Pokdarwis Sancanaga Ciheulang Tonggoh Resmi Dikukuhkan Jadi Kampung Wisata - WisataHits
Jawa Barat

Pokdarwis Sancanaga Ciheulang Tonggoh Resmi Dikukuhkan Jadi Kampung Wisata

Pokdarwis Sancanaga Ciheulang Tonggoh Resmi Dikukuhkan Jadi Kampung Wisata

TAKSI. BANDING | BBCOM | Untuk mendukung parawisata dan mewujudkan sapta pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah. Ketua Umum Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Bandung Surnita, menyaksikan Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur Habibi, mengukuhkan Pengurus Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Sancanaga Kampung Ciheulang Tonggoh, Desa Ciheulang kecamatan Ciparay, dikukuhkan menjadi kampung wisata.

Pengukuhan tersebut selain pembicara Ketua Kompepar Kabupaten Badung dan Kepala Desa Ciheulang, juga pembicara Wakil Ketua 1 Anggota DPRD Kabupaten Bandung H. Wawan Ruswandi, Ketua BPD Desa Ciheulang Kasanudin, Babinsa serta lainnya. Tampak hadir ketua Harian Kompepar Provinsi Jawa Barat RHBudi Aji,.SH,.MH. Kedatangan undangan undangan, disambut dengan kesenian sunda Srinampi has Kapung Ciheulang yang extension di Kampung Ciheulang Tonggoh, Minggu (22/1/2023).

Ciheulang Tonggoh ini sangat antusuas, warga masyarakat pun sangat bagus sekali, dan Alhamdulillah dalam kesempatan ini penonton oleh Wakilen Bandung RD H. Wawan, Muspika Ciparay, Kepala Desa Ciheulang, tokoh masyarakat, pemuda pemudi dan warga masyarakat kampung cihelangtonggoh lainya, “kata Surnita.

Dirinya juga sangat bersyukur, bahwa dalam pengukuhan ini disaksikan oleh Kasepuhan Sumedang yang merupakan salah satu pewaris khususnya budaya Sunda yang masih dipertahankan sampai saat ini,”ujarnya.

Abah Isur berharap, setelah dikukuhkan ini Pokdarwis Sancanaga beserta seluruh warga masyarakat bisa bersama-sama mempertahankan dan memajukan daerah ini. Karena, dalam memajukan salah satu Daerah tidak bisa maju berdiri sendiri.

“Maka dimodifikasi berharap, kelompok pengerak Wisata Kabupaten Bandung dan seluruh pemangku kepentingan yang ada untuk ikut serta baik akademisi, pembisnis, komunitas, media sosial untuk berperan aktif membantu, mengarahkan, membina dan membina untuk memajuan Desa Ciheulang khususnya Kp. Ciya heulang Tonggoh di .

Dalam kesempatan itu Abah Isur juga bertitip pesan pada warga masyarakat khususnya Pengurus Pokdarwis Sancanaga yang baru dikukuhkan, pertama agar terus mempertahankan seni budaya yang ada di kampung ini .Lalu yang ke Dua bisa mempertahankan Daerah ini agar sejuk dan indah.

“Lalu yang ke Tiga , jangan lupa untuk meningkatkan ekonomi kreatif bagi warga masyarakat di Kp. Ciheulangtonggoh ini,” pungkasnya.

Ciheulang Tonggoh ini tentunya kami selaku pemerintah Desa sangat senang, dimana kelompok sadar Wisata ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat kaitan dengan parawisata.

“Dengan adanya kampung Wisata ini sambung Rubby,” tentunya akan menambah kebiasaan baru bagi masyarakat dimana yang menjadi sayarat Wisata ya itu keamanan, kenyamanan, keindahan dan kebersihan, tidak hanya di RW 17 da RW 18 saja. Akan teapi, semua RW harus melaksanakan kebersihan .

“Tidak mungkin wisatawan datang kesini kalau kampungnya sendiri tidak bersih atau kotor, mudah mudahan ada kesadaran bagi masyarakat warga dengan pola hidup bersih dan sehat,” imbuhnya.

Lanjut Rubby, “Kami selaku pemerintah, hadirnya kelompok sadar Wisata yang sudah diresmikan oleh Dinas Wisata dan Kompepar Kabupaten Bandung, kedepanya hanya bisa mengembangkan diharapkan bisa bersinergi atau pentahelix , ABCGM, dan tentunya kita akan menerapkan pola kerjasama dengan warga masyarakat.

“Kesadaran masyarakat sangat penting dalam obyek daya tarik Wisata. Sehingga bisa menarik pengunjung datang ke Pokdarwis Sancanaga ini, “tuturnya.

Rubby berharap mudahan penerintahan Desa bisa menyiapkan infrastrukturnya. Karena saat ini sarana tersebut masih kurang.

“Insya Allah kami bersama masyarakat mengupayakan untuk membuat jalan supaya para pengunjung bisa masuk ke wilayah Desa Ciheulang Kp. Ciheulang Tonggoh dan kami akan minta izin karena ada izin milik TNI,” tuturnya.

Diakhir pembicaraan Rubby Nur Habibi mengucapkan terimakasih pada semua tokoh masyarakat maupun pemuda yang sudah melekrut sadar wisata.

Ia juga berharap kedepan Desa Ciheulang bisa menjadi Desa Wisata. Kalau tidak didukung oleh semua pihak tidak akan sukses. “Mari kita semua berkolaborasi, Insya Allah Ciheulang lebih mandiri, lebih maju ke arah desa wisata,” tutup Kades Ciheulang itu.

Sementara itu ketua Harian Kompepar Provinsi Jawa Barat RHBudi Aji, sekaligus wakil dari keluarga besar Keraton Sumedang Rarang, juga memikirkan bayak terima kasih pada penggiat sadar Wisata khusuanya yang ada di Kp.

“Atas nama keluarga besar Keraton Sumedang Rarang, mengapresiasi kegiatan tersebut dan satu hal yang saya pesankan, ajen waris bihari dipelihara, sama siapa lagi dilindungi selain sama kita semua,” ucapnya.

Usai dikukuhkan, Sutarjat selaku Ketua Pokdarwis Sancanaga merasa bersuyukur mungkin ini kodrat dari Allah bahwa Pokdarwis Sancanaga sudah terbentuk dan dikukuhkan oleh Ketua Kompepar Kabupaten Bandung.

“Kami atas nama pengurus, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendorong dukungan baik maupun pikiran yang dicurahkan untuk kelancaran pelaksanaan acara Sancanaga ini,” ucap Sutarjat. (uden)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button