Rahasia Keindahan Telaga Warna Dieng, Airnya Selalu Berubah Warna - WisataHits
Jawa Tengah

Rahasia Keindahan Telaga Warna Dieng, Airnya Selalu Berubah Warna

Jumat, 19 Agustus 2022 – 04:00 WIB

Perjalanan VIVA – Telaga Warna Dieng merupakan tempat wisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Keindahan tempat wisata ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal bahkan mancanegara. Telaga Varna terbentuk oleh letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu.

Spot yang satu ini juga menjadi favorit para pemanjat tebing, dipercaya sebagai tempat pemandian dewi. Telaga Varna bisa disebut sebagai salah satu ikon wisata Dieng bersama dengan Candi Arjuna. Saat liburan, Telaga Varna biasanya diserbu ribuan turis dari berbagai daerah. Berikut ulasan lengkapnya.

Asal usul nama Telaga Varna

Suasana tempat wisata Telaga Varna di kawasan Puncak Kabupaten Bogor

Suasana tempat wisata Telaga Varna di kawasan Puncak Kabupaten Bogor

Foto:

  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Nama Telaga Varna dipilih karena tempat ini memiliki fenomena alam unik yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari danau yang sering berubah-ubah. Terkadang danau ini akan menghasilkan warna hijau dan kuning atau bisa juga berwarna seperti pelangi. Fenomena ini bisa terjadi karena airnya mengandung belerang yang cukup banyak.

Sehingga saat terkena sinar matahari, warna airnya terlihat berwarna-warni. Variasi warna dipengaruhi oleh cuaca, waktu dan lokasi menonton. Telaga Varna terletak di ketinggian 2000 mdpl, dikelilingi perbukitan tinggi yang menambah pesona keindahan alam di sekitar Telaga Varna.

Keindahannya semakin terlihat saat pengunjung mendaki ke salah satu bukit yang mengelilingi danau ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi atau sore hari. Karena pada sore hari akan terjadi kabut tebal yang menyelimuti kawasan sekitar Telaga Varna, sehingga pengunjung tidak akan bisa menikmati keindahan alamnya.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button