RATUSAN MAHASISWA KUNJUNGI PESERTA Pameran Kajen Pekalongan 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

RATUSAN MAHASISWA KUNJUNGI PESERTA Pameran Kajen Pekalongan 2022

Pekalongan, Jatengnews.id – Keseruan ratusan mahasiswa mengikuti pameran Kajen Pekalongan 2022 pada Senin, 29 Agustus 2022.

Pemeran General Pekalongan Fair 2022 bertujuan untuk mencari pendidikan dan menambah pengetahuan siswa.

Pameran Nasional Hybrid Expo Kajen Fair 2022 akan digelar pada Senin 29 Agustus 2022 di Lapangan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Mengunjungi pameran bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa bahwa Kajen Fair 2022 yang merupakan program dan pameran tahunan tingkat nasional memiliki banyak pembelajaran dan permainan yang menarik.

Baca juga: Kisah Sukses Asanah, Pemilik Outlet Sepatu D&L mengoperasikan jasa cuci sepatu UMKM di Pekalongan

Diketahui, Pameran Nasional Kajen Fair 2022 tidak hanya menampilkan peserta pameran UMKM dan kuliner saja, tetapi juga akan menampilkan booth-booth seluruh perkantoran di Kabupaten Pekalongan.

Diantaranya stand Dinas Kesehatan dan 27 Puskesmas Kabupaten Pekalongan, Polres Pekalongan, Dinas Keamanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Litbang, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DINPORAPAR), Dinkominfo, Dharma Wanita Persatuan, P3A dan Kantor PPKB, DPU TARU, Dpmptsp, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu juga terdapat Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan, Dinperkim dan LH, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dekranasda, TP PKK Kabupaten Pekalongan, Dinas Arpus, Kodim Stand 0710/Pekalongan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Kementerian Pertanian dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Negara, Dinas Pertahanan Kabupaten Pekalongan dan stand-stand dinas lainnya.

Dari beberapa stand resmi yang hadir, stand yang paling banyak dihadiri adalah Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DINPORAPAR) Kabupaten Pekalongan.

Pasalnya Dinporapar Kabupaten Pekalongan menawarkan berbagai kesempatan edukasi dan permainan menarik seperti lempar bola ke dalam gelas dan pengetahuan atau edukasi tentang dunia pariwisata.

“Kami biasa diajak bermain lempar bola dan belajar tentang dunia pariwisata di Kabupaten Pekalongan. Ini semua untuk melatih motorik anak dan belajar fokus,” kata staf Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Nanika, Senin, 29 Agustus 2022.

Selain itu, Nanika yang kebetulan sedang menjaga warung pada saat itu mengatakan kepada wartawan bahwa para siswa yang berkunjung ke warung tersebut akan dididik dan diajak belajar tentang banyaknya tempat wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan.

“Memperkenalkan pariwisata Kabupaten Pekalongan sebagai sarana edukasi bagi adik-adik ini untuk menambah pengetahuan tentang pesona keindahan wisata di sini,” jelasnya.

Nanika mengakui dunia pariwisata mengalami kekurangan tenaga akibat pandemi Covid karena ini menjadi peluang bagi Dinporapar untuk bangkit kembali dan memperkenalkan dunia pariwisata kepada generasi muda, lanjutnya.

“Tentu kita tahu bahwa pandemi telah mempengaruhi semua sektor, termasuk sektor pariwisata. Dengan adanya Kajen Fair 2022 ini merupakan kesempatan kita untuk lebih mendekatkan diri dengan generasi muda dan terhubung dengan dunia pariwisata di Kabupaten Pekalongan. Saya sangat senang bisa berbagi ilmu dengan mahasiswa,” jelasnya.

Di sebelah Dinporapar juga ada stand yang tidak kalah ramainya yaitu stand Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan. Disini siswa belajar tentang salah satu jenis kapal penangkap ikan tuna/tuna yaitu kapal Cakalan JT150.

Selain itu, para siswa ini juga mendapatkan edukasi pengetahuan tentang jenis-jenis biota laut yang ditangkap oleh nelayan POD (Inland Public Waters) seperti: B. Kerang Sriping, Kerang Ijo, Kerang Dara, Kepiting Bangkok, Jenis Udang dan Ikan.

Selain itu, booth Dinkominfo Kabupaten Pekalongan juga menyediakan game edukasi seperti game tebak pahlawan, tebak nama ibu kota, tebak simbol negara dan game edukasi lainnya.

Stan yang juga dikunjungi selanjutnya adalah Stan Polres Pekalongan. Karena para mahasiswa tamu dibiasakan dengan perlengkapan dan inventaris kepolisian. Para siswa ini kemudian diajak untuk belajar tentang jenis-jenis senjata dan kendaraan polisi.

Selain pelatihan, para mahasiswa ini juga diajak untuk berfoto dengan property yang disediakan, berfoto bersama anggota Satgas/Polri di stand pameran.

Sebagai informasi: Sudah menjadi tradisi setiap tahun saat ada Kajen Fair, siswa-siswi Kabupaten Pekalongan didampingi oleh guru pendamping di masing-masing sekolah wajib mengajak siswanya untuk mengunjungi pameran guna mendapatkan pendidikan lebih lanjut.

Intan, siswa kelas 12 SMK Muhammadiyah Kajen, Kabupaten Pekalongan, mengaku gurunya menugaskan kelompoknya untuk mencari ilmu dan edukasi tentang dunia usaha di Kajen Fair 2022.

“Saya datang ke sini bersama teman-teman lain dari SMK Muhammadiyah Kajen yang dikirim untuk belajar menjadi pengusaha sukses. Jadi kami ditugaskan untuk mewawancarai Schwerter atau KMU di sini,” kata Intan.

Baca juga: Tidak ada jam dinding di kamar hotel, menurut PR Hotel Santika Pekalongan

Intan juga menjelaskan bahwa misi dari sekolah ini adalah setelah dia lulus dia bisa menjadi seorang wirausaha.

“Kami didampingi oleh guru dan kami juga memiliki izin orang tua ketika ada kegiatan sekolah atau tugas. Asyik banget, sangat edukatif, banyak permainan positif dari official stand dan kita bisa mendapatkan banyak ilmu kewirausahaan,” ungkapnya.

Demikian informasi, serunya ratusan mahasiswa mengikuti Pekan Raya Kajen Pekalongan 2022 pada Senin 29 Agustus 2022. (01)

Source: www.jatengnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button