Tari Makna Sasaji Amarta Pembukaan FKY 2022 - WisataHits
wisatahits

Tari Makna Sasaji Amarta Pembukaan FKY 2022

Setelah dua tahun vakum, Festival Budaya Yogyakarta (FKY) 2022 resmi dibuka pada Senin malam 12 September 2022 di Jalan Malioboro 1, Kota Yogyakarta.

Pembukaan didahului oleh penampilan Drummer Guyub Yogyakarta yang menghibur warga Yogyakarta dan wisatawan yang hadir.

Tari Makna Sasaji Amarta Pembukaan FKY 2022Tari Makna Sasaji Amarta Pembukaan FKY 2022, Foto: Sany/Piknikdong

Dilanjutkan dengan penampilan tari Sasaji Amarta dari lima sanggar kabupaten dan kota pada acara pembukaan Festival Budaya Yogyakarta 2022.

Tarian Sasaji Amarta ini menceritakan tentang bersatunya lima sumber yang terpisah namun tetap hidup rukun dan berdampingan yang kemudian digabungkan menjadi satu. “Tanah Amarta”.

Penyatuan air dalam tong besar yang dilakukan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Kunda Dian Lakshmi Pratiwi, Ketua FKY 2022 Doni Maulisda, dan para penari menandai puncak pembukaan FKY 2022.

Cerita tari Sasaji Amarta ini sejalan dengan tema besar FKY 2022 yaitu Mengelola Air dan Tanah dengan judul “Mengah Ruah”.

“Bersatu adalah semangat yang menandakan harapan keterlibatan dan pemberdayaan yang mampu memberikan dampak yang luas dan berkah yang melimpah bagi kita semua.

Diharapkan FKY 2022 bukan hanya sekedar perayaan, tetapi dapat mengukur dan memaknai berbagai capaian dan kekurangan serta memberikan langkah yang tepat ke depannya.

ujar Doni Maulisda dalam sambutannya sebagai Presiden FKY 2022.

Festival Budaya Yogyakarta (FKY) 2022 digelar dalam bentuk hybrid dengan tujuan untuk mencari bentuk ideal sebuah festival budaya agar memiliki daya jelajah yang kuat dalam unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat.

“Dampak dan jangkauan rekaman FKY yang dibuat pada 2021 dapat diperluas pada 2022 sehingga ekspresi dan apresiasi budaya dapat muncul dari individu maupun kelompok dan komunitas.

FKY 2022 dibuat secara hybrid untuk menciptakan kolaborasi antar kabupaten/kota di DIY dalam pekerjaan pelaksanaannya tentunya agar tercipta kolaborasi dan sinergi yang berdampak nyata.

kata Kepala Dinas Kunda Kaculture, Dian Laksmi Pratiwi.

Festival Budaya Yogyakarta (FKY) 2022 “Perusahaan” adalah semangat yang menandakan harapan akan keterlibatan dan pemberdayaan yang mampu berdampak luas dan berkah melimpah bagi semua.

“FKY akan memiliki semangat pengembangan seni budaya yang diwujudkan dalam wujud karya budaya yang apresiatif berbekal dua kata kunci inovasi dan kreasi.

FKY dapat dijadikan sebagai wadah peleburan antara minoritas kreatif dengan masyarakat untuk mentransformasikan budaya di tingkat masyarakat yang utamanya kreatif.

Rasa budaya akan semakin terakselerasi melalui keterlibatan minoritas kreatif sehingga setiap tempat budaya dapat benar-benar ditransformasikan dan dibentuk dan pada akhirnya sejahtera.

FKY juga menjadi wadah untuk merayakan pemberdayaan warga dalam apresiasi budaya. »

Demikian disampaikan Sultan Hamengku Buwana X dalam sambutannya.

Festival Budaya Yogyakarta (FKY) 2022 kali ini menghadirkan seniman, pegiat budaya, sanggar, komunitas, pakar dan maestro budaya.

Program yang mencakup dokumenter foto, dokumentasi video, saluran berita, pameran, konferensi, kegiatan komunitas budaya, pasar dan materi komunikasi.

Berfokus pada pembahasan seni, ilmu pengetahuan, teknologi, adat istiadat, tradisi, benda dan bahasa.

Menurut Sri Sultan Hamengku Buwana X, budaya adalah strategi bertahan hidup.

Budaya adalah strategi bertahan hidup untuk menang. Esensi budaya bukanlah budaya itu sendiri, melainkan strategi budayanya.

Festival Budaya Yogyakarta 2022 (FKY) akan digelar pada 12-25 September 2022.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kegiatan FKY 2022, Anda dapat mengakses halaman fky.id atau Instagram di @infofky.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button