9 rekomendasi minuman khas Semarang yang wajib kamu coba - WisataHits
Jawa Tengah

9 rekomendasi minuman khas Semarang yang wajib kamu coba

Semarang merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik. Kota ini masih penuh dengan adat dan warisan budaya. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan wisata kulinernya, dengan makanan dan minuman khas Semarang yang lezat.

Untuk makanannya sendiri, Kota Semarang terkenal dengan berbagai masakan terkenal seperti Tahu Gimbal, Babat Gongso, Sego Koyor dan Tahu Pong. Namun, kota ini terkenal tidak hanya karena makanannya tetapi juga minumannya.

Di bawah ini adalah beberapa minuman khas semarang yang wajib Anda coba saat berkunjung ke daerah berjuluk “Kota Atlas”.

1. Es Puter Cogklik

Minuman khas Semarang yang legendaris ini cocok untuk diminum di udara panas. Istilah Conglik merupakan istilah yang berasal dari kata Kacong yang berarti utusan dan cilik berarti kecil.

Istilah tersebut terkait dengan, pada zaman dahulu, mesin es Puter Conglik sering bertugas untuk mengantarkan barang. Terakhir, istilah tersebut disematkan pada nama Es Puter Conglik.

Varian rasa yang tersedia adalah durian, alpukat, coklat dan baby coconut. Es Puter Conglik juga terkadang disajikan dengan irisan roti, kelapa muda, henna cina dan buah siwalan. Rasanya yang manis dan segar membuatnya wajib dicoba.

2. Kong Yang

Cong Yang adalah minuman khas Semarang yang legendaris. Minuman ini sudah dikenal sejak tahun 1980-an dan dibuat oleh seorang pembuat bir berdarah Cina.

Minuman khas Semarang ini terbuat dari fermentasi beras putih dan gula. Minuman ini merupakan hasil akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa.

Pada dasarnya, minuman ini adalah ramuan kesehatan. Cong Yang adalah evolusi dari minuman beralkohol yang populer di tahun 1960-an. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi cong yang secara berlebihan.

3. Wedang kacang

Wedang Kacang adalah minuman khas Semarang yang hangat dan menenangkan. Minuman ini cocok dikonsumsi saat udara dingin menerpa.

Bahan utama minuman ini adalah kacang rebus. Setelah itu, kacang akan melunak saat diminum dengan air perasan kacang yang sudah dimasak.

Tidak hanya itu, wedang kacang ini juga dibumbui dengan bumbu-bumbu lezat yang rasanya manis dan segar. Umumnya minuman ini disajikan dalam mangkuk kecil.

4. Es Cao

Es Cao merupakan minuman khas Semarang yang merupakan akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa. Minuman segar dengan bahan dasar cao atau cincau ini sering disajikan dengan buah-buahan lain sebagai pelengkap.

Es Cao hadir dengan es serut dan saus segar yang terbuat dari jus jeruk dan sirup. Es Cao rasanya manis dan sedikit asam. Es Cao cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

5. Es marem

Es Marem adalah nama yang berasal dari bahasa Jawa “Marem”. Istilah “Marem” berarti “puas”. Mengkonsumsi minuman ini, kami berharap konsumen akan puas karena kelezatan es krim ini.

Es Marem tersedia dalam berbagai campuran yaitu Cendol, Cincau, Kodok, Kelapa, Kacang Tanah, Tape Kering dan Leci. Sirup ditambahkan ke seluruh campuran, membuatnya menyegarkan.

6. Pancake Es Krim

Penamaan Ice Pankuk berasal dari istilah bahasa Inggris pancake. Pancake adalah telur dadar yang terbuat dari telur dan tepung. Istilah bahasa asing ini juga menjadi istilah umum untuk Ice Pankuk.

Es Pankuk adalah minuman khas Semarang yang legendaris. Es krim pancake sudah dikenal sejak tahun 1950-an. Bentuk dan cara penyajian es krim pancake ini dari dulu hingga sekarang masih sama, meski dibuat dengan alat-alat modern.

Es Pankuk biasanya disajikan dengan es krim dan roti tawar dengan irisan tipis pancake. Jika Anda penasaran untuk memadukan es krim dengan pancake, maka minuman ini wajib Anda coba.

7. Tahu Wedang

Wedang Tahu adalah minuman khas semarang yang terbuat dari tahu. Minuman ini disajikan dengan kuah jahe yang hangat dan nikmat. Tahu yang digunakan terbuat dari sari kedelai rebus. Kedelai dimasak selama kurang lebih 4 jam hingga menjadi tahu.

Sejarah minuman ini dimulai pada abad ke-19 ketika pendatang dari China datang ke Semarang, sejak saat itu minuman ini selalu dikonsumsi dan menurun. Sekilas, Wedang Tahu terlihat seperti bubur sumsum. Bedanya, aroma jahe dan rempah yang hangat dan menenangkan menambah kenikmatan minuman ini.

8. Degan

Degan adalah minuman khas Semarang yang merupakan nama lain dari es krim kelapa muda. Es krim terkadang menggunakan pita ketan sehingga rasa manis dan asamnya memberikan kesegaran yang unik.

9. Jamu Jun

Minuman khas Semarang selanjutnya yang memiliki cita rasa khas adalah Jamu Jun. Berbeda dengan jamu pada umumnya, Jamu Jun menghadirkan rasa yang manis dan nikmat.

Jamu Jun adalah minuman khas Semarang yang memadukan bumbu dan gula merah. Gula meminimalkan rasa pahit dan membuatnya lezat.

Jamu Jun terdiri dari beberapa bahan yang membuatnya agak kental. Bahan-bahannya adalah tepung ketan, santan dan tepung beras. Biasanya ada bola-bola kecil berwarna coklat. Bola-bola tersebut terbuat dari parutan kelapa, jahe dan gula merah.

Source: katadata.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button