Disparbud Jabar mendorong daerah untuk mengoptimalkan pariwisata dari potensi alam dan budaya - WisataHits
Jawa Barat

Disparbud Jabar mendorong daerah untuk mengoptimalkan pariwisata dari potensi alam dan budaya

Bisnis.com, BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat mengimbau kabupaten/kota untuk memaksimalkan potensi alam dan budaya yang ada di daerahnya masing-masing. Pemanfaatan potensi pariwisata yang baik seharusnya mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan, selain merealisasikan potensi tersebut terdapat beberapa permasalahan dan kendala, dan pihaknya mendesak pemerintah/kota untuk melakukan kajian teknis terhadap setiap potensi wisata yang dapat dijadikan sebagai usulan pengembangan daerah.

“Saya yakin potensi kabupaten/kota menjadi kekuatan jika diolah dengan baik. Oleh karena itu, pertemuan ini tidak hanya menjadi ajang silaturrahmi, namun juga menjadi momen sinergi dalam program pengembangan pariwisata dan budaya di Jabar,” kata Kadisparbud, dikutip Bisnis, Jumat (28/10/2022).

Disparbud Jabar saat ini tengah melakukan koordinasi pengolahan data angka pariwisata bersama kabupaten/kota. Koordinasi ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran tentang perkembangan potensi dan keadaan pariwisata dan budaya di Jawa Barat.

Dalam pemungutan suara ini, setiap kabupaten/kota mengajukan data pariwisata dan budaya untuk triwulan III 2022. Selain itu, juga terdapat data jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Nantinya, data yang terkumpul akan menjadi bahan informasi Parbud in Numbers, yang akan dirilis baik secara fisik maupun non fisik.

“Data yang dimasukkan harus bisa dilacak. Karena data ini juga menjadi indikator kinerja pejabat daerah,” ujarnya.

Data dan informasi penting di segala bidang, termasuk pariwisata dan budaya. Baik data maupun informasi memegang peranan penting, karena dapat menjadi dasar perencanaan, pengambilan keputusan, alat pengarah pelaksanaan kegiatan, dan bahan evaluasi.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button