Untuk kedua kalinya Kanwil ATR/BPN Jatim meraih penghargaan MAPI Award - WisataHits
Jawa Timur

Untuk kedua kalinya Kanwil ATR/BPN Jatim meraih penghargaan MAPI Award

Untuk kedua kalinya Kanwil ATR/BPN Jatim meraih penghargaan MAPI Award

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Untuk kedua kalinya Kanwil ATR/BPN Jatim mendapatkan penghargaan dari Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI) atas prestasinya dalam upaya pemberantasan pungutan liar (pungli) di wilayah Jatim.

MAPI Award 2023 Kategori Pelayanan Publik Responsif diberikan langsung oleh Kepala Kanwil ATR/BPN Jawa Timur, Jonahar, oleh Dewan Pengarah MAPI, Irjen Pol. (P). DR. Widiyanto Poesoko, Drs., SH, MH, saat Dialog Kebangsaan “Dinamika Pungli dan Masa Depan Pelayanan Publik”, di Hotel eL Kota Bandung, Selasa (17/1/2023).

iklan

Kepala ATR/BPN Kanwil Jatim bahkan berkesempatan menerima Mapi Prize untuk kedua kalinya setelah sukses menyabet MAPI Prize 2021 di Jateng.

“Alhamdulillah, kali ini kami berhasil meraih MAPI Award 2023 untuk kedua kalinya dalam kategori Responsive Service. Jadi ketika ada keluhan yang disampaikan ke MAPI oleh masyarakat di Jawa Timur, MAPI meneruskannya ke kami – langsung ke kantor ATR. / BPN Pemda karena nanti kita selesaikan bersama-sama,” kata Jonahar kepada TIMES Indonesia usai menerima penghargaan di Bandung.

Selain itu, tambah Jonahar, pihaknya juga meraih juara pertama dalam penyelesaian sertifikasi tanah program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dengan capaian 100 persen.

Kanwil-ATR-BPN-Jatim-2.jpg

“Selain itu, kami juga menyediakan APBN terbesar Rp 733 miliar dan berkontribusi kepada ATR/BPN pusat. Oleh karena itu, kami juga berharap dengan pencapaian ini kami juga menjadi juara pertama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait pertanahan,” tambah Jonahar.

Ia meyakini dengan diraihnya penghargaan MAPI yang kedua ini akan menambah kemeriahan kantor wilayah ATR/BPN dan harus mampu mempertahankan prestasi tersebut.

Jonahar mengumumkan Jatim meraih dua penghargaan di ajang MAPI Awards 2023, salah satunya diraih oleh Kantor ATR/BPN Gresik dalam kategori Creative Public Service.

Jonahar juga berbagi kiat sukses kinerjanya, yakni ketika ada pengaduan atau informasi yang bersifat aduan dari masyarakat, pihaknya segera menindaklanjuti dengan mendatangi langsung ke kantor daerah, seperti yang dilakukan dengan kantor ATR/BPN. di Kabupaten Sidoarjo dan Kediri.

Untuk meningkatkan pelayanan publik dan melawan pemerasan, selama ini ATR/BPN Jatim melakukan pendataan terhadap dinas pertahanan di seluruh Jatim setiap minggu.

“Kami juga memiliki program pelayanan prioritas dimana tidak ada lagi praktik mediasi dalam program prioritas kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Program prioritas itu terus kami genjot hingga saat ini,” kata Jonahar.

Kanwil-ATR-BPN-Jawa Timur-3.jpg

Program lainnya adalah pembukaan loket prioritas yang dapat melayani masyarakat pada hari Sabtu dan Minggu se-Jawa Timur.

“Loket prioritas merupakan wujud komitmen kami untuk tetap melayani masyarakat di luar hari kerja. Selain itu, kami menghindari penumpukan berkas di kantor BPN,” ujarnya.

Jonahar mengimbau perwakilan ATR/BPN untuk berkomitmen melayani masyarakat sebaik mungkin tanpa pemerasan dan selalu mengutamakan kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur pelayanan BPN.

“Semakin banyak orang puas dilayani dengan baik, maka itu indikator kita berhasil,” kata Jonahar.

Beliau mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas penghargaan yang diberikan oleh MAPI. Jonahar berharap penghargaan ini tidak hanya sekedar piagam, namun memicu semangat untuk berbuat lebih baik lagi di tahun 2023.

“Kami siap dikritik, baik melalui telepon maupun WA dan media sosial, khususnya untuk pelayanan yang buruk di ATM BPN Provinsi Jatim dan saya kira seluruh BPN di seluruh Indonesia pada umumnya,” ujar Kepala ATR/Jawa Timur Kantor Wilayah BPN.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button