Rekomendasi 5 minuman segar khas Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Rekomendasi 5 minuman segar khas Jawa Barat

LANGIT7.ID, Jakarta – Jawa Barat memang terkenal dengan berbagai macam destinasi wisata alam yang memukau, namun Anda juga akan menemukan berbagai kuliner tradisional yang khas di daerah ini. Selain makanan, Jawa Barat juga menawarkan pilihan minuman tradisional yang unik dan menyegarkan.

Saat Anda berkunjung ke provinsi ini, Anda bisa mencicipi berbagai minuman segar unik yang mungkin jarang Anda temukan di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Selain jajanan seperti Seblak, Cilok, Cireng dan lainnya, Jawa Barat juga dikenal dengan aneka minuman yang tak kalah menarik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima minuman khas dan menyegarkan asal Jawa Barat:

Baca juga: 5 oleh-oleh khas Solo, mulai dari makanan hingga pakaian

1. Es Oyen

Es Oyen merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat yang konon sudah ada sejak tahun 1954. Es krim ini terbuat dari campuran buah-buahan yang berbeda antara lain alpukat, kelapa muda, jagung manis, henna cina, susu kental manis dan serutan es.

Perpaduan susu kental manis ini memberikan rasa manis, nikmat dan menyegarkan pada Es Oyen. Sobat Surga7 bisa menemukan es krim ini di pinggir jalan khususnya di daerah Jawa Barat, rasa dingin dari tambahan es krim bisa menyegarkan tenggorokan, sehingga cocok disantap di bawah terik matahari.

2. Jeli Rumput Es

Ice Grass Jelly juga merupakan minuman khas Jawa Barat yang wajib anda coba karena minuman ini tidak hanya segar tetapi juga menyehatkan. Karena cincau sendiri dianggap pencernaan dan biasanya dikonsumsi dengan campuran es krim.

3. Es Goyobod

Es krim Goyobod merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat yang dikenal dengan minuman ringan, saat Sahabat Langit7 berkunjung ke daerah Jawa Barat, minuman es jenis ini dapat dengan mudah ditemui. Es krim goyobod sering dijajakan oleh pedagang kaki lima pinggir jalan.

Satu batch es krim goyobod disajikan dalam mangkuk berisi hunkwe dengan tekstur kenyal dan rasa manis dan gurih. Es krim kemudian dicampur dengan santan, gula pasir, kelapa muda dan potongan buah alpukat, kolang-kaling dan singkong untuk menambah kesegaran.

4. Es Cendol

Es Cendol merupakan salah satu sajian es krim yang banyak digemari masyarakat karena Es Cendol sendiri terbuat dari olahan cendol yang lembut dan kenyal. Es cendol berkuah santan dan gula merah sebagai pemanis, lalu jangan lupa tambahkan es untuk menambah sensasi dingin yang menyegarkan.

Es krim cendol juga sering ditambahkan potongan nangka dan durian. Minuman ini cocok di siang hari, apalagi saat matahari sedang terik.

5. Es Doger

Es Doger merupakan minuman khas Jawa Barat yang sering disajikan dalam gelas plastik Minuman segar ini banyak dikonsumsi di daerah Jawa Barat dan menjadi minuman favorit masyarakat hingga saat ini. Es Doger terbuat dari campuran es serut yang kemudian diberi topping pita singkong dan ketan hitam.

Es Doger berwarna merah jambu dengan rasa asam manis, sehingga minuman ini begitu menyegarkan saat dikonsumsi, apalagi di siang hari saat matahari sedang terik.

Baca juga: Tafsir Al-Hujarat ayat 13, surat yang dibacakan saat pembukaan Piala Dunia 2022

(jd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button