Wisata Telaga Warna Bogor, Air Telaga Unik Bisa Berubah Warna! - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Telaga Warna Bogor, Air Telaga Unik Bisa Berubah Warna!

PeekLifestyle Celebrities – Telaga Varna mungkin lebih dikenal di wilayah Dieng Jawa Tengah. Namun, di Kota Bogor ternyata ada destinasi wisata di Telaga Varna lho.

Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di kawasan Bogor. Lokasinya yang masih dekat dengan Jabodetabek membuat destinasi wisata ini menjadi favorit wisatawan lokal.

Itu karena Telaga Varna bisa menjadi destinasi yang cocok untuk mengusir penat dan penat dari suasana perkotaan. Lebih tepatnya, tempat wisata ini terletak di kawasan Puncak, Bogor.

Kawasan Puncak Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang seolah tiada habisnya. Suasana wisata di kawasan ini didominasi oleh pepohonan yang rimbun dan pemandangan pegunungan yang indah.

Namun jika ingin suasana wisata di Puncak Bogor yang berbeda dari biasanya, wisata di Telaga Varna bisa menjadi pilihan.

Mengenal Danau Warna Bogor

1. Tentang Danau Warna Bogor

sentul.city

Foto: sentul.city

Telaga Varna merupakan salah satu tempat wisata alam di kawasan Puncak Bogor. Saat Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan dihadapkan pada keindahan dan pesona hamparan hijau kebun teh dan pepohonan yang luas serta memiliki udara dan udara yang sejuk.

Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini utamanya menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan dengan atraksi air.

Awalnya Telaga Warma Bogor tidak begitu dikenal dengan destinasi wisata di Bogor lainnya. Dengan begitu, bisa dikatakan harga tiketnya terjangkau.

Namun dengan berkembangnya arus informasi, destinasi yang satu ini semakin dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Oleh karena itu, tentunya akan ada kenaikan harga tiket.

Salah satu keunikan Telaga Varna Bogor adalah warna airnya yang bisa berubah-ubah. Padahal, hal ini disebabkan oleh pantulan berbagai pepohonan rindang di area tersebut, serta efek sinar matahari yang menciptakan gradasi warna yang indah.

Menurut informasi yang beredar, Telaga Varna Bogor diresmikan sejak lama, yakni sejak tahun 1972. Kawasan ini juga merupakan bagian dari Hutan Cagar Alam Gunung Mega Mendung dan Gunung Hambalang.

Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan terdapat banyak fasilitas untuk pengunjung.

Seperti diketahui, danau indah ini merupakan hasil fenomena alam yang tercipta dari proses-proses di alam, tanpa bantuan manusia.

Danau ini berbentuk cekungan aluvial dengan kedalaman sekitar 15 meter di titik terdalamnya. Pada bagian tepinya memiliki kedalaman sekitar 1 sampai 2 meter.

Tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk dan dingin karena berada di ketinggian. Diketahui ketinggian tempat ini antara 1097 hingga 1400 meter di atas permukaan laut.

2. Alamat Danau Warna Bogor

naturtourismus-di-bogor.blogspot.com

Foto : wisata-alam-di-bogor.blogspot.com

Telaga Varna Bogor terletak tepatnya di desa Badan yang masih merupakan bagian dari kecamatan Cisarua Bogor. Lokasi tempat wisata ini berada di kawasan yang tidak jauh dari pusat kota Bogor, dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer.

Jika Anda berkendara dengan kendaraan roda dua, hanya membutuhkan waktu satu jam untuk mencapainya.

3. Akses ke Danau Warna Bogor

Untuk menuju Telaga Varna Bogor, Anda dapat mengambil jalan utama yaitu jalan raya Puncak Gadong dan jalan raya Puncak Cianjur. Namun, jika Anda melewati jalur ini, Anda masih harus berjalan sekitar 200 meter setibanya di pintu masuk.

Selain kedua rute tersebut, ada salah satu rute tercepat yang bisa Anda tempuh yaitu Jalan Wangun kemudian berbelok ke arah Jalan Cibalok. Jika Anda menggunakan kendaraan bermotor, Anda dapat berkendara melalui bagian bawah Tol Jagorawi untuk sampai ke pertigaan jalan Kp Tipar.

Namun, perjalanan ke Telaga Varna biasanya mundur di Jalan Raya Beringin hingga Jalan Raya Puncak. Namun, setelah melewati dua jalur tersebut, biasanya jalan tersebut sepi hingga nantinya sampai di tempat wisata tersebut.

Fasilitas wisata Danau Warna Bogor

1. Panorama danau yang indah

museumnusantara.com

Foto: museumnusantara.com

Danau ini menawarkan keindahan yang akan memanjakan mata para wisatawan. Dengan perahu yang disediakan pengelola, panorama bisa dinikmati lebih dekat.

Namun, perhatikan bahwa jumlah perahu terbatas. Jadi Anda mungkin harus siap mengantri untuk naik ke kapal.

Apalagi jika Anda datang saat musim liburan, antriannya akan semakin panjang, yang akan menambah waktu tunggu.

2. Air danau yang berubah warna

Seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, air di Telaga Varna dapat berubah dan itu membuatnya unik, yang membuatnya berbeda dari danau lainnya.

Setidaknya ada tiga perubahan warna yang bisa terjadi di danau ini, yaitu hijau, coklat dan kuning cerah. Hal ini membuat suasana di danau ini magis.

Selain pantulan dari pepohonan dan sinar matahari, perubahan warna juga dipengaruhi oleh keberadaan alga. Diketahui bahwa ganggang berubah warna dan dengan demikian mempengaruhi warna air danau.

3. Perasaan menginap di cottage

travelpromo.com

Foto: travelspromo.com

Salah satu atraksi yang paling populer di Telaga Varna adalah perasaan menginap di sebuah cottage sambil menikmati pemandangan sekitar, yaitu panorama danau yang indah.

Untuk lebih memanjakan para wisatawan, pihak cottage juga telah menyediakan fasilitas yang nyaman dan lengkap.

4. Kagumi keanekaragaman flora di hutan tropis

Selain pemandangan, di kawasan danau ini wisatawan dapat menikmati keberadaan berbagai tumbuhan yang masih asli dan tumbuh dengan baik tanpa rusak oleh tangan manusia.

Di dalamnya terdapat berbagai tanaman asli yang tumbuh di hutan tropis. Cara ini sekaligus bisa menjadi pelajaran bagi wisatawan.

5. Wahana untuk menguji adrenalin

Tidak hanya menikmati panorama yang menyejukkan, tempat ini juga memiliki wahana yang memacu adrenalin dan cocok untuk para pecinta petualangan.

Wahana tersebut adalah Flying Fox dan Sky Bike. Mengendarai Flying Fox Anda bisa merasakan bagaimana rasanya terbang di atas danau.

Saat mengendarai Sky Bike Anda bisa menikmati keseruan bersepeda di udara sambil berfoto dengan latar belakang yang unik.

6. Naik balon udara panas

Wahana balon udara menjadi salah satu favorit pengunjung. Wahana ini banyak diminati karena berfungsi sebagai tempat para pengunjung untuk berfoto selfie yang sangat estetis dan tidak biasa.

Tidak hanya itu, saat Anda naik balon udara Anda bisa melihat sisi lain dari keindahan Telaga Varna yang tidak bisa dilihat dari bawah. Namun, perlu diketahui bahwa waktu di kapal ini terbatas.

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button