Gus Halim: Desa wisata dan BUMDes perlu meningkatkan kesejahteraan warga - WisataHits
Jawa Timur

Gus Halim: Desa wisata dan BUMDes perlu meningkatkan kesejahteraan warga

Metro, Suara.com- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menedes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan keberadaan desa wisata dan BUM Desa harus memajukan masyarakat sekitar.

Menteri yang biasa disapa Gus Halim itu mencontohkan Desa Wisata Watulakar di Desa Sumberharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur mulai dari pembangunan hingga pengelolaan hingga penjualan barang dari warga desa setempat.

“Kami bangga dan mengajak semua orang untuk mengikuti apa yang telah dilakukan di Kabupaten Pacitan,” kata Gus Halim saat peresmian Desa Wisata Watulakar di Pacitan, Minggu (16/10/2022).

Ia juga mengingatkan prinsip membangun desa wisata, yang seharusnya bertujuan untuk melestarikan alam atau menata alam. Dengan memperlakukan alam dengan baik, alam itu sendiri akan menjadi indah dan penuh wisatawan.

Baca Juga: Buka Kompas Fair 2022, Gus Halim Promosikan Desa Wisata

Gus Halim juga mengapresiasi pemerintah Desa Sumberjarjo yang berhasil mengelola mata air, merawat dan menambah pepohonan yang membuat air menjadi lebih jernih, kemudian mengarahkan aliran air ke kolam renang sebelum dibuang ke sungai sebagaimana dimaksud.

“Artinya memanfaatkan alam. Kalau begitu tempatnya akan bagus, lebih banyak kios akan buka dan seterusnya. Orang-orang dari komunitas datang ke sini,” tambah Gus Halim.

FYI: Watulakar adalah desa wisata yang dikembangkan oleh Desa Sumberharjo sebagai situs sejarah dan wisata religi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button