Masjid Agung Abdul Kadim berdiri megah di Desa Epil Muba, memiliki ornamen unik dan kursi besar berkaki 3 - WisataHits
Yogyakarta

Masjid Agung Abdul Kadim berdiri megah di Desa Epil Muba, memiliki ornamen unik dan kursi besar berkaki 3

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Muba, Detiksumsel.com – Masjid Agung Abdul Kadim yang terletak di Dusun Epil I Desa, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), berdiri megah di tengah-tengah rumah warga.

Masjid Raya H Abdul Kadim berdiri kokoh di atas lahan seluas 5.625 meter persegi dan diprediksi akan menjadi salah satu pusat destinasi wisata religi baru di Indonesia dan memberikan kontribusi positif bagi Kabupaten Muba.

Masjid ini memiliki ornamen yang unik sehingga menarik perhatian pengunjung yang akan beribadah. Bangunan masjid ini sudah dibangun sejak tahun 2018.

Bangunan masjid ini mirip dengan bangunan Masjidil Haram, pintu masjid dibuat seperti pintu masjid Ka’bah.

Tak heran, saat melewati masjid, baik warga sekitar maupun dari luar kota sengaja mampir untuk salat, tapi juga untuk melihat kemegahan Masjid Abdul Kadim ini.

Bahkan orang yang datang ke masjid ini dengan sengaja pasti mengabadikannya melalui fotografi.

Tidak hanya kemegahan masjid yang ditawarkan, masjid ini juga memiliki taman bunga yang cantik, kolam ikan dan jembatan seperti di China.

Dari bentuknya, masjid ini menggunakan konsep arsitektur bangunan Masjid Turki (Hagia Sofia), sedangkan pintu masjid menggunakan konsep Masjid Nabawi.

Banyak bahan bangunan yang didatangkan langsung dari Yogyakarta, dan ukiran mesjid didatangkan khusus dari Jepara, Jawa Tengah.

Sedangkan bedugnya menggunakan konsep atap piramida Palembang, bedugnya sendiri didatangkan dari Cirebon.

Masjid Abdul Kadim memiliki keunikan yaitu sebuah kursi dibangun di halaman masjid, namun salah satu kaki kursinya patah. Kursi Rusak ini dibuat seperti yang ada di Place des Nation di Jenewa.

Sumsel Iklan Detik

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button