Ranu Klakah, danau indah di Lumajang dengan latar Gunung Lemongan - WisataHits
Jawa Timur

Ranu Klakah, danau indah di Lumajang dengan latar Gunung Lemongan

Ranu Klakah, danau indah di Lumajang dengan latar Gunung Lemongan

Ranu Klakah merupakan tempat wisata alam dan tempat rekreasi keluarga di Lumajang, Jawa Timur. Keindahan alam danau dengan Gunung Lemongan sebagai latar belakangnya. Ranu Klakah adalah danau berbentuk segitiga. Karena ada tiga danau lain yang saling berdekatan. Yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis.

Ranu ClakahRanu Clakah. Peta Google. Sumber: Maulana

Danau Klakah merupakan danau alami yang terbentuk akibat letusan Gunung Lemongan. Danau terluas dan terbesar dari ketiga danau tersebut berada di lereng Gunung Lemongan.

Kondisi danau dan lingkungan alamnya masih cukup alami. Suasananya sangat sejuk karena berada di ketinggian lereng gunung. Terletak di ketinggian 900 mdpl, Ranu Klakah meliputi area seluas sekitar 22 hektar dengan kedalaman hingga 30 meter.

Pemandangan Ranu Klakah sangat indah dan terlihat sangat jauh. Kondisi air di danau ini cukup bersih dan jernih. Air tersebut berasal dari beberapa sumber di sekitar danau. Saat tidak tertutup kabut, wisatawan bisa melihat Ranu Klakah dengan latar Gunung Lemongan.

Tiba di tempat wisata Ranu Klakah. Anda akan melihat banyak kegiatan komunitas. Untuk kegiatan pemancing dan nelayan. Biasanya mereka banyak terlihat pada pagi dan sore hari. Jenis ikan yang didapat sangat beragam, mulai dari tawes, mujair, bawal dan sebagainya.

Properti wisata alam Ranu Klakah dilengkapi dengan fasilitas umum yang baik dan fasilitas pendukung. Ada juga beberapa wahana seru dan menarik yang tersedia di sini. Seperti berkeliling Danau Ranu Klakah dengan perahu wisata berupa perahu motor atau perahu bebek. Ambil foto selfie dengan latar Ranu Klakah atau Gunung Lemongan. Dan jangan lewatkan menikmati menu terbaik di restoran terapung.

Alamat Ranu Klakah

  • Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

jam buka

  • Setiap hari. 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Biaya masuk

  • Tiket masuk Rp.5.000,-/orang

Rute menuju Ranu Klakah

Lokasi Ranu Klakah berada sekitar 20 km sebelah utara kota Lumajang. Dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. Dari kota Lumajang, rute atau jalan tercepat menuju objek wisata adalah melalui Jl. Merdeka Bodan dengan kendaraan pribadi.

Jika Anda menggunakan transportasi bus umum. Anda dapat mengambil satu titik dari terminal bus Surabaya-Malang. Selanjutnya menuju Terminal Wonorejo, Terminal Klakah dan anda bisa langsung menuju objek wisata.

mengangkut

Akses jalan menuju objek wisata Ranu Klakah terbilang baik. Untuk menuju tempat wisata, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Atau bisa juga menggunakan transportasi umum seperti bus umum.

Apa yang ada di Ranu Klakah

ranu klakah lumajangranu klakah lumajang. Peta Google. Sumber: Surat Fachry

Ranu Klakah menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Tempat wisata alam dan tempat rekreasi keluarga di Lumajang Jawa Timur. Sebuah danau di lingkungan alam yang asri dengan latar belakang pemandangan Gunung Lemongan.

Ada tempat-tempat menarik dan aktivitas seru yang bisa dilakukan dan dinikmati saat berkunjung ke Ranu Klakah. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang cukup lengkap.

Menikmati pemandangan alam Ranu Klakah

Pemandangan Ranu ClakahPemandangan Ranu Clakah. Peta Google. Sumber: Surat Fachry

Ranu Klakah merupakan sebuah danau alami yang terbentuk akibat letusan Gunung Lemongan. Kondisi alamnya masih cukup alami. Susananya sangat keren karena berada di ketinggian. Saat tidak tertutup kabut, wisatawan bisa melihat Ranu Klakah dengan latar Gunung Lemongan.

Terdapat pepohonan besar yang rindang di sekitar area taman yang membuat suasana semakin asri. Kondisi lingkungan cukup terawat, dan wisatawan dapat menggunakan taman untuk bersantai. Kondisi air danau juga terbilang bersih karena berasal dari berbagai sumber di sekitar danau. Nikmati pemandangan Ranu Klakah sambil menyeruput kopi bersama teman dan keluarga.

Dengan perahu wisata keliling danau

kapal pesiarkapal pesiar. Peta Google. Sumber: Sri Hartani

Salah satu hal yang menarik untuk dilakukan di objek wisata Ranu Klakah adalah menaiki perahu wisata keliling danau. Penyewaan perahu motor atau perahu bebek tersedia disini. Untuk menggunakan fasilitas perahu ini, wisatawan harus membeli tiket terlebih dahulu. Dengan perahu motor, wisatawan bisa menikmati seluruh sudut kawasan danau Ranu Klakah.

tempat bermain

Taman bermain kecil dan teduh dibangun di sebelah kunci Ranu Klakah. Tempat yang cocok sebagai tempat bermain bagi pengunjung yang membawa anak-anak.

Menikmati matahari terbit di Ranu Klakah

matahari terbit di ranu klakahmatahari terbit di ranu klakah. Peta Google. Sumber: Bayu Surya Pamungkas

Kegiatan menarik lainnya di Ranu Klakah adalah menikmati matahari terbit. Pemandangan matahari terbit yang indah dengan latar Gunung Lemongan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati siluet nelayan dan nelayan. Udara sejuk dengan rimbunnya pepohonan menjadi pemandangan yang sangat menarik.

Nikmati kuliner yang nikmat

wisata ranu klakahwisata ranu klakah. Peta Google. Sumber: ewayudi 325

Jangan lewatkan aktivitas dengan sajian kuliner saat berkunjung ke Ranu Klakah. Gudang terapung dibangun di tepi danau. Warung apung ini menawarkan sajian khas Ranu Klakah berupa aneka olahan ikan air tawar.

Lokasi stand terapung ini tidak jauh dari taman dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri tepian Ranu Klakah. Nikmati sajian olahan dengan air tawar sambil menikmati pemandangan alam Ranu Klakah.

Ambil foto selfie

berfoto di ranu klakahberfoto di ranu klakah. Peta Google. Sumber: Hasti Utami
Selfie di ranu klakahSelfie di ranu klakah. Peta Google. Sumber: Eva Riani

Berfoto selfie merupakan hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke tempat wisata alam Ranu Klakah. Berbagai spot foto menarik dan instagramable tersedia di sini.

Fasilitas oleh Ranu Klakah

Berikut sarana dan fasilitas umum yang tersedia di Ranu Klakah.

  • Tempat parkir yang murah hati
  • Bisnis turis
  • restoran
  • spot foto
  • Drive game yang mengasyikkan
  • perkemahan
  • Toilet umum
  • tempat bermain
  • Kafe di atas danau
  • Restoran di rumah terapung
  • perahu wisata

Tempat wisata di sekitar Ranu Klakah

Video Ranu Klakah

Video Ranu Klakah berikut ini dikutip dari channel : heceR channel

Menyimpulkan

Ranu Klakah merupakan tempat wisata alam sekaligus tempat rekreasi keluarga di Lumajang, Jawa Timur. Sebuah danau dengan latar alam yang indah dengan pemandangan Gunung Lemongan sebagai latar belakang. Ranu Klakah adalah danau berbentuk segitiga. Karena ada tiga danau lain yang saling berdekatan. Yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis.

Pemandangan Ranu Klakah sangat indah dan terlihat sangat jauh. Kondisi air di danau ini cukup bersih dan jernih. Saat kabut cerah Anda akan disuguhkan pemandangan Ranu Klakah dengan latar Gunung Lemongan. Ranu Klakah merupakan objek wisata alam yang cocok untuk semua kalangan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button