju luar Jawa Timur adalah KA Mutiara Timur dan KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta dan KA Wijayakusuma jurusan Banyuwangi-Cilacap. Semuanya melalui Stasiun Gubeng Surabaya dan langsung menuju Mojokerto dan kawasan di jalur selatan.

Kereta api ini juga menjadi sarana transportasi alternatif bagi masyarakat yang melakukan perjalanan di daerah tersebut. “Kereta Blambangan Ekspres juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata Kabupaten Banyuwangi dan daerah lain yang dilaluinya,” kata Broer.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Banyuwangi bisa menggunakan kereta api Blambangan Ekspres. Misalnya mengunjungi Kawah Ijen, Pantai Boom, Perkantoran Benculuk, Alas Purwo, Taman Nasional Baluran dan lain-lain.

Rute kereta Blambangan Ekspres

KA Blambangan Ekspres terdiri dari 4 KA eksekutif dan 3 KA ekonomi dengan total 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan. Dari pintu keluar Semarang Tawang, kereta berhenti di stasiun Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota dan Ketapang. Arah sebaliknya juga berhenti di stasiun yang sama.

KA Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pada pukul 19:30 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 05:44 WIB. Saat berangkat dari Stasiun Kereta Api Semarang Tawang pada pukul 18:05 WIB dan tiba di Stasiun Kereta Api Ketapang pada pukul 04:40 WIB.

Sejak diluncurkan pada 2 Desember lalu, KA Blambangan Ekspres memberikan promo tiket hingga 18 Desember. Harga tiket promo untuk Kelas Eksekutif Rp 250.000 dan Kelas Ekonomi Rp 150.000. Pelanggan dapat membeli tiket promo ini melalui KAI Access, website kai.id dan seluruh channel penjualan tiket resmi KAI lainnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berharap kehadiran KA Blambangan Ekspres dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi baik untuk perdagangan maupun wisatawan. “Kereta ini tidak hanya mengangkut orang, tapi juga barang. Jadi kami berharap ini bisa menggerakkan ekonomi di Banyuwangi. Mulai dari kunjungan wisata hingga berdagang,” ujarnya.

Baca juga: Panduan pemesanan tiket kereta api untuk natal dan tahun baru

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan cerita unggulan di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button