Hingga 400 peserta memeriahkan kompetisi lari trail BOB Forest Run 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Hingga 400 peserta memeriahkan kompetisi lari trail BOB Forest Run 2022

Wartawan Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Sebanyak 400 orang dari berbagai daerah di DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Bandung, Jakarta dan Bali mengikuti BOB Forest Run 2022 pada Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) ini berlangsung di Deloano Glamorous Camping, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang termasuk dalam kawasan Dataran Tinggi Borobudur.

Dataran Tinggi Borobudur sendiri merupakan kawasan pemerintah seluas 309 hektar yang dikelola oleh BOB.

Baca Juga: DPRD Bantul Berharap Generasi Muda Bisa Melanjutkan Semangat Sumpah Pemuda untuk Pembangunan

Zona otoritas akan dikembangkan menjadi kawasan wisata terpadu dengan konsep ekowisata budaya dan petualangan.

Kawasan yang terletak di Perbukitan Menoreh ini memiliki letak yang sangat strategis karena berada di antara tiga wilayah yaitu Kabupaten Purworejo, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Kulonprogo.

Namun secara administratif, Dataran Tinggi Borobudur terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Roostian Gamananda dari Asosiasi Lari Lintas Alam Indonesia (ALTI) mengatakan, BOB Forest Run merupakan lari maraton yang berlangsung di tengah hutan dataran tinggi.

Para peserta berjalan melalui jalur trekking yang masih memiliki kontur permukaan tanah asli kawasan hutan dengan beberapa bagian yang berlumpur dan tidak rata.

Meski begitu, ia memastikan medan yang dilalui tidak terlalu berat dan sulit sehingga tetap bersahabat bagi para pelari trail pemula.

“Rute trail running 90 persen melalui hutan dataran tinggi, yang memang bagus untuk berolahraga. Selain udaranya yang segar tanpa polusi, pemandangan alam yang disajikan juga asri dan asri,” kata Roostian kepada Tribunjogja.com, Jumat (29/10/2020). /2022).

Pada BOB Waldlauf 2022, dua kategori rute akan dipertandingkan.

Yakni kategori lari trail jarak 4K dan lintasan 8K.

Keduanya melewati kawasan hutan pinus, wisata air terjun dan beberapa desa di sekitar Dataran Tinggi Borobudur seperti Desa Benowo, Desa Pagerharjo, Desa Sedayu dan Desa Nglinggo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button